Review Headset Vivan BT520: Headset Bluetooth Yang Bagus Untuk Main Game?

Posted on

Headset Bluetooth Vivan BT520 merupakan salah satu headset bluetooth untuk gaming yang mendukung fitur 3D surrounding sound. Headset ini cocok untuk memainkan game-game fps seperti PUBG atau CS GO karena kita bisa mengetahui posisi musuh dengan mudah berkat fitur 3D sound-nya.

Pada postingan ini saya akan berikan review headset bluetooth Vivan BT520 karena beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk membelinya. Langsung saja,

1. Desain & penampakan fisik

Headset ini memiliki desain yang simpel tapi cukup nyaman digunakan. Terbuat dari material teflon (PTFE) dan cevlar yang cukup tangguh untuk mencegah terjadinya short-circuit pada kabelnya.

Di bagian speaker dilapisi dengan karet dan dilengkapi juga dengan penyangga agar tidak mudah terlepas dari telinga. Pada bagian belakang speaker terdapat magnet yang menurut saya cukup berguna, kita bisa mengalungkan headset tanpa khawatir akan terlepas karena ujungnya saling melekat.

Berikut ini penampakan fisiknya:

review headset bluetooth vivan bt520 1

2. Isi box

Meskipun masuk dalam kelas budget, tapi dari segi kemasan saya merasa tidak kecewa dengan headset bluetooth Vivan BT520 ini. Pada saat pembelian kita akan mendapatkan fancy box dengan isi di dalamnya berupa headset bluetooth, rubber cadangan, dan buku panduan. Tidak ada cd driver karena headset ini bisa dipakai secara plug and play asalkan ada bluetooth adapter di laptop atau PC kita.

review headset bluetooth vivan bt520 3

Karet cadangan yang diberikan sebanyak 2 pasang, nanti pastinya bisa berguna jika sewaktu-waktu karet headset yang sedang kita pakai lepas lalu menggelinding dan hilang. Saya sudah pengalaman kehilangan karet headset karena saya orangnya lasak.

Apalagi jika nantinya headset ini juga kalian gunakan untuk olahraga, pasti ada saja kejadian karet headset bakal hilang. Nah cadangan yang diberikan dalam jumlah banyak ini menurut saya sangat berguna sekali.

3. Spesifikasi dan harga headset bluetooth Vivan BT520

Berikut ini spesifikasi lengkap headset bluetooth Vivan BT520:

  • Nama produk: Vivan BT520 surround sound earphone
  • Versi bluetooth: Bluetooth V4.1
  • Mode kontrol: 3 tombol fisik
  • Track system: Stereo / 3D surround sound effect
  • Support bluetooth profile: A2DP, AVRCP, HSP, HFP
  • Receiving sensitivity: -80dBm
  • Baterai: Li-battery 3.8V/100mAh
  • Charging time: 1 jam
  • Talk time: 7 jam (volume 90%)
  • Music time: 6 jam (volume 80%)
  • Bluetooth Range: 10 meter
  • Charging input (slot): micro USB, DC5V, 500mA – 1000mA

Harga headset bluetooth Vivan BT520 ini ada di kisaran harga Rp230.000-an. Saya sendiri membelinya secara offline di kota tempat saya tinggal seharga Rp290.000.

3. Fitur-fitur

Berikut ini fitur-fitur yang akan kalian dapatkan dari headset bluetooth Vivan BT520 ini:

  • 360 surround sound effect
  • Sound positioning > ini berguna sekali untuk bermain game PUBG Mobile dan game fps lainnya
  • High sensitivity speaker, rich tone
  • True 3D sound
  • Ai smart voice control
  • Sport ear hook
  • Playing PUBG Mobile upto 5 hours, standby upto 100 hours.

4. Panduan cara menggunakan

Headset bluetooth Vivan BT520 ini hanya dilengkapi dengan 3 buah tombol yang akan kita gunakan untuk mengontrol semua fungsi pada headset. Jadi untuk melakukan perintah tertentu, kita harus menekan kombinasi tombol-tombol ini.

review headset bluetooth vivan bt520 2

Pada saat pertama kali menggunakan headset ini saya harus menghapal kombinasi tombol-tombol kontrolnya untuk menghidupkan, mematikan, melakukan pairing, menerima dan mereject panggilan, hingga mereset system. Awalnya saya merasa cukup ribet karena kombinasi tombol-tombol ini harus kita hapal jika tidak ingin bolak-balik melihat buku panduan.

Berikut ini adalah beberapa kombinasi tombol yang penting dan cukup sering digunakan:

  • Menghidupkan: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 2 detik
  • Mematikan: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 4 detik
  • Pairing: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 3 detik
  • Mengaktifkan effect 3D surrounding sound: klik tombol multifungsi dan volume down secara bersamaan
  • Menjawab telepon: klik tombol multifungsi 1 kali
  • Menolak telepon: tekan dan tahan tombol multifungsi selama 2 detik
  • Cek baterai: klik 2 kali tombol volume down

Headset ini juga dilengkapi dengan indikator LED, berikut ini beberapa kombinasi indikator LED yang penting:

  • Pairing mode: lampu merah dan biru berkedip bergantian
  • Headset terhubung: lampu biru berkedip pelan
  • Charging: lampu merah menyala
  • Charging complete: lampu merah berubah jadi biru
  • Battery low: lampu merah menyala diiringi dengan notifikasi suara

5. Review kualitas suara headset Vivan BT520

Kita masuk ke bagian yang paling penting yakni kualitas suara dari headset Vivan BT520 ini. Saat mencobanya di smartphone dengan mode stereo, kualitas suara dari headset Vivan BT520 ini bisa dibilang lumayan bagus, suara bass cukup dalam dan trebble-nya seimbang. Pada saat saya gunakan untuk mendengarkan lagu, suara vokal dari penyanyinya juga tegas. Secara keseluruhan tidak mengecewakan.

