Kelebihan dan Kekurangan Oppo A5S Plus

Posted on

Pada bulan Maret 2019 lalu Oppo telah resmi meluncurkan ponsel seri terbarunya yaitu Oppo A5S Plus di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa ponsel Oppo yang satu ini menyasar segmen kelas menengah, sehingga harganya terbilang cukup murah namun punya spek yang cukup tinggi. Oppo A5S Plus dibandrol dengan harga yang sungguh terjangkau yakni hanya Rp. 1.999.000.

Oppo A5S Plus memiliki berbagai kelebihan jika dilihat dari harganya yang tidak sampai 2 juta. Tapi di postingan ini saya tidak hanya akan mengulas kelebihan-kelebihannya saja, saya juga akan berusaha mengulas apa saja kekurangan dari Oppo A5S yang katanya merupakan HP Oppo paling murah terbaik di tahun 2019 ini.

oppo a5s plus

Spesifikasi Oppo A5S Plus

  • Dimensi: 155.9mm x 75.4mm x 8.2mm
  • Bobot: 170g
  • Layar: 6,2 inch resolusi HD+, screen to body ratio 89,35%, aspek rasio 19:9
  • Prosesor: MediaTek Helio P35, GPU Imagination GE8320
  • OS: ColorOS 5.2 berbasis Android Oreo 8.1
  • RAM: 2GB
  • Memori internal: 32GB
  • Memori eksternal: hingga 256 GB
  • Kamera belakang: 13MP (f/2.2) + 2MP (f/2.4)
  • Kamera depan: 8MP (F/2.0)
  • Baterai: 4.230mAh
  • Konektivitas: dual SIM card, Bluetooth 4.2, micro USB 2.0, jack audio 3.5mm
  • Keamanan: Fingerprint Unlock, Face Unlock
  • Warna: Merah dan Hitam

Kelebihan OPPO A5S Plus

Di tahun 2019 ini, Oppo telah mengeluarkan beberapa produk terbaru dengan spek yang makin gahar dan pastinya akan membuat Anda tergiur. Salah satunya adalah Oppo A5S Plus yang kita bahas pada postingan kali ini.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari HP Oppo A5S Plus:

1. Desain body yang slim dan terlihat mewah

Dilihat dari segi desainnya, ponsel yang dikatakan sebagai penerus Oppo A3S ini telah mengadopsi konsep desain zaman now yakni Waterdrop dipadukan dengan build Polycarbonat.

HP Oppo keluaran terbaru ini juga memiliki desain body yang slim dengan dimensi 155.9mm x 75.4mm x 8.2mm. Bingkainya juga di desain lebih tipis dengan screen-to-body ratio 89,35 persen

2. Ukuran layar yang lega berbahan Gorilla Glass

Oppo A5S Plus memiliki bentang layar sebesar 6,2 inci dengan panel IPS dengan didukung oleh resolusi 720 x 1520 piksel. Layar ini memiliki aspect ratio 19:9 serta dilindungi oleh teknologi canggih yaitu Gorilla Glass dari Corning.

3. Kamera depan beresolusi tinggi yang dilindungi poni waterdrop

Oppo A5S Plus juga dibekali dengan poni model waterdrop yang memuat kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel. Kamera ini juga dibekali dengan fitur AI Beautification 2.0.

4. Pilihan warna yang cantik dan enak digenggam

Oppo A5S hadir dengan 2 varian warna yaitu merah dan hitam, akan tetapi warna yang ada pada ponsel ini berwarna lebih pekat terus ada ring gold di bagian kamera dan finger printnya membuat Oppo A5S tampil dengan lebih elegan dan mewah.

Bukan hanya itu, ketika kita menggenggam ponsel ini rasanya seperti pas ditangan sebab ada beberapa lekukan di sisi – sisi body belakangnya. Hal ini membuat Oppo A5S Plus berbeda dibanding smartphone lainnya.

5. Kamera belakang beresolusi 13 MP dengan fitur fingerprint

Kelebihan Oppo A5S Plus lainnya terdapat pada bagian punggung ponsel Oppo A5S. Oppo A5S ini memiliki dua sensor kamera yang masing – masing mempunyai resolusi 13 megapiksel F/2.2 dan 2 megapiksel (depth sensor) F/2.4.

