Fix PUBG Mobile Tencent Gaming Buddy Tidak Bisa Play Setelah Update

Posted on

Salah satu masalah yang sering terjadi setelah kita melakukan update PUBG Mobile di Tencent Gaming Buddy adalah game yang tidak bisa dibuka. Saat diklik tombol play tidak ada respon dan game tidak mau launching, padahal sebelumnya aplikasi berjalan normal.

Hal ini memang sudah jadi masalah umum, yang mengalami juga banyak. Saya sendiri juga sudah beberapa kali mengalaminya, biasanya terjadi saat ada update besar yang mengharuskan kita mengupdate aplikasi client via appmarket.

Screenshot 4
komentar teman yang mengalami masalah yang sama.

Pada postingan ini saya akan coba sharing beberapa solusi yang biasanya saya pakai ketika mengalami masalah PUBG Mobile yang tidak bisa play di Tencent Gaming Buddy setelah update.

1. Restart aplikasi TBG

Setelah update restart dulu aplikasinya, jangan langsung klik play. Cara pertama untuk mengatasi PUBG Mobile Tencent Gaming Buddy tidak bisa play setelah update adalah dengan restart dulu aplikasinya sebelum klik tombol play.

Untuk merestart bisa dengan klik tombol close lalu quit juga pada tray icon.

mengatasi tencent gaming buddy tidak bisa play

Bisa juga dilakukan via task manager. Buka task manager lalu cari proses bernama Appmarket dan Tencent Gaming Buddy > klik kanan lalu end task.

Setelah itu buka lagi TGB lalu coba lagi play PUBG Mobile. Apakah sudah bisa? Kalau masih belum bisa coba lakukan cara kedua di bawah.

2. Cek settingan engine emulator

Setelah melakukan update besar mungkin settingan pada engine emulator akan ikut berubah, kalian bisa cek dulu pada bagian Settings > Engine.

Lihat pada bagian rendering engine, jika menggunakan VGA AMD maka gunakan rendering engine OpenGL atau OpenGL+. Jika menggunakan VGA intel onboard, NVIDIA, atau selain AMD maka bisa gunakan DirectX.

fix pubg mobile pc tidak bisa play

Hal ini berguna untuk menghindari bug, karena di versi lama Tencent Gaming Buddy kalau kita menggunakan rendering engine yang tidak cocok dengan VGA bisa membuat game jadi blank putih dan sering crash (keluar sendiri).

Saya mengalaminya saat menggunakan rendering engine DirectX yang ternyata tidak cocok dengan VGA AMD, setelah saya ganti jadi OpenGL+ aplikasi berjalan lancar. Kalian juga bisa mencoba untuk otak-atik settingan pada bagian ini.

3. Download aplikasi client yang baru

Kalau ada major update jangan lakukan update via appmarket, tapi hapus TGB lama lalu download versi terbaru.

Solusi yang kedua ini adalah yang paling ampuh. Setiap kali mengalami error Tencent Gaming Buddy seperti tidak bisa voice chat atau tidak bisa play dan mentok tidak tahu lagi bagaimana cara memperbaikinya maka cara inilah yang saya pakai.

Jika ingin uninstall emulator TGB sampai bersih kalian bisa lihat tutorialnya di sini:

Cara uninstall emulator di PC sampai bersih

Jadi jangan bingung-bingung, kalau ada major update jangan update via appmarket tapi uninstall TGB dari laptop atau PC kalian lalu download lagi aplikasi client yang baru dari situs resminya di: https://tgb.qq.com/en/games/pubg.html

Setelah download install seperti biasa, login lagi dengan akun milik kalian. Memang dengan cara ini kita akan berkorban lebih banyak kuota untuk download ulang map dan harus melakukan setting lagi dari awal, tapi dijamin aplikasi akan berjalan lancar.

Untuk settingannya saya sudah pernah sharing settingan paling oke untuk TGB mulai dari settingan emulator, keymap, hinggga settingan in-game. Kalian bisa melihatnya di sini:

Settingan terbaik Tencent Gaming Buddy

Settingan terbaik keymapping PUBG Mobile

4. Tambah virtual memory

Low virtual memory juga bisa menyebabkan bermain PUBG Mobile di PC jadi ngelag. Biasanya saat bermain akan muncul notifikasi dalam game yang meminta kita untuk menambah virtual memory diiringi dengan game yang semakin berat dan patah-patah.

Saat ada update mungkin saja ada penambahan kualitas grafis, fitur, dan hal lain yang membuat game PUBG Mobile di Tencent Gaming Buddy jadi makin berat, nah kalau virtual memory di laptop kita kurang maka bisa jadi penyebab game tidak bisa dibuka.

Tapi ini masih sebatas asumsi saya saja, namun tidak ada salahnya untuk menambah virtual memory meskipun belum pasti bisa mengatasi error game tidak mau di-play yang sedang kita bahas ini.

Virtual memory sendiri gunanya adalah untuk membantu kerja RAM, simpelnya sebagai perpanjangan RAM untuk menghandle file-file program berjalan yang ada dalam keadaan idle.

Berikut ini cara menambah virtual memory di Windows:

Cara menambah virtual memory di Windows

5. Matikan dulu Windows Defender

Coba matikan dulu Windows Defender, khususnya buat kalian yang menggunakan Windows 10.

Windows Defender memang penting untuk laptop aman dari virus, tapi kadang juga bisa bereaksi berlebihan dan menyebabkan program tertentu tidak bisa jalan.

Bisa jadi PUBG Mobile tidak bisa play karena false positive (salah sasaran) dari Windows Defender, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mematikannya terlebih dahulu.

Caranya dengan masuk ke:

Settings > Update & Security > Windows Security

Berikut ini yang perlu dimatikan:

  • Virus & threat protection > Virus & threat protection settings > Manage settings > jadikan semua opsi off
  • App & browser control > jadikan semua opsi off
  • Firewall & network protection > Allow an app through firewall > ceklis Appmarket baik di koneksi private dan public
  • Firewall & network protection > Advanced settings > Inbound Rules > Klik kanan pada Appmarket > Properties > ceklis Enable dan Allow the connection > OK

Itulah beberapa cara yang biasanya saya lakukan untuk mengatasi PUBG Mobile yang tidak bisa play setelah update. Semoga bisa membantu mengatasi masalah yang kalian alami, komentar di bawah kalau belum berhasil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.