Solusi PUBG Mobile Tidak Bisa DOWNLOAD Update

Posted on

Salah satu masalah yang sering dialami saat bermain PUBG Mobile adalah tidak bisa download update terbaru. Hal ini pernah terjadi beberapa waktu lalu dimana banyak sekali player (termasuk saya sendiri) mengalami masalah tidak bisa download update baik pada android maupun IOS.

Kabarnya ada juga yang mengalami bisa update tapi pada saat ingin bermain malah macet di bagian matching dengan player lain di mode duo dan squad.

Error di atas sepertinya disebabkan oleh bug dari sisi developer (Tencent), dan tidak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu bug fix dari mereka. Tapi masalah PUBG Mobile yang tidak mau update ini bisa juga berasal dari kesalahan di sisi kita, bisa karena koneksi internet, akun di ban, aplikasi game yang korup, bad cache, dan banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini saya akan coba sharing beberapa solusi yang biasanya saya lakukan untuk mengatasinya. Kalian bisa mencobanya satu per satu, jika tidak berhasil baru lanjutkan ke ke solusi selanjutnya secara berurutan.

1. Reset koneksi internet

Sebelum mencoba hal lainnya, biasanya yang pertama kali saya cek adalah koneksi internet, apakah lancar atau sedang bermasalah. Koneksi internet di hp android itu jadi semacam macet tanpa kita sadari, hal ini sering sekali saya alami waktu menggunakan hp Xiaomi. Nah cara untuk mengatasinya adalah dengan reset koneksi internet agar mendapatkan IP Publik yang baru.

Cara mereset koneksi internet di hp android itu sangat mudah, berikut ini dua cara yang bisa dipakai:

  • Aktifkan mode pesawat, diamkan sebentar lalu non-aktifkan mode pesawat. Koneksi internet akan reset dan hp kita akan mendapatkan IP Publik yang baru.
  • Tekan *#*#4636#*#* > pilih Phone information 1 atau 2 tergantung dari SIM mana yang dipakai untuk internetan > turn off radio > diamkan sebentar > turn on radio.

Baca juga:

Combo senjata terbaik PUBG Mobile, Jarak jauh dan jarak dekat OK

2. Ganti ke mobile data atau WiFi

Tips kedua adalah mengganti koneksi internet di hp menggunakan mobile data atau WiFi. Jika saat ini kalian menggunakan mobile data maka coba ganti ke WiFi, begitu pula sebaliknya jika menggunakan WiFi maka ganti ke mobile data.

Hal ini berguna untuk mengetahui kalau salah satu dari jaringan tersebut sedang gangguan. Bisa jadi provider yang kalian pakai untuk konek ke internet sedang gangguan, hal ini jelas saja menyebabkan PUBG Mobile tidak bisa download update.

3. Restart hp

Setelah memastikan koneksi internet yang ada di hp lancar namun PUBG Mobile masih belum bisa download update, maka selanjutnya kalian bisa coba restart dulu hp-nya.

Smartphone itu sama saja seperti laptop dan PC yang perlu restart agar sistem dimuat ulang (refresh). Saat terjadi masalah seperti aplikasi PUBG Mobile tidak bisa play atau tidak bisa dibuka maka restart adalah salah satu solusi yang patut dicoba.

Setelah hp hidup kembali, coba lagi update PUBG Mobile di hp kalian, apakah sudah bisa? Kalau belum teruskan ke solusi selanjutnya di bawah.

4. Cek apakah server sedang maintenance

Seperti yang sudah saya ceritakan di awal bahwa terkadang penyebab PUBG Mobile tidak bisa download update itu karena ada bug atau server sedang maintenance. Maka kita perlu juga untuk memastikan kalau server PUBG Mobile dalam keadaan up (tidak sedang maintenance atau down), caranya adalah dengan melihat pengumuman dari mereka di Facebook atau Twitter.

Biasanya kalau sedang ada maintenance atau masalah pada server mereka akan mengumumkannya sehingga para player tidak perlu melakukan apa-apa selain menunggu hingga perbaikan selesai.

Berikut ini halaman Facebook dan akun Twitter resmi PUBG Mobile:

Facebook|Twitter

Lihat pengumuman yang ada di sana, apakah ada pemberitahuan bahwa sedang ada maintenance atau perbaikan server. Kalau ada berarti yang perlu kita lakukan adalah menunggu hingga mereka selesai.

5. Clear cache aplikasi PUBG Mobile + Celar data aplikasi Playstore

Penyebab PUBG Mobile tidak bisa download update juga bisa karena adanya bad cache pada aplikasi atau masalah pada Playstore. Jika masalahnya ada pada Playstore maka aplikasi yang tidak bisa diupdate bukan hanya PUBG Mobile saja tapi semua aplikasi juga akan mengalami masalah yang sama.

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan clear cache pada aplikasi PUBG Mobile dan clear data pada Playstore. Cara ini bisa kalian coba dan kemungkinan berhasilnya cukup besar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Masuk ke:

Settings > Apps > PUBG Mobile > Clear Cache

Settings > Apps > Playstore > Clear data

6. Install ulang PUBG Mobile

Jika semua tips di atas sudah dicoba namun masih belum berhasil mengatasi PUBG Mobile yang tidak bisa download update maka solusi terakhir adalah fresh install aplikasi client versi terbaru.

Saya tidak tahu dengan pasti apa yang menjadi penyebab error ini di hp kalian, tapi biasanya dengan install ulang aplikasi client error-error akan hilang karena kita mendapatkan file-file aplikasi yang baru dan bersih dari file korup.

Hapus dulu aplikasi PUBG Mobile dari hp, caranya masuk ke Settings > Apps > PUBG Mobile > Uninstall.

Setelah itu bersihkan hp secara menyeluruh dengan aplikasi cleaner. Restart hp, lalu install lagi aplikasi PUBG Mobile versi terbaru dari Playstore.

Itulah beberapa solusi yang biasanya saya coba ketika mengalami masalah PUBG Mobile tidak bisa download update. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.