[Review] Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A80

Posted on

Pada kesempatan kali ini teknosentrik akan memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan hp Samsung Galaxy A80. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat kamu yang sedang tertarik dengan produk terbaru dari Samsung ini. Yuk langsung saja, kita mulai dengan speknya dulu. Di bawah ini adalah spesifikasi lengkap dari Galaxy A80.

Spesifikasi

Harga8 – 9 jutaan.
JaringanGSM / HSPA / LTE
Dimensi Body165.2 x 76.5 x 9.3 mm (6.50 x 3.01 x 0.37 in)
Berat220 g (7.76 oz)
BahanGlass front (Gorilla Glass 3), glass back (Gorilla Glass 6), aluminum frame
WarnaAngel Gold, Ghost White, Phantom Black
Display LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran6.7 inches, 108.4 cm2 (~85.8% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~393 ppi density)
Pelindung LayarCorning Gorilla Glass 3
OSAndroid 9.0 (Pie); One UI
ChipsetQualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
CPUOcta-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
GPUAdreno 618
Memori EksternalNo
Memori Internal128GB 8GB RAM
Kamera Belakang48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP B/W, f/2.4, 1/5″, 1.75µm
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p@30fps, gyro-EIS
Kamera Depan48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
TOF 3D camera, f/1.2, 30mm
FiturLED flash, panorama, HDR
Video2160p@30fps, 1080p@30/60fps (gyro-EIS), 720p@480fps
SpeakerYa
3.5mm jackYa
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYa, A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYa
RadioFM radio
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
SensorsFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 3700 mAh
ChargingFast battery charging 25W

Kelebihan

1. Desain modern dan elegan

Samsung memang tidak pernah mengecewakan dalam meluncurkan produknya, pada kali ini Samsung mengeluarkan produk Samsung Galaxy A80 yang memiliki dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm dan berat 220 gram. Smartphone ini memiliki kualitas dan rancangan bodi yang baik, frame yang digunakan juga berasal dari material metal.

Kamu juga akan menemui pelindung Corning gorilla glass 6 di bagian belakang. Hal itu membuat ponsel ini memiliki pelindung bodi yang baik. Bodi pada ponsel ini juga dilengkapi dengan gaya kamera yang dapat diputar, sehingga kamu benar-benar mendapatkan desain dengan gaya kekinian. Layar tipis menambah tampilan pada ponsel ini terlihat elegan, memang Samsung selalu the best kalau urusan desain.

2. Baterai Fast Charging

Produk yang dikeluarkan Samsung kali ini menawarkan kecanggihan yang luar biasa. Dimana Samsung Galaxy A80 hadir dengan teknologi fast charging dengan kapasitas 25 W. Luar biasa bukan, ponsel ini tidak tanggung-tanggung dibandingkan dengan smartphone lainnya yang hanya memiliki kecepatan charging hanya sebesar 18 W saja.

Dengan teknologi fast charging, pengisian dayanya hanya diperkirakan membutuhkan waktu 1 jam untuk mencapai 100%. Nah buat kalian-kalian yang suka malas untuk mengisi baterai, dengan ponsel ini akan mempermudahkan kalian gak perlu membutuhkan waktu yang lama, kalian sudah bisa mengisi full daya baterai kalian.

Dan juga buat kalian yang hobi bermain game atau aktif media sosial, dengan kecepatan fast charging ini akan membantu kalian untuk lebih mudah dalam pengisian daya baterai. Kalau ponsel kalian kehabisan baterai, bisa langsung melakukan charging hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

3. Software dan UI yang user friendly

Samsung memang selalu menjadi ponsel yang menjadi kegemaran tersendiri di masyarakat Indonesia, dan samsung ini selalu menaikkan kelasnya dalam hal teknologi atau spek yang dimiliki pada ponsel ini. Pada kali ini Samsung Galaxy A80 hadir dengan sistem operasi OneUI.

OneUI ini memiliki fitur menarik seperti dark mode, power safer, dan widget homescreen. Samsung menghadirkan teknologi OneUI untuk pertama kalinya yaitu pada Samsung Galaxy A80. OneUI pada ponsel berbasis Android 9.0 pie dan juga terdapat fitur lainnya yaitu bixby asisten.