Tapi ketika saya coba mengaktifkan mode 3D surrounding sound, suara yang dihasilkan jadi kurang seimbang. Bass-nya jadi samar dan trebble-nya jadi terlalu tinggi. Jadi kalau untuk mendengarkan musik di smartphone sebaiknya kalian gunakan mode stereo (3D surrounding sound off). Saya belum sempat mencoba bermain game di smartphone dengan headset ini karena semua game saya ada di PC.

Selanjutnya saya mencoba headset bluetooth Vivan BT520 ini di PC dan saya sempat kaget dengan hasilnya. Suaranya hancur dan delay. Saya juga sempat mengalami suara headset bluetooth yang hilang saat menghidupkan mic di game PUBG Mobile.

Setelah saya coba cari tahu ternyata memang ada BUG di Windows 10 untuk penggunaan headset bluetooth yang sampai saat ini belum di fix oleh pihak Microsoft (cara mengatasinya ada di akhir postingan ini).

Setelah saya berhasil mengutak-atik settingan dan memperbaiki bug ini, saya coba untuk mendengarkan musik dengan mode stereo, dan hasilnya cukup memuaskan. Suara bass-nya jelas, tidak pecah, hanya saja trebble-nya masih terlalu tinggi menurut saya. Tapi jika diubah ke mode 3D surrounding sound, suara musik jadi tidak enak.

Jadi kesimpulannya jika kalian menggunakan headset ini untuk mendengarkan musik atau nonton maka gunakan mode stereo.

6. Keakuratan 3D surrounding sound

Game yang sudah saya coba mainkan dengan menggunakan headset Vivan BT520 ini baru PUBG Mobile, saya belum sempat coba di PUBG Steam karena kebetulan belum update. Tapi mungkin hasil dari percobaan di PUBG Mobile ini bisa mewakili game-game yang lain.

Untuk keakuratan arah suara, headset ini menurut saya sudah cukup akurat. Kita dengan mudah mengetahui posisi musuh dari suara stepnya, apakah itu di kiri atau kanan, depan, atau belakang.

Kekurangannya ada pada visualisasi jarak yang menurut saya masih kurang akurat. Pada saat posisi musuh berubah dari kiri/kanan ke depan misalnya, terjadi kenaikan suara yang terlalu mencolok yang masih belum akurat dengan perubahan jaraknya. Hal ini bisa menyebabkan bingung kalau kita tidak benar-benar fokus.

Untuk sensitifitasnya sendiri menurut saya headset bluetooth Vivan BT520 ini sudah cukup bagus.

Untuk mendapatkan visualisasi sumber suara yang lebih akurat kita harus mengaktifkan mode 3D surrounding sound, namun sayangnya karena ada bug di Windows 10 ini maka suara yang dihasilkan masih kurang bulat. Bagi saya sih tidak masalah karena yang terpenting kita bisa tahu di mana posisi musuh berada.

Kalau kalian sangat sensitif dengan masalah ini maka sebaiknya tidak menggunakan headset bluetooth di Windows 10, tapi gunakan yang kabel. Karena sepertinya semua headset bluetooth akan mengalami masalah yang sama.

7. Troubleshoot (Windows 10 user)

Untuk mengatasi bug suara headset bluetooth yang jelek di Windows 10 sudah saya buatkan tutorialnya secara terpisah karena postingan ini sudah sangat panjang. Kalian bisa membacanya di sini:

Cara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Yang Jelek Di Windows 10

Sekian dulu review headset bluetooth Vivan BT520 dari saya, semoga bisa jadi bahan pertimbangan kalian sebelum memutuskan untuk membeli headset ini.

Kalau ada yang perlu ditanya bisa hubungi saya via komen atau ke halaman kontak blog ini. Jangan lupa subscribe juga channel gaming saya di sini: TSPlayzone

See you!

16 comments

    1. Lumayan mas, kalo dipake gaming bisa 5-6 jam, kalo nonton atau denger musik bisa lebih dari itu. Tapi mungkin karena faktor masih baru juga.

  1. mas saya pake vivan s9 pda saat main pubg mic saya nyalakan untuk komunikasi sama team otomatis suara jadi mendem dan cempreng nah pada saat di matikan lagi mic nya suaranya kembali normal, nah apakah vivan BT520 ini sama ?

  2. kwalitas suara nya bagus apa gk? sy pengalaman pake headset bluetooth suara nya jelek dan telat

      1. mas klo delay saat main pubg gimana yah ? step sama tembakannya delay sekitar 1-2 detik .

  3. Awalnya pas main pubgmobile agak kaget ternyata delay 1 detik. Tapi, ajaibnya suaranya ga delay lagi setelah main beberapa kali. Kadang terdapat bug, dimana headset sudah terhubung tapi suara keluar dari hp bukan headset. Tapi caranya mudah, tinggal di reset, baru dipairing lagi.

Comments are closed.