Kamera belakang tersebut juga telah dilengkapi dengan LED flash serta terdapat fitur pemindaian sidik jari di bagian belakang ponsel. Sedangkan untuk kamera depannya mempunyai resolusi 8 megapiksel F/2.0. Selain itu, Oppo A5S juga Meluncur dengan Poni Mungil dan Helio P35.

6. Performa mesin yang tangguh

Oppo A5S telah ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P35 dengan kecepatan clock mencapai 2,3 GHz. Chipset tersebut disandingkan dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Beralih pada aspek software, Oppo A5S telah diberkati dengan versi android atau sistem operasi yakni Android 8.1 (Oreo). Oppo A5S juga dilengkapi dengan teknologi ColorOS 5.2.

7. Kapasitas baterai yang besar dan hemat energi

Adapun salah satu kelebihan Oppo A5S Plus yang utama adalah Baterainya. Baterainya sendiri berkapasitas 4.230 mAh. Jujur saja di pasaran smartphone, kebanyakan para vendor tidak berani menawarkan harga yang cukup murah dengan kapasitas baterai 4.230 mAh. Dengan kapasitas baterai yang demikian, ponsel kita bisa tahan seharian.

Bahkan kabarnya Oppo A5S diklaim kuat bertahan hingga 17 jam pemakaian normal dan 13,5 jam untuk menonton video secara offline. Selain itu, Oppo A5S dipercaya lebih hemat baterai karena Chipset Helio P35 dibuat dengan teknologi fabrikasi 12 nm.

8. Harga yang cukup terjangkau

Kelebihan Oppo A5S Plus yang paling penting adalah harganya yang cukup terjangkau. Harga Oppo A5S Plus di Indonesia adalah Rp 1.999.000. Oppo A5S Plus sendiri bisa dibeli secara offline di gerai rekanan Oppo dan di beberapa e-commerce mitra Oppo yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai 27 Maret 2019.

Dengan desain yang mewah dan spesifikasi yang mumpuni kita hanya perlu membayar kurang dari 2 juta. Harga tersebut sudah terbilang sangat murah, sebab biasanya dengan desain dan spek seperti di atas harga dari smartphonenya bisa lebih dari 2 juta. Sedangkan untuk HP Oppo A5S plus ini hanya dibandrol dengan harga kurang dari 2 juta. Dengan harga segitu kita sudah bisa menikmati smartphone yang cukup mewah.

Anda bisa melihat HP Oppo terbaru harga 2 jutaan lainnya di sini:

5+ HP Oppo Terbaru Harga 2 Jutaan Terbaik 2019

Kekurangan Oppo A5S Plus

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Oppo A5S Plus yang perlu Anda ketahui:

1. Belum menggunakan OS android Pie

Kekurangan Oppo AS Plus yang pertama adalah versi android dari smartphone ini masih di versi 5 atau Sistem Operasinya Android 8.1 (Oreo).

Tapi kita tidak tahu ke depannya nanti bisa jadi pihak OPPO akan mengupgrade versinya ke Pie dikarenakan OPPO A5S ini baru saja rilis. Meskipun kita tidak tahu kapan Oppo A5S Plus ini akan upgrade.

2. Tidak punya fitur fast charging

Tidak memiliki fitur fast charging sehingga membuat kita lama dalam mengisi daya baterainya. Untuk kapasitas baterai 4230 mAh membutuhkan waktu 3 jam lebih untuk mengisi daya hingga full apabila dimulai dari 0 % ke 100%.

Saya rasa ini adalah kekurangan yang membuat spesifikasi HP Oppo A5S Plus ini menjadi terkesan timpang. Di satu sisi ia menawarkan kapasitas baterai yang besar namun di sisi lain tidak mendukung fitur fast charging.

Tapi pastinya kelebihan dan kekurangan dari Oppo A5S Plus ini sudah dipertimbangkan dengan harganya yang tidak sampai 2 juta. Bisa dibilang teknologi dan fitur yang diusung sudah sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.