Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Kontak

Posted on

Saat kita harus mengirim pesan WhatsApp ke orang yang tidak dikenal, entah itu karena urusan jual beli atau urusan lainnya, mungkin kita ingin bisa mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor kontak orang tersebut. Saya juga sering punya pikiran seperti ini, rasanya malas menambah kontak yang sudah terlalu banyak hanya untuk bisa mengirim pesan singkat satu atau dua kali saja.

Tapi sayangnya di aplikasi WhatsApp tidak ada fitur seperti itu, agar bisa mengirim pesan lewat aplikasi WhatsApp di hp, kita harus menyimpan nomor tersebut ke dalam daftar kontak kita. Nomor tersebut juga harus dinamai terlebih dahulu agar lebih mudah ditemukan, pokoknya agak ribet menurut saya.

Untungnya ada sebuah trik yang bisa kita gunakan agar bisa mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor hp terlebih dahulu. Cara inilah yang sekarang selalu saya gunakan, dan kalian juga bisa melakukannya. Caranya sangat mudah, kita tidak perlu install aplikasi apapun, yang kalian perlukan hanyalah browser dan url khusus yang sudah dimodifikasi. Berikut ini tutorialnya.

Cara mengirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor kontak

1. Buka browser

Langkah pertama adalah buka browser yang ada di hp, bisa menggunakan browser android bawaan atau menggunakan Google Chrome. Pada tutorial ini saya akan menggunakan browser Google Chrome.

2. Masukkan url pengirim pesan

cara mengirim pesan wa tanpa simpan nomor

Pada address bar browser, masukkan url berikut ini:

https://wa.me/6282310937663

Ganti nomor hp pada url tersebut sesuai dengan nomor WA tujuan yang ingin kalian kirim pesan. Nomor harus diawali dengan 62 sebagai pengganti 0. Nomor tidak perlu menggunakan karakter + di awal.

Sebagai contoh, misalnya nomor tujuan adalah 082310937663 maka di url wajib menjadi 6282310937663.

3. Tekan enter

Setelah memasukkan url pengirim pesan WhatsApp dengan benar, tekan tombol enter atau Go pada keyboard hp untuk mengeksekusi url tersebut. Tunggu sebentar, nanti kita akan dialihkan ke halaman WhatsApp click to chat.

4. Tekan tombol MESSAGE

cara kirim pesan whatsapp tanpa simpan nomor kontak

Setelah masuk ke halaman api WhatsApp click to chat, kalian akan melihat tampilan seperti pada gambar di atas. Pastikan nomor yang dituju sudah benar lalu klik tombol MESSAGE.

Jika di hp ada lebih dari satu aplikasi WhatsApp, misalnya satu akun WhatsApp biasa dan satu WhatsApp Business maka akan ada pertanyaan pada jendela pop up aplikasi mana yang ingin digunakan, pilih aplikasi yang ingin kalian gunakan dengan menekannya dua kali. Tapi kalau di hp hanya ada satu aplikasi WA maka kita akan langsung masuk ke chat.

5. Ketik pesan

Setelah menekan tombol MESSAGE kita akan dibawa ke halaman chatting WhatsApp dengan nomor tujuan yang tadi kita input. Kalian tinggal mengetik pesan seperti biasa, atau kalau sudah menyiapkan template tinggal copy-paste pesan tersebut ke chat.

6. Kirim pesan tanpa menyimpan nomor

Setelah selesai mengetik pesan, kirim pesan dengan menekan tombol kirim seperti biasa. Selanjutnya pesan akan terkirim ke nomor tujuan tanpa harus kita simpan sama sekali.

Bagaimana sangat mudah bukan?

Saya sudah sering menggunakan cara ini terutama jika ingin membeli suatu barang secara online. Biasanya para pemilik toko online juga sudah menyiapkan url ini, sehingga kita hanya perlu mengkliknya dan bisa mengirim pesan tanpa harus menyimpan kontak si penjual di hp kita. Tapi kalau mereka tidak menyiapkan url tersebut kita bisa membuatnya sendiri dengan tutorial di atas.

Trik ini bisa digunakan baik pada hp android maupun iPhone, dan bisa work di semua provider seluler, baik itu Tri, XL, Telkomsel, Axis, dan Indosat dengan syarat nomor tersebut sudah terhubung ke WhatsApp. Kalau ternyata nomor tersebut bukan nomor WA maka kita tidak bisa masuk ke chat dan akan muncul pesan error “The phone number isn’t on WhatsApp” itu artinya nomor tersebut bukan nomor WA.

Semoga membantu.

1 comment

Comments are closed.