Pengertian UFS 3.0 Pada Memori Internal Smartphone

Posted on

UFS merupakan singkatan dari Universal Flash Storage, sebuah teknologi penyimpanan data yang memiliki kecepatan tinggi dan hemat daya. Kali ini kita akan ulas secara singkat pengertian UFS 3.0 dan bedanya dengan versi lain.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan penyimpanan data pada memori internal smartphone, maka muncul istilah UFS yang sering disebut-sebut pada spesifikasi smartphone.

Ada perbedaan teknologi penyimpanan antara UFS 2.0 UFS 3.0 dan UFS 3.1 meskipun sebenarnya UFS juga dipakai untuk perangkat lain seperti tablet, VR dan Chromebook storage.

Pengertian UFS 3.0 pada smartphone

UFS 3.0 adalah teknologi penyimpanan flash untuk multi perangkat seperti kamera digital, smartphone, dan perangkat elektronik lainnya. UFS 3.0 merupakan teknologi penyimpanan internal pada perangkat smartphone yang menggantikan teknologi lama yaitu eMMC.

Seperti kita ketahui bahwa untuk menjalankan aplikasi atau membuka file seperti video sekarang ini semakin besar kapasitasnya. Maka dari itu kecepatan transfer sangat mempengaruhi performa dari perangkat itu sendiri supaya tidak terjadi masalah “bottleneck”.

Teknologi UFS hadir menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Ponsel teranyar biasanya menggunakan UFS sebagai pengganti eMMC dan kartu SD yang sudah dinilai lambat dan usang.

Pada umumnya UFS lebih sering digunakan pada smartphone kelas menengah ke atas. Sedangkan eMMC lebih banyak digunakan pada smartphone kelas bawah.

Namun di masa depan nanti teknologi UFS diperkirakan akan semakin mendominasi dalam urusan memori internal di berbagai perangkat.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki UFS, diantaranya yaitu transfer data yang lebih cepat dan lebih hemat daya.

Perkembangan teknologi yang pesat memaksa hardware untuk bekerja lebih keras, misalnya saja ketika ingin mengambil foto dengan resolusi tinggi atau merekam video 4K dengan bitrate tinggi. Disinilah keunggulan UFS akan sangat terasa manfaatnya.

Pengertian dan perbedaan versi UFS 2.0 3.0 dan 3.1

Untuk mencegah kebingungan pasar dalam munculnya berbagai jenis kartu, ditetapkanlah standar oleh Asosiasi Teknologi Solid State JEDEC.

JEDEC menerbitkan versi pembaruan UFS secara berkala. UFS versi 1.1 diterbitkan pada Juni 2012. Kemudian pada bulan bulan September 2013 UFS 2.0 hadir menggantikan versi 1.1 dengan peningkatan bandwidth dan kinerja yang lebih baik.

Di tahun 2014, Samsung menggunakan UFS sebagai memori internal smartphone terbarunya di kala itu yaitu Galaxy S6. Seakan tidak mau ketinggalan, Xiaomi juga bergerak cepat menyusul Samsung untuk menggunakannya. Kecepatan memori internal UFS 2.0 mencapai 1,2 GBps, jauh melebihi eMMC 5.0 dan bahkan sanggup mengalahkan SSD PC kala itu.

Selain kecepatan tranfer yang lebih baik, penggunaannya juga lebih hemat daya sehingga baterai smarphone dapat lebih tahan lama.

Pada januari 2018, JEDEC kembali menerbitkan versi 3.0 yang pastinya disertai dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Kecepatan data yang dimiliki UFS 3.0 rata-rata 1,45 GBps dan memiliki kecepatan maksimal hingga 2,9 GBps.

Smartphone high end atau flagship keluaran 2019 dan 2020 pastinya mengandalkan teknologi UFS 3.0 sebagai memori internal untuk meningkatkan performa smartphone secara keseluruhan.

Anda tidak perlu ragu menggunakan ponsel pintar saat merekam video 4K karena kecepatan tranfer data UFS telah sanggup mengimbangi performa prosesor yang mempengaruhi proses secara keseluruhan.

Ponsel-ponsel terbaru yang baru saja dirilis saat ini pastinya telah menggunakan UFS 3.0 sebagai memori internal untuk kecepatan yang tinggi. Namun JEDEC lagi-lagi telah memperbarui dan menerbitkan versi yang lebih baru lagi pada Januari 2020 yaitu UFS 3.1.

UFS 3.1 telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang pastinya jauh mengalahkan UFS versi sebelumnya. Salah satu fitur itu diberi nama “Deep Sleep”.

Kemampuan Storage pada smartphone saat sedang tidak digunakan dapat memasuki mode “Deep Sleep” yang artinya tidur nyenyak atau seakan-akan mati sehingga bisa lebih hemat daya. Fitur ini pastinya membuat baterai ponsel pintar menjadi lebih awet dan tahan lama.

Secara terori kecepatan storage UFS 3.1 masih sama dengan UFS 3.0, namun fitur-fitur baru akan membantu kinerja yang lebih efisien dan lebih hemat daya.

Daftar Smartphone yang sudah menggunakan UFS 3.0

Samsung menjadi perusahaan teknologi yang pertama kali mengumumkan produknya yaitu Galaxy Fold dengan storage UFS 3.0. Namun OnePlus 7 Pro menjadi yang pertama kali sampai ke tangan konsumen karena bergerak lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa hp yang menggunakan UFS 3.0:

  • Samsung Galaxy Note 10
  • Samsung Galaxy Note 10 Plus
  • Samsung Galaxy Fold
  • OnePlus 7 Pro
  • OnePlus 7T dan OnePlus 7
  • Vivo Nex 3 5G
  • Xiaomi Mi 10
  • Xiaomi Mi 10 Pro

Itulah pengertian singkat mengenai UFS 3.0 pada memori internal smartphone saat ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.