Solusi PUBG Mobile Tidak Bisa Login Facebook & Google Play

Posted on

Tidak bisa login Facebook saat mau bermain PUBG Mobile memang sangat menyebalkan. Padahal sebelumnya kita bisa masuk dengan lancar tanpa ada masalah. Biasanya masalah sering muncul setelah kita melakukan update besar yang membuat akun otomatis jadi logout, ketika coba login lagi malah tidak bisa masuk.

Penyebabnya bisa saja karena bug, terjadi korup pada data dan cache aplikasi lama, masalah koneksi, server lagi maintenance, atau akun kena ban. Saya juga tidak tahu pasti apa yang menjadi penyebab kalian tidak bisa login.

Tapi di postingan ini saya akan coba sharing beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi PUBG Mobile tidak bisa login Facebook dan Google Play.

1. Cek dulu apakah server lagi maintenance atau lagi down

Saat kita tidak bisa login ke PUBG Mobile baik menggunakan akun Facebook atau akun Google, hal pertama yang harus kita cek adalah apakah server lagi maintenance atau tidak, atau malah server lagi down. Kalau ini yang terjadi jelas saja kita tidak akan bisa login.

Biasanya kalau server lagi maintenance kita jadi tidak bisa login dan muncul pesan:

Servers did not respond. Please return to the login page and try again

Untuk melihat jadwal maintenance server PUBG Mobile kalian bisa pantengin saja Fanspage Facebooknya di sini:

https://www.facebook.com/PUBGMOBILE.ID.OFFICIAL/

Kalau memang lagi ada maintenance atau server lagi down kita tidak perlu melakukan apa-apa selain menunggu. Kalau server sudah up lagi pasti nanti bisa login.

2. Reset koneksi internet

Koneksi internet yang bermasalah juga bisa menyebabkan kita gagal login ke PUBG Mobile. Kadang ada saja masanya koneksi internet di hp tiba-tiba macet tanpa sebab yang jelas, terutama bagi yang menggunakan internet pakai mobile data (kuota dari kartu SIM).

Cara paling simpel untuk mengatasi masalah ini adalah dengan reset koneksi internetnya supaya mendapat IP Publik yang baru.

Berikut ini cara mereset koneksi internet di hp android khusus pengguna mobile data:

  1. Aktifkan mode pesawat, diamkan sebentar lalu non-aktifkan mode pesawat. Koneksi internet akan reset dan hp kita akan mendapatkan IP Publik yang baru.
  2. Tekan *#*#4636#*#* > pilih Phone information 1 atau 2 tergantung dari SIM mana yang dipakai untuk internetan > turn off radio > diamkan sebentar > turn on radio.
  3. Bisa juga dengan restart hp-nya.

Bagi yang internetnya menggunakan WiFi berlangganan (indihome, biznet) maka harus reset modemnya.

Setelah koneksi internet di reset coba lagi login ke PUBG Mobile, apakah sudah bisa? Kalau masih belum bisa berarti masalahnya bukan pada koneksi internet. Lanjut ke solusi selanjutnya.

3. Perbarui data access di Facebook Apps

Salah satu penyebab PUBG Mobile tidak bisa login dengan Facebook adalah data access yang sudah expired. Facebook punya peraturan untuk membatasi aplikasi atau game yang sudah tidak pernah kita gunakan (tidak aktif) selama lebih dari 90 hari. Agar bisa digunakan lagi kita harus memperbarui data access-nya.

Coba cek dulu di akun Facebook kalian. Caranya masuk ke Facebook > Settings > Apps and Websites > klik pada tab Expired.

cara mengatasi pubg mobile tidak bisa login dengan facebook dan google

Lihat apakah di sana ada PUBG Mobile. Kalau ada berarti aplikasi PUBG Mobile sudah kena suspen untuk mengakses Facebook, inilah yang menjadi penyebab kita gagal login. Untuk mengatasinya kita tinggal centang PUBG Mobile kemudian pilih renew access.

4. Ganti kartu

Jika kalian menggunakan kuota internet (mobile data) dari kartu SIM untuk internetan mungkin bisa mencoba untuk ganti ke provider lain. Mungkin saja penyebabnya ada pada koneksi internet yang dipakai alias providernya yang lagi tidak akur dengan Facebook.

