Review BenQ EW3270U (Monitor Gaming 4K HDR)

Posted on

Saat ini konten multimedia yang mendukung HDR sudah mulai banyak muncul dari film ke game. Bahkan, Sony dengan konsol jagoannya, Playstation 4, akhirnya merilis Playstation 4 Pro yang mendukung game HDR.

Sayangnya, untuk menikmati konten HDR, konsumen diharuskan untuk menghabiskan sejumlah uang karena harga jual TV HDR masih relatif tinggi.

Tapi, untungnya dukungan fitur HDR tidak hanya ada di TV. Fitur HDR sekarang mulai menyebar ke monitor, salah satunya dapat ditemukan pada monitor BenQ EW3270U 4K HDR.

Apakah Anda ingin tahu tentang kehebatan BenQ EW3270U? Simak dulu review kami di bawah ini.

1. Desain standar

BenQ EW3270U Monitor 4K HDR

Sektor desain sepertinya memang bukan fokus utama dari monitor ini. Karena BenQ EW3270U hadir dengan desain yang terlihat standar dan minimalis.

Panel layar 32 inci dikelilingi oleh bingkai yang cukup tipis. Jika hanya bingkai layar yang dibuat sedikit lebih tipis, jaminan kami dari BenQ EW3270U akan terlihat lebih indah dan kontemporer. Sementara bagian leher dan persilangannya sangat bagus dan terasa kokoh.

Agar tetap terlihat minimalis, BenQ menempatkan tombol navigasi di kanan bawah layar. Tombol navigasi cukup besar dan nyaman untuk ditekan. Akses ke setiap menu pengaturan sangat jelas dan tidak terlalu dalam sehingga lebih mudah digunakan.

Satu-satunya tombol yang terlihat adalah tombol hotkey HDR / BI + di sudut kanan bawah layar. Tombol ini berguna untuk mempercepat pengaktifan mode HDR dan BI + yang dibawanya.

Beralih ke tengah, tepat di bawah monitor ini dapat ditemukan poni. Poni ini membawa sensor cahaya yang dapat mendeteksi pencahayaan dan suhu warna.

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan desain monitor ini. Meski ukuran 32 inci memang cukup besar, tapi setidaknya desain BenQ EW3270U masih lebih ekonomis jika dibandingkan dengan TV layar datar dengan ukuran yang sama.

2. Konektivitas lengkap

Melanjutkan ke sektor konektivitas, semua port konektivitas ditempatkan di bagian belakang tubuh. Monitor ini hanya membawa 4 port yang terdiri dari 1 port USB-Type C, 2 port HDMI 2.0, dan 1 port DisplayPort 1.2.

Berkat keempat port ini, Anda dapat terhubung ke PC, laptop ke konsol game. Port konektivitas pada monitor ini dirancang menghadap ke bawah. Tujuannya agar terlihat lebih rapi.

Tetapi ini juga membuat akses ke setiap port agak sulit dijangkau. Secara keseluruhan, jangkauan konektivitas BenQ EW3270U selesai, jadi Anda tidak perlu repot mencolokkan jika Anda ingin menggunakan monitor ini di perangkat lain.

3. Kualitas visual 4K yang luar biasa

Monitor ini sangat bagus untuk Anda yang hobi nonton dan main game. BenQ EW3270U hadir dengan teknologi panel VA yang resolusinya 4K 10 bit. Membawa teknologi panel VA dan dukungan teknologi HDR ada beberapa keuntungan yang kami rasakan ketika menikmati konten di layar.

Dibandingkan dengan panel IPS, panel VA yang didukung oleh teknologi HDR mampu menyajikan visual dengan rasio kontras yang lebih tinggi. Ketika dalam skenario gelap, hitam akan terlihat sangat tebal.

Lebih baik jika dibandingkan dengan panel LCD pada umumnya. Sudut pandangnya cukup lebar, yaitu sekitar 178 derajat. Jadi dilihat dari berbagai sisi visual pada monitor ini masih terlihat relatif konsisten.

Berkat resolusi layar 4-bit 4K dan mendukung 95% cakupan warna DCI-P3, tampilan yang disajikan pada layar terlihat tajam dan warnanya juga sangat memanjakan mata.

Ini membuat BenQ EW3270U cocok bagi Anda yang suka menikmati konten multimedia seperti menonton film. Atau, gamer juga dapat mengandalkannya sebagai monitor gaming 4K untuk memainkan game dari PC, laptop atau konsol game seperti Playstation 4 Pro.

BenQ EW3270U juga secara langsung mengusung sepasang speaker terintegrasi dengan kualitas audio yang cukup baik. Jadi, Anda tidak perlu repot terhubung ke sistem audio.

4. Fitur eye care yang didukung untuk melindungi mata

Selain teknologi HDR dan resolusi 4K yang merupakan kelebihannya, ada satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh monitor BenQ EW3270U 4K. Monitor ini juga didukung oleh fitur Perawatan Mata yang berguna untuk melindungi mata sambil menatap monitor ini untuk waktu yang lama.

Fitur BenQ EW3270U Eye Care mencakup fitur Low Blue Light Filter untuk meminimalkan emisi cahaya biru, bebas kedipan atau bebas kedip, dan BI +. BI + atau Brightness Intelligence Tech adalah salah satu fitur yang hanya dapat Anda temukan di monitor ini.

Fitur BI + menggunakan sensor cahaya yang dibawanya untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar untuk secara otomatis menyesuaikan kondisi pencahayaan di kamar Anda.

Untuk mencoba fitur ini, Anda dapat langsung menekan tombol BI + di sudut kanan bawah layar. Kami membuat beberapa perbandingan antara fitur HDR dan BI + ketika diaktifkan dan dinonaktifkan dengan memutar konten saat membuka game GOD OF War. Bandingkan yang berikut ini:

HDR MATI / BI + OFF: Tanpa mengaktifkan mode HDR dan BI + adegan ini terlihat cukup gelap dengan kontras rendah dan warna nada sedikit kemerahan.

HDR AKTIF / BI + OFF : Ketika HDR diaktifkan, kelebihan layar pada layar terlihat lebih cerah dan kontras warna meningkat secara signifikan dengan tonal area gelap terang yang lebih jelas terlihat.

HDR OFF / BI + ON: Ketika HDR dinonaktifkan dan hanya mengaktifkan BI + saja, dalam mode ini tingkat kecerahan layar akan secara otomatis menyesuaikan pencahayaan di ruangan. Jadi, perlu diperhatikan untuk menguji mode ini, mungkin hasilnya akan bervariasi karena tergantung pada tingkat pencahayaan ruangan Anda.

Dari pengujian kami dalam kondisi pencahayaan ruangan yang memadai, dalam mode ini kekurangannya hanya sedikit berkurang dan warnanya kembali menjadi merah seperti sebelumnya (HDR OFF / BI + OFF), sementara tingkat kecerahan layar terlihat agak meningkat tetapi masih nyaman di mata.

HDR AKTIF / BI + AKTIF: Ya, ketika kedua mode diaktifkan menurut kami, mode ini yang paling cocok. Selain meningkatkan kecerahan layar, berkat kontras HDR dan warna yang disajikan juga lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.