7+ Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak Bisa Voice Chat

Posted on

Kalau kamu sedang mengalami masalah ini jangan galau, pada postingan ini saya akan sharing pengalaman bagaimana caranya mengatasi PUBG Mobile tidak bisa voice chat.

Bermain PUBG Mobile itu letak keseruannya bukan cuma pada aksi tembak-tembakannya saja, tapi obrolan kita dengan teman satu tim yang membuat game jadi lebih menarik.

Voice chat di PUBG Mobile memungkinkan kita berkomunikasi dengan teman satu tim maupun lawan yang posisinya berdekatan.

Fitur ini sangat berguna sekali untuk koordinasi dan mengatur strategi, meskipun lebih sering dipakai untuk minta tolong, minta amunisi, minta scope, dan minta-minta lainnya. Apalagi kalau teman satu tim adalah orang yang kita kenal, pasti isi voice chat jadi sangat heboh.

Tidak heran kalau voice chat di PUBG Mobile tidak berfungsi kita pasti ingin segera memperbaikinya. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah voice chat hilang suaranya, hanya bisa mendengar suara tapi tidak bisa menggunakan mic, suara delay putus-putus, atau suara jadi mendem dan kecil meskipun volume sudah full.

Kalau kamu mengalami masalah-masalah di atas, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

1. Cek koneksi internet

Pertama pastikan dulu koneksi internet yang kamu pakai lancar. Voice chat du PUBG Mobile itu sangat tergantung dari kelancaran koneksi internet. Semakin lancar semakin bagus, begitu pula sebaliknya.

Untuk mengetahui koneksi internet kita bagus atau tidak caranya sangat mudah, perhatikan saja berapa besarnya ping yang ada di pojok kiri bawah layar. Semakin kecil ping maka suara voice chat akan semakin bersih dan jelas.

Ping yang bagus adalah yang masih di bawah 100 ms. Kalau ingin menikmati game yang smooth dan suara vc yang jernih maka ping harus berada di bawah 40 ms.

pubg mobile voice chat tidak keluar suara

Coba perhatikan lagi, berapa ping yang ada pada game kamu. Kalau terlalu besar misal mencapai 300 ms maka bisa jadi inilah sumber masalahnya.

Jika memang demikian maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah voice chat ini adalah dengan mengganti koneksi internet ke yang lebih cepat. Kamu bisa ganti provider atau upgrade paket ke yang lebih ngebut.

Pastikan juga provider internet yang kamu pakai tidak sedang gangguan jaringannya. Kalau sedang gangguan maka kita tunggu dulu sampai kembali normal.

Baca juga:

Urutan senjata terkuat di PUBG Mobile yang harus kamu tahu

Ternyata seperti ini senapan Groza yang asli, garang!

2. Turn on/off mic dan speaker

Cara yang kedua ini sangat simpel, saat voice chat tidak keluar suaranya atau kita bisa mendengar suara tapi mic bisa berfungsi maka coba matikan dulu mic dalam game lalu hidupkan kembali. Begitu juga dengan speaker, coba matikan lalu hidupkan kembali.

Jika penyebabnya cuma karena macet-macet biasa cara ini akan berhasil. Saya sudah mengalaminya beberapa kali dan trik simpel ini seringkali berhasil. Jadi sebelum mencoba yang lain-lain coba dulu cara ini.

Namun kalau kamu sudah mematikan-menghidupkan mic dan speaker berulangkali namun tetap tidak ada efeknya maka masalah yang dialami mungkin lebih dari itu. Solusi untuk mengatasinya juga akan berbeda.

3. Periksa permission aplikasi

Saat pertama kali diinstall aplikasi PUBG Mobile memang sudah meminta permission untuk mengakses storage dan microphone, dan kita sudah menyetujuinya. Saat dimainkan pun semua berjalan normal, kita bisa menggunakan mic maupun mendengar suara voice chat dari teman lewat speaker.

Namun setelah beberapa kali dimainkan mungkin saja permission dari aplikasi ini berubah. Saat permission aplikasi PUBG Mobile untuk mengakses microphone mati, maka kita tidak bisa menggunakannya saat bermain. Akibatnya suara voice chat dari kita tidak bisa didengar oleh teman satu tim.

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengecek ulang permission dari aplikasi PUBG Mobile di hp kita. Caranya masuk ke menu:

Settings > Apps > PUBG Mobile > Permissions

Setelah masuk ke menu App permissions akan terlihat di sana ada dua akses yang dibutuhkan aplikasi PUBG Mobile yakni Microphone dan Storage.

Agar mic pada voice chat bisa bekerja maka permissions ini harus dihidupkan, jika pada settingan hp yang kamu pakai permissions Microphone ini mati maka hidupkan dulu.

cara mengatasi voice chat tidak ada suara pubg mobile

Setelah itu coba lagi mainkan PUBG Mobile dan gunakan voice chat untuk berbicara dengan tim. Apakah suaranya sudah muncul? Jika sudah berarti masalah selesai.