Coba dulu gunakan kartu lain untuk koneksi internetnya, lalu login lagi PUBG Mobile menggunakan akun Facebook, apakah sudah bisa. Kalau bisa berarti memang betul kalau koneksi dari provider yang kalian pakai lagi bermasalah.

Biasanya masalah ini hanya terjadi sementara saja, nanti kita bisa coba lagi kalau ingin ganti ke kartu awal. Mungkin dalam waktu beberapa hari proses login akan berjalan normal lagi.

Lihat juga:

Urutan Damage Senjata Terkuat PUBG Mobile Update [tahun]

3 Senjata Paling Sakit Sepanjang Masa di PUBG Mobile

5. Coba login pakai hp lain

Untuk mengetahui apakah sumber masalah tidak bisa login PUBG Mobile dengan Facebook atau Google Play itu ada pada hp yang kita pakai atau tidak, kita bisa coba untuk login di hp lain.

Coba saja pinjam hp teman atau saudara kalian lalu login dari sana. Kalau ternyata proses login lancar dan bisa masuk ke akun kita berarti yang salah ada pada hp yang dipakai.

Masalah seperti ini bisa saja terjadi karena ada aplikasi mengandung malware yang kita install, coba ingat-ingat dulu kira-kira aplikasi mencurigakan apa yang terakhir diinstall, lalu hapus aplikasi tersebut dan bersihkan hp menggunakan aplikasi cleaner. Kemudian coba lagi login ke PUBG Mobile.

6. Cek apakah akun kita kena ban

Akun yang kena ban karena nge-cheat jelas akan menyebabkan tidak bisa login. Saya tidak menuduh kalian cheater tapi bisa saja akun kita kena ban karena hal lain, kena report musuh sakit hati misalnya, nah ini juga bisa menyebabkan kita tidak bisa login dengan Facebook atau Google Play.

Tapi biasanya kalau akun kena ban akan ada pemberitahuan apa penyebabnya dan berapa lama akun kena ban. Kalau cuma pelanggaran seperti menembaki teman satu tim sampai KO, kata-kata kasar, atau teaming dengan musuh biasanya kena ban cuma 1-5 hari saja.

Tapi kalau nge-cheat maka akan kena ban dalam waktu yang lama yakni 100 tahun. Ini artinya akun kena ban seumur hidup alias permanen, memangnya siapa yang mau main PUBG Mobile pada usia 100+ tahun, dracula? LOL.

Daftar akun yang kena ban PUBG Mobile juga bisa dilihat di sini:

https://www.pubgmobile.com/en-US/news.shtml

Cek dulu siapa tahu ada ID kalian di sana, kalau ada berarti itulah penyebab kenapa tidak bisa login menggunakan Facebook atau Google Play. Kalau ini tidak ada solusinya selain menunggu hingga masa banned berakhir.

7. Clear data atau install ulang aplikasi PUBG Mobile

Masalah PUBG Mobile yang tidak login bisa saja disebabkan karena data aplikasi atau bahkan aplikasinya yang sudah korup. Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasinya jika semua cara di atas tidak ada yang berhasil adalah dengan clear data aplikasinya di hp.

Caranya dengan masuk ke Setting > Apps > PUBG Mobile > Clear data.

Setelah itu coba lagi login dengan akun Facebook milik kalian. Karena data sudah dibersihkan kita akan diminta untuk download ulang update terbaru beserta map.

Kalau masih belum bisa login, coba hapus total aplikasinya dengan cara uninstall. Bersihkan hp dengan aplikasi cleaner lalu install lagi aplikasi yang baru.

4 comments

    1. Nonaktif permanen ya bro?
      Kalo akunnya konek sama akun Google Play Games masih bisa kok login menggunakan itu, tapi kalo cuma FB kayaknya gak bisa kecuali akun FB-nya dipulihkan dulu.

  1. Bang, saya kan kena hack gitu facebook beberapa minggu lalu, dan kebetulan emang ga install pubg. Nah sekarang pas saya login lagi eh ternyata gabisa dibuka pubg nya. Iu kenapa ya? Apa ada solusi

  2. Bang gw main google play kan gw hbs log out. Trs gw login lg pki FB. Seteleh kluar. Gw log in lg pki google play gak. Bisa kluar notif otorisasi dicabut

Comments are closed.