7+ Contoh Gambar Desain Gapura HUT RI ke 74

Posted on

Salah satu cara untuk ikut memeriahkan peringatan HUT RI yang ke 74 adalah ikut mendekorasi gapura menjadi bertema merah putih dan kemerdekaan. Bahkan desain gapura sering menjadi ajang perlombaan antar desa yang cukup menarik untuk disaksikan.

Untuk menghias gapura agar terlihat bagus, kita memerlukan contoh desain yang sudah jadi sebagai inspirasi. Nah pada kesempatan kali ini teknosentrik akan berikan beberapa gambar desain gapura 17 Agustusan bertema HUT kemerdekaan RI ke 74 yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Gapura burung garuda

desain gapura 17 agustus hut ri 74 garuda
Desain gapura HUT RI ke 74 (source: myedisi.com)

Garuda adalah lambang Negara Indonesia untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan negara yang kuat. Salah satu desain gapura yang bagus untuk memeriahkan HUT RI ke 74 ini adalah bertema burung garuda.

Seperti yang kalian lihat pada gapura di atas terdapat burung garuda berwarna emas yang sedang mengepakkan sayapnya. Tiang gapura dihiasi dengan poster berbentuk tangan yang sedang mengepal yang melambangkan perjuangan.

2. Gapura bertema wayang

desain gapura 17 agustus hut ri 74 wayang
Desain gapura HUT RI ke 74 bertema wayang (source: timesjatim.com)

Ide desain gapura yang unik untuk memeriahkan 17 Agustusan nanti adalah gapura bertema wayang. Seperti yang kita tahu bahwa wayang kulit adalah salah satu kebudayaan asli Indonesia yang cukup terkenal. Masyarakat kita khususnya di Jawa sangat menyukai wayang.

Gapura di atas didesain dengan bentuk wayang gunungan dengan warna merah putih. Di sisi tiangnya terdapat foto sang proklamator dan presiden RI saat ini. Di bagian atas juga terdapat gambar peta nusantara yang berwarna emas.

Baca juga:

Desain Banner, Spanduk, Baliho, dan Logo Resmi HUT RI 74

3. Gapura tank baja

desain gapura 17 agustus hut ri 74 tank baja
Desain gapura HUT RI ke 74 bertema tank baja (source: radarmalang.id)

Desain gapura yang cukup unik ini mengangkat tema tank baja, yang sepertinya milik penjajah Belanda. Karena kita tahu bahwa pada masa-masa penjajahan dulu rakyat Indonesia tidak memiliki tank baja tapi cuma punya bambu runcing. Tapi hal itu justru menjadi bukti kalau Indonesia itu sakti, bisa mengalahkan tentara dengan tank baja hanya menggunakan bambu runcing.

Gapura di atas bisa kamu jadikan ide untuk membuat desain gapura yang unik untuk momen 17 Agustusan nanti. Namun untuk membuatnya sepertinya bukan hal yang mudah, butuh keterampilan dan kreatifitas agar hasilnya terlihat bagus.

4. Gapura dari bambu

desain gapura 17 agustus hut ri 74 bambu runcing
Desain gapura HUT RI ke 74 dari bambu (source: sindonews.com)

Gapura di atas bisa dijadikan contoh ide desain gapura dari bambu. Dibuat dari bambu yang dilenkungkan membentuk lorong dengan hiasan lampu dan bendera merah putih. Gapura ini memang bukan gapura hias 17 Agustusan tapi idenya bisa kita contoh.

Keindahan gapura yang unik ini akan semakin menarik pada malam hari pada saat lampu hiasnya menyala. Menurut sumber yang kami baca gapura tersebut ada di Padalarang, dan merupakan juara 1 pada perlombaan gapura Asian Games tahun lalu. Untuk menjadi inspirasi desain gapura unik HUT kemerdekaan RI ke 74 sepertinya juga cukup menarik.

5. Gapura batik

desain gapura 17 agustus hut ri 74 batik
Desain gapura HUT RI ke 74 bertema batik (source: tatangsobandi.com)

Batik merupakan pakaian khas Indonesia yang sering kita pakai pada acara-acara penting. Desain gapura di atas mengangkat tema batik, bisa kita lihat pada bagian tiangnya yang terbuat dari triplek dan dicat dengan motif batik Jawa. Gapura ini bisa dijadikan ide untuk mendesain gapura yang unik.

Kamu bisa menambahkan poster tokoh, atau menggabungkan dengan konsep burung garuda untuk diletakkan di bagian atasnya. Gapura di foto ini memang bukan untuk HUT RI ke 74 tapi karena desainnya yang bagus maka bisa kita jadikan contoh.

6. Gapura cinta negeri 2019

desain gapura 17 agustus hut ri 74 cinta negeri
Desain gapura HUT RI ke 74 Cinta Negeri (source: ultimagz.com)

Desain gapura di atas adalah salah satu peserta festival Gapura Cinta Negeri 2019 yang cukup unik. Gapura di bangun dari bahan-bahan yang hampir seluruhnya berasal dari alam. Tiangnya dari bambu, atapnya dari daun kelapa. Di bagian atas terlihat burung garuda yang sedang mengepakkan sayapnya, meskipun lebih mirip burung phoenix.

7. Gapura merdeka

desain gapura 17 agustus hut ri 74 unik
Desain gapura unik HUT RI ke 74 (source: 99.co)

Gapura unik yang terakhir ini merupakan buah dari keratifitas warga yang menyulap portal menjadi gapura dengan poster MERDEKA di bagian atasnya. Tiang-tiangnya terbuat dari bambu dan ada hiasan lampu warna-warni yang membuat suasana jadi hidup di malam hari.

Kata kunci: contoh gapura hut ri ke 74, gapura 17 agustus dari triplek, lomba gapura nasional 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published.