Solusi Partisi Drive C Tidak Bisa Di-Extend

Posted on

Ukuran partisi drive C yang terlalu kecil memang bisa menjadi masalah di kemudian hari. Semakin bertambah banyaknya program yang kita install dan file yang kita download, lama kelamaan drive C di laptop akan penuh. Untuk itulah kita perlu melakuakn extend atau memperbesar ukurannya.

Masalahnya kadang drive C di laptop tidak bisa di extend, karena unallocated space yang tidak tersedia atau karena ada masalah pada mounting drive.

Di postingan sebelumnya saya sudah memberikan tutorial cara memperbesar ukuran drive C di Windows, jika kondisinya normal maka seharunya proses bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah. Tapi kalau ternyata drive C di laptop kalian tidak bisa di-extend, maka di postingan ini saya akan sharing bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Partisi C Tidak Bisa Di-Extend

1. Install aplikasi AOMEI Partition Assistant

Agar bisa extend partisi drive C, kita membutuhkan bantuan tool partisi manager. Rekomendasi saya adalah AOMEI karena aplikasi ini cukup mudah digunakan dan stabil. Kalian bisa mendapatkannya lewat sini:

2. Jalankan AOMEI, scan semua disk di laptop

Setelah diinstall, jalankan aplikasi AOMEI. Lalu tunggu hingga aplikasi mendeteksi semua partisi yang ada di hard disk kita.

3. Perhatikan pembagian partisi hard disk di laptop, lihat apakah ada space yang bisa dipakai untuk extend drive C

Jika hard disk di laptop hanya terdiri dari 1 buah hard disk yang dibagi menjadi beberapa partisi, maka ada kemungkinan kita bisa memperbesar ukuran drive C.

Tapi jika kasusnya drive C ada pada hard disk terpisah, semisal kalian menggunakan SSD untuk drive C dan hard disk biasa untuk drive D, maka drive C tidak bisa di-extend. Karena kita tidak bisa menggabungkan 2 buah hard disk menjadi 1 partisi. Contohnya seperti gambar di bawah ini, di mana drive C dan drive D ada di 2 hard disk yang berbeda.

cara extend partisi drive c

Coba lihat posisi partisi di hard disk kalian, apakah drive C dan drive D (atau partisi lain) ada dalam 1 hard disk? Jika iya maka kita bisa mengambil space dari partisi yang ada di depannya untuk extend drive C.

Contohnya seperti gambar di bawah ini, di mana kita bisa mengambil space di drive D untuk extend drive C.

solusi drive c tidak bisa di extend

4. Geser partisi drive D ke depan untuk menciptakan unallocated space di pangkal partisi drive D

Meskipun pada drive D masih ada space kosong, tapi kita tidak bisa langsung melakukan extend drive D begitu saja. Kita harus menciptakan unallocated space dulu di pangkal drive D yang nantinya akan kita masukkan ke drive C.

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggeser/move partisi drive D ke depan.

Cara menambah ukuran drive C

Caranya, pada aplikasi AOMEI klik drive D > pilih menu Resize/Move Partition.

Nanti akan muncul jendela untuk menggeser partisi drive D sekaligus mengubah ukurannya.

Tarik pembatas ukuran ke depan secukupnya, sesuai dengan berapa GB space yang mau di-extend ke drive C sehingga nanti akan tercipta unallocated space baru di pangkal partisi drive D. Lihat gambar berikut agar lebih mudah memahami:

cara menambah ukuran drive C mengambil dari drive D

Setelah klik tombol OK, lalu klik lagi tombol Apply yang ada di pojok kiri atas aplikasi AOMEI. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses penggeseran partisi drive D selesai, kita akan melihat ada space unallocated baru tepat di depan partisi drive C. Nah space kosong inilah yang nantinya kita gunakan untuk extend kapasitas drive C.

cara menambah kapasitas drive c di windows

5. Extend drive C dengan memasukkan unallocated space yang tadi sudah dibuat

Langkah selanjutnya adalah menambahkan unallocated space ke dalam partisi C.

Caranya dengan klik satu kali pada drive C > pilih menu Resize/Move Partition.

Pada jendela Resize/Move Partition, tarik pembatas ukuran hingga mentok ke depan sehingga semua unallocated space masuk ke drive C > klik Ok > klik Apply.

Aplikasi AOMEI akan menggabungkan unallocated space ke dalam partisi C sehingga nanti kapasitasnya akan bertambah. Tunggu hingga proses selesai dan boom! Berhasil! Mudah bukan?

4 comments

  1. Drive C dan D saya terpisah dalam 2 disk. Jadi intinya tidak bisa ya extend drive C nya?

Comments are closed.