4. Minimize game

Cara mengatasi PUBG Mobile tidak bisa voice chat yang selanjutnya adalah minimize game. Solusi yang satu ini memang terdengar agak aneh dan sepele, tapi kadang-kadang justru cara sesimpel ini malah berhasil.

Saat di tengah permainan tiba-tiba mic atau speaker voice chat tidak bisa mengeluarkan suara maka coba dulu minimize gamenya, caranya tekan saja tombol home pada smartphone. Setelah itu coba dulu buka aplikasi lain seperti WhatsApp, tapi jangan clear memory agar game tidak perlu dimuat ulang.

Setelah kira-kira 1 menit coba buka lagi game PUBG Mobile yang tadi sudah di-minimize dan lihat apakah mic dan speaker voice chat sudah kembali normal.

5. Force close aplikasi PUBG Mobile

Kalau minimize tidak work, maka selanjutnya bisa coba force close aplikasinya. Idenya adalah membuat game dimuat ulang sehingga error yang ada bisa hilang. Saat sebuah aplikasi di force close semua proses berjalannya akan berhenti, perintah ini mirip dengan end task via task manager di Windows.

Cara force close aplikasi berbeda-beda pada tiap merek hp, jika menggunakan Xiaomi kita bisa setting pengaturan force close dengan tap+tahan tombol back. Jika tidak ada pengaturan tombol force close pada hp kalian, maka cara mudahnya bisa juga dilakukan dengan minimize aplikasi lalu clear memory – yang hasilnya sama saja dengan force close.

Setelah force close buka lagi game PUBG Mobile, selama kita tidak quit (in game) kita tetap akan masuk ke map dan tim yang sama dengan yang tadi. Coba cek apakah voice chat sudah normal kembali? Saya sudah beberapa kali mencoba cara ini dan biasanya selalu berhasil.

6. Clear file sampah + Restart hp

Kalau force close belum juga berhasil mengatasi masalah voice chat PUBG Mobile yang tidak keluar suaranya maka selanjutnya kalian mungkin perlu restart hp-nya. Tapi sebelumnya saya sarankan juga untuk clear file sampah di hp, bisa menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner.

Sama seperti perangkat pintar lainnya, smartphone juga akan menumpuk file-file sampah seperti temporary file, cache, thumbnail, log, dll. File sampah ini kalau jumlahnya sudah terlalu banyak bisa membuat sistem jadi berat, terutama kalau memori internal kita sudah hampir penuh. Satu-satunya solusi yang bisa kita lakukan adalah membersihkannya.

Setelah clear file sampah, selanjutnya kita restart dulu hp-nya agar sistem dimuat ulang. Setelah hp kembali hidup coba lagi buka PUBG Mobile dan gunakan voice chat, apakah sudah bisa? Kalau belum juga maka lanjut ke dua solusi terakhir di bawah ini.

7. Clear data aplikasi

Saat mengalami masalah pada aplikasi apapun di hp android biasanya solusi ini selalu saya coba sebelum akhirnya install ulang aplikasi. Dengan clear data aplikasi berarti kita menghapus semua user data, cache, latest update, dan file lain selain dari aplikasi client.

Clear data aplikasi ini cukup ampuh untuk mengatasi error yang disebabkan oleh bad cache atau file aplikasi yang korup, dan bisa juga kita coba untuk mengatasi masalah tidak bisa voice chat di PUBG Mobile.

Caranya sangat mudah, masuk ke

Settings > Apps > PUBG Mobile > Clear data

Setelah data aplikasi dibersihkan, kita harus login ulang begitu pertama kali membukanya. Kita juga harus download ulang map dan update kalau ada.

Baca juga:

Cara mengatasi PUBG Mobile tidak bisa login Facebook

8. Fresh install aplikasi client

Jika sudah mencoba semua cara di atas namun tidak ada yang berhasil, maka solusi terakhir yang biasanya saya lakukan adalah uninstall aplikasi PUBG Mobile lalu download ulang versi terbaru dari Playstore.

Saya tidak tahu dengan pasti apa yang menyebabkan voice chat di PUBG Mobile itu jadi tidak berfungsi, mungkin saja karena aplikasi client yang korup, ada bad file, dan semacamnya, yang jelas dengan install ulang kita akan mendapatkan file-file game yang terbaru dan bersih dari file korup.

Tidak hanya di PUBG Mobile saja, biasanya install ulang aplikasi bisa mengatasi berbagai macam error hampir di semua aplikasi android. Tapi ada baiknya ini dilakukan sebagai solusi terakhir setelah solusi-solusi yang lebih murah kita coba. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.