Cara Mengatasi “This app can’t run on your pc” Error di Windows 10

Posted on

Windows 10 memiliki fitur filter yang berfungsi untuk memblokir instalasi program-program yang tidak dikenal (unverified developers). Fitur ini secara default akan aktif sejak pertama kali Windows 10 diinstall.

Filter ini sebenarnya punya tujuan yang positif, yakni untuk melindungi sistem dari aplikasi yang mungkin saja mengandung virus, malware, website phising, atau script lain yang dapat merusak sistem.

Tapi terkadang filter ini juga bisa menyebabkan kita tidak bisa menginstall sebuah program yang kita butuhkan. Windows 10 tetap saja mendeteksi program tersebut sebagai program tidak terverifikasi hanya karena sistem tidak mengenalinya.

Biasanya akan muncul beberapa pesan error seperti misalnya Windows meminta akses administrator, atau terkadang juga muncul pesan error “This app can’t run on your PC”.

Di postingan ini kita akan fokus membahas salah satu pesan error yang sangat sering muncul dan cukup menyebalkan yakni This app can’t run on your PC!

Untuk mengatasinya, kita harus mengetahui dulu apa sebenarnya yang menyebabkan error tersebut muncul. Apakah karena masalah permission, masalah kompatibilitas, atau karena aplikasi tersebut diblokir oleh SmartScreen Filter milik Windows 10.

This app can’t run on your PC

Pesan error ini menandakan adanya masalah pada kompatibilitas. Artinya aplikasi yang akan kita install tersebut tidak kompatibel dengan Windows 10. Namun dalam kasus lain pesan This app can’t run on your PC juga bisa terjadi karena blokir oleh SmartScreen Filter dan masalah permission yang tidak terpenuhi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah ini.

Cara mengatasi This app can’t run on your PC

1. Install aplikasi dengan akses administrator account

Karena error ini mungkin saja terjadi karena kita tidak memiliki akses administrator, maka langkah pertama yang paling mudah untuk dicoba adalah dengan masuk ke Windows 10 menggunakan akun administrator.

Untuk melihat akun mana yang berperan sebagai administrator kita bisa membuka

Control Panel > ganti mode view jadi Small icons > pilih User Accounts.

Di sana akan terlihat akun-akun yang terdaftar di Windows 10 kita.

mengatasi this app cant run on your pc dengan akses administrator

Setelah menemukan akun mana yang berperan sebagai administrator coba login dengan akun tersebut dan install lagi program yang bermasalah tadi.

Jika pesan error “This app can’t run on your PC” yang kalian alami itu memang benar disebabkan karena akses administrator yang tidak terpenuhi maka cara pertama ini seharusnya sudah bisa mengatasinya.

Jika belum bisa, coba lakukan cara kedua di bawah ini.

2. Matikan SmartScreen Filter

Jika akses administrator sudah diberikan aplikasi masih tetap tidak bisa diinstall, mungkin penyebabnya ada pada SmartScreen Filter yang memblokir aplikasi tersebut.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, fitur SmartScreen Filter pada Windows 10 ini berfungsi untuk membatasi instalasi aplikasi dari pengembang yang tidak terverifikasi (oleh Windows). Bisa saja aplikasi yang kalian coba install tersebut tidak dikenali oleh Windows sehingga menyebabkan filtering oleh SmarScreen menjadi aktif.

Untuk mengatasinya kita bisa mencoba untuk mematikan dulu fitur SmarScreen Filter ini dan coba lagi install aplikasinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka Control Panel > Security and Maintenance > Security > Windows Smartscreen > Change settings > Don’t do anything (turn off Windows SmartScreen)

Jika menu Windows SmartScreen tidak ditemukan lewat Control Panel, maka bisa masuk dari search bar.

Pada Windows search bar ketik: Security > pilih Security at a glance > App and browser control > jadikan semua settingan Off.

mengatasi this app cant run on you pc win 10

Setelah SmartScreen di matikan, coba install lagi program yang bermasalah tadi. Apakah sudah bisa?

Jangan lupa untuk menghidupkan lagi SmartScreen filter setelah kita berhasil menginstall program tadi. Fitur ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk melindungi Windows kita dari program-program atau situs-situs yang mengandung malware.

3. Gunakan versi 32 bit atau 64 bit yang sesuai dengan Windows 10

Windows 10 hadir dengan dua jenis arsitektur, 32 bit dan 64 bit. Kita biasanya akan menggunakan versi yang sesuai dengan arsitektur PC atau laptop kita.

Saat akan menginstall sebuah program kita juga harus memakai versi yang sesuai dengan arsitektur Windows yang kita gunakan, apakah 32 bit atau 64 bit. Jika tidak sesuai maka pesan error This app can’t run on your PC akan muncul.

Cara mengatasinya tentu saja dengan download ulang program tersebut sesuai dengan versi Windows yang kita gunakan. Untuk mengetahui arsitektur Windows yang kita gunakan caranya dengan:

Pada search bar ketik: about > pilih About Your PC > lihat pada Device specifications

mengatasi erro this app cant run on you pc di windows 10

Lihat pada baris System type, di sana akan terlihat versi berapa bit sistem operasi yang kita gunakan, apakah 32 bit atau 64 bit.

Setelah mengetahui versi arsitektur Windows 10 yang digunakan langkah selanjutnya adalah menggunakan versi aplikasi yang sesuai. Setelah itu coba install lagi program tersebut.

Apakah sudah bisa?

4. Install aplikasi dari Safe Mode

Saat sebuah aplikasi tidak bisa diinstall di Windows 10, kita juga bisa berasumsi kalau penyebabnya karna aplikai tersebut bentrok dengan services yang berjalan atau dengan program lain yang sudah ada. Nah di Windows 10 ada Safe Mode yang bisa kita manfaatkan untuk mengetahui hal ini.

Safe Mode merupakan mode di mana Windows 10 hanya berjalan dengan services-services dan driver yang sangat terbatas (basic state), mode ini sangat bermanfaat ketika kita mengalami masalah aplikasi yang bentrok dengan services yang ada pada Windows.

Saat mengalami error “This app can’t run on your PC” kita bisa coba mengatasinya dengan menginstall program tersebut lewat Safe Mode. Memang tidak ada jaminan akan berhasil, tapi setidaknya ini adalah langkah yang cukup masuk akal untuk di coba.

Oke langsung saja, silakan masuk ke Safe Mode dulu. Jika belum tahu caranya bisa lihat langkah-langkahnya di sini: Cara masuk safe mode Windows 10.

Setelah berada di Safe Mode, coba install lagi program yang bermasalah tadi. Mudah-mudahan kali ini berhasil.

5. Hidupkan fitur Sideload apps

Langkah selanjutnya yang bisa kita coba adalah menghidupkan fitur Sideload apps. Fitur ini berfugnsi untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber yang belum terverifikasi untuk muncul di Windows Store.

Tapi cara ini hanya bisa bekerja jika file aplikasi yang akan diinstall tersebut formatnya adalah APPX (.appx atau .appxbundle).

Caranya masuk ke Settings > Update and Security > For Developers > Use developer features > Siteload apps

Screenshot 3 1

Setelah itu Restart komputer dan coba lagi install aplikasinya.

Jika beruntung, dari sekian cara di atas mungkin saja salah satunya akan berhasil. Tapi jika tidak, dan aplikasi yang mau diinstall itu sangat penting, maka install ulang mungkin bisa jadi solusi yang ampuh.

Tapi jangan buru-buru install ulang komputernya, kita harus menguji dulu apakah aplikasi tersebut benar-benar akan berjalan kalau kita install ulang. Jangan-jangan malah sama saja. Untuk mengujinya kita bisa menggunakan Virtualbox untuk membuat Windows 10 virtual, lalu uji aplikasi tersebut di sana (tutorial Virtualbox akan menyusul).