Cara WhatsApp Tidak Terlihat Online Saat Baca Pesan

Posted on

Saat chatting di WhatsApp, ada status yang muncul pada bagian atas yang menunjukkan apakah teman chatting kita itu sedang online atau tidak. Ini adalah salah satu fitur di WhatsApp yang bisa membuat kita memantau seseorang yang tidak membalas chat kita. Kalau dia sedang online tapi chat tidak dibalas, berarti dia lagi ada sesuatu.

Fitur ini cukup berguna, tapi bisa juga menjadi bumerang bagi kita, karena ada saja masanya kita sedang malas balas chat seseorang dan fitur ini bisa bikin tidak nyaman. Kenapa? Karena kita jadi ketahuan kalau sedang online main WA (chat dengan orang lain) tapi kok chat dia tidak dibalas, boro-boro dibalas, dibaca saja tidak.

Jadi daripada merasa tidak enak sama orang yang dimaksud, lebih baik kalau WhatsApp kita disetting dulu agar tidak terlihat online meskipun kita sedang asik chattingan dengan orang lain.

Pertanyaannya, apakah ada cara yang seperti itu? Sayangnya sejauh ini belum ada. Tapi ada trik yang bisa kita pakai untuk membaca pesan WhatsApp tanpa terlihat online.

Cara agar WhatsApp tidak terlihat online saat membaca pesan

1. Menggunakan WhatsApp widget

Cara pertama kita bisa menggunakan widget untuk membaca pesan WhatsApp tanpa membuka aplikasinya.

Widget ini akan menampilkan semua pesan yang belum terbaca secara penuh, jadi kita bisa membaca semua pesan masuk tanpa harus membuka aplikasi WA sama sekali. Dengan cara ini otomatis kita tidak akan terlihat online.

Caranya:

1. Tambah halaman home

Pergi ke halaman home smartphone > tap dan tahan pada layar hingga muncul menu > tekan tombol + untuk menambah halaman home yang baru.

cara agar tidak terlihat online di whatsapp

Biarkan halaman tersebut kosong. Lanjutkan ke langkah kedua.

2. Buat WhatsApp widget

Pada halaman home yang baru saja kita buat, tap+dan tahan layar hingga muncul menu > pilih Widgets.

cara baca pesan whatsapp tapi tidak online

Cara widget yang bernama WhatsApp, lalu tap satu kali.

cara setting whatsapp agar tidak terlihat online

Akan ada beberapa ukuran Widget yang bisa kita pakai, pilih widget Whatsapp 4×2 > tap dan tahan hingga widget masuk ke halaman home.

widget whatsapp untuk membaca pesan tanpa online

3. Ubah ukuran widget menjadi full

Setelah widget terpasang di halaman home, kita ubah ukurannya menjadi satu halaman penuh, agar bisa memuat pesan WhatsApp masuk yang lebih banyak.

Caranya dengan menarik sisi-sisinya hingga mentok satu layar penuh.

cara agar whatsapp tidak online saat chatting

4. Selesai, setiap pesan WA yang masuk bisa dibaca tanpa terlihat online

Selanjutnya kita tinggal menunggu saja, nanti kalau ada pesan yang masuk akan terlihat di Widget tersebut.

widget whatsapp untuk baca pesan tanpa online

Salah satu kelebihan dari widget ini adalah semua pesan WhatsApp yang masuk akan terlihat di sana, meskipun pesannya panjang akan tetap bisa kita baca secara penuh, teksnya tidak terpotong, jadi kita bisa membaca pesan tanpa harus buka aplikasi WA sama sekali. Nah secara otomatis kita juga jadi tidak terlihat online.

2. Baca pesan WhatsApp dalam mode pesawat

Cara