Fix Tencent Gaming Buddy Tidak Bisa Download & Update PUBG Mobile

Posted on

Tencent Gaming Buddy adalah emulator terbaik untuk bermain PUBG Mobile di PC. Saya sudah setahun belakangan ini menggunakannya dan sampai sekarang cukup puas dengan performanya. Meskipun kadang masih ada bug, tapi setiap kali update bug tersebut selalu diperbaiki.

Salah satu masalah yang sering dialami adalah pada saat install atau melakukan update, kadang Tencent Gaming Buddy tidak bisa download PUBG Mobile, kadang macet di angka sekian persen (biasanya 98%). Bahkan ada yang mengalami PUBG Mobile tidak bisa didownload sama sekali alias 0%

tencent gaming buddy tidak bisa download pubg mobile
komentar salah seorang teman, punya doi gak bisa download sama sekali, macet di 0%

Bagaimana cara mengatasinya? Pada postingan ini saya akan sharing beberapa solusi yang bisa dicoba.

1. Restart komputer

Sebelum mencoba yang lain-lain, coba dulu restart PC atau laptopnya. Kadang cara tersimpel ini bisa menyelesaikan bermacam-macam error. Coba dulu restart lalu jalankan lagi download atau update Tencent Gaming Buddy. Kalau masih belum bisa, lanjut ke cara selanjutnya.

2. Hapus folder TxGameDownload

Tencent Gaming Buddy memiliki folder temporary yang bernama TxGameDownload. Saat melakukan instalasi folder ini akan otomatis dibuat di drive C atau drive D komputer kita.

Folder ini bisa menjadi penyebab Tencent Gaming Buddy tidak bisa download, biasanya menyebabkan download tidak jalan sama sekali alias stuck di 0%. Hal ini mungkin saja karena aplikasi TGB menganggap kalau semua file sudah ada di komputer saat kita melakukan reinstall atau update PUBG Mobile.

Jadi solusi pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Tencent Gaming Buddy tidak bisa download PUBG Mobile adalah dengan menghapus folder ini.

Untuk mengetahui letak folder ini kalian bisa buka aplikasi TGB, lalu klik tanda garis tiga > Diagnosis.

cara mengatasi tencent gaming buddy tidak bisa download

Lihat pada gambar di atas letak folder TxGameDownload aplikasi TGB saya ada di D:\Temp

Silakan lihat di mana letak folder milik kalian, setelah ketemu hapus folder TxGameDownload lalu coba restart Tencent Gaming Buddy dan jalankan download atau update lagi.

3. Ganti rendering engine

Settingan Tencent Gaming Buddy khususnya di bagian rendering engine juga sering menyebabkan masalah saat bermain PUBG Mobile. Jika kita memilih settingan yang tidak cocok dengan spek komputer maka bisa menyebabkan bug seperti layar jadi freeze, rendering lelet, atau game jadi crash.

Saya juga tidak tahu secara pasti apakah pilihan rendering engine yang tidak cocok ini bisa menyebabkan PUBG Mobile tidak bisa download dan update, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba (cara gantinya juga gampang).

Langsung saja coba diganti, caranya klik pada icon garis tiga > Settings > Engine.

Untuk pengguna VGA AMD pilih OpenGL atau OpenGL+

Untuk pengguna VGA Intel dan merek lain selain AMD pilih DirectX

Setelah itu restart TBG dan coba lagi jalankan download atau updatenya. Oh ya, jangan lupa saat restart TGB kalian harus quit juga yang ada di tray icon, karena kalau hanya close TGB masih jalan di background.

cara mengatasi tidak bisa update pubg mobile tencent

Lebih bagus lagi kalau restart dengan langsung kill via task manager. Caranya buka task manager > cari proses Tencent Gaming Buddy > klik kanan > End Task.

Baca juga:

Cara mengatasi PUBG Mobile tidak bisa voice chat

4. Pakai installer baru

Saran ini datang dari pengalaman saya saat melakukan update PUBG Mobile via Appmarket, proses download macet dan tidak mau jalan, bahkan pernah juga tidak bisa diklik tombol update-nya. Akhirnya saya coba download installer baru dan install lagi dari awal, ternyata work.

Jika cara-cara sebelumnya tidak ada yang berhasil, maka coba kalian download lagi installer PUBG Mobile yang baru di sini:

https://tgb.qq.com/en/games/pubg.html

Jangan lupa untuk uninstall dulu program yang lama, hapus juga folder TxGameDownload. Setelah itu lakukan fresh install. Mudah-mudahan cara ini bisa work.

5. Matikan Windows Defender

Jika proses download atau update PUBG Mobile masih macet, coba matikan dulu Windows Defender, khususnya buat kalian yang menggunakan Windows 10.

Windows Defender ini memang sangat penting untuk menjaga sistem tetap aman dari virus, tapi kadang juga bisa beraksi berlebihan dan menyebabkan program tertentu tidak bisa jalan.

Coba matikan dulu Windows Defender saat kalian download atau update PUBG Mobile via Tencent Gaming Buddy, caranya masuk ke:

Settings > Update & Security > Windows Security

Berikut ini yang perlu dimatikan:

  • Virus & threat protection > Virus & threat protection settings > Manage settings > jadikan semua opsi off
  • App & browser control > jadikan semua opsi off
  • Firewall & network protection > Allow an app through firewall > ceklis Appmarket baik di koneksi private dan public
  • Firewall & network protection > Advanced settings > Inbound Rules > Klik kanan pada Appmarket > Properties > ceklis Enable dan Allow the connection > OK

Setelah mematikan settingan-settingan di atas mungkin lebih baik untuk restart dulu komputernya lalu coba lagi jalankan download atau update Tencent Gaming Buddy

6. Matikan Antivirus

Antivirus juga bisa melakukanh false positive, sembarangan main hajar semua program yang tidak dikenalnya. Kalau PC atau laptop kalian menggunakan antivirus tertentu, coba dulu matikan saat mau download PUBG Mobile TGB, mungkin saja antivirus tersebut yang jadi penyebab error Tencent Gaming Buddy.

Itulah beberapa solusi mengatasi Tencent Gaming Buddy tidak bisa download dan update PUBG Mobile. Kalian boleh komentar di bawah kalau masih belum berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.