4. Kamera bisa diputar dan hasil foto yang bagus

Pada Samsung Galaxy A80 memiliki tiga kombinasi kamera utama , dimana terdiri dari kamera pertama sebesar 48 MP, kamera kedua sebesar 8 MP dengan kecanggihan ultrawide, dan kamera ketika TOF 3D. Dan ketiga kamera ini dilengkapi dengan kecanggihan kamera berputar, mirip dengan Asus Zenfone 6. Luar biasa kan, ponsel ini tidak kalah canggih dengan smartphone lainnya.

Hasil foto Samsung Galaxy A80 ini tentunya menghasilkan gambar yang bagus, karena ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX586 48MP Quad Bayer. Resolusi kamera pertama kamera ini 48 MP digunakan untuk mengaktifkan mode pro dan Sudah pernah diuji, bahwa ponsel ini menghasilkan gambar yang bagus sekali dan memiliki kontras yang cerah.

Jika ingin mengambil foto dalam kondisi malam, kalian biasa mengaktifkan “night mode”, hasil foto akan jauh lebih indah dan hasil foto menunjukkan pencahayaan yang lebih detail. Buat kalian-kalian yang hobi fotografi tentunya ponsel ini sangat cocok untuk dimiliki .

5. Memiliki konektivitas yang cepat

Pada Samsung Galaxy A80 ini sudah dilengkapi dengan kecanggihan jaringan 4G LTE . Sehingga sudah dijamin untuk akses kecepatan jaringan pada ponsel ini akan jauh lebih handal dan terjamin buat kalian-kalian yang sedang aktif pada media sosial, tidak perlu takut untuk lemot dan sebagainya. Karena ponsel ini sudah memiliki fasilitas yang jaringan yang handal. Dimana ponsel ini memberikan kecanggihan untuk para penggunaannya agar merasa nyaman dalam mengoperasikan ponsel ini, karena tidak dapat di pungkiri bahwa ponsel yang dimiliki menjadi konsumsi keseharian kita.

Kekurangan

1. Tidak terdapat slot MicroSD

Samsung Galaxy A80 memang sudah memberikan kapasitas penyimpanan yang cukup besar yaitu 128 GB dan memiliki RAM sebesar 8 GB. Bagi kebanyakan orang kapasitas sebesar ini mungkin sudah cukup, tapi buat kamu yang menggunakan hp untuk semua aktifitas dan menyimpan data mungkin saja masih terasa kurang, apalagi yang suka menyimpan film di hp.

Hal ini membuat microSD pada ponsel menjadi alternatif untuk menyimpang seluruh dokumen yang dimiliki di ponsel. Namun sangat disayangkan ponsel yang secanggih ini, tidak dilengkapi dengan slot microSD. Hal ini menjadi salah satu kekurangan Samsung Galaxy A80.

2. Memiliki baterai yang relatif kecil

Samsung Galaxy A80 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.700 mAH, untuk keperluan normal dan kebutuhan sehari-hari mungkin sudah lebih dari cukup. Tapi buat kamu yang hobi bermain game mungkin kapasitas sebesar ini terbilang biasa-biasa saja.

Smartphone ini sudah pernah dilakukan pengujian, endurance ratingnya sebesar 80 jam dan untuk penggunaan internet secara terus menerus, ponsel ini mampu bertahan selama 9 jam. Apakah sudah cukup atau tidak semua balik lagi ke kebutuhan kamu.

3. Tidak terdapat fitur Radio FM

Smartphone tentu menjadi sebuah benda yang sangat penting bagi setiap orang karena tidak hanya sebagai media berkomunikasi dan mencari informasi, namun ponsel yang dimiliki menjadi hiburan tersendiri bagi penggunanya.

Pada Smartphone Samsung Galaxy A80 ini tidak terdapat fitur Radio FM, buat yang suka mendengarkan radio hal ini menjadi sebuah minus pada ponsel ini. Karena terkadang seseorang mendengarkan radio atas dasar menginginkan sebuah hiburan yang bervarian daripada IM3 yang dimiliki di ponsel. Dan untuk alternatif nya kalian bisa mendengarkan radio melalui web browsing kalian.

Itulah ulasang singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A80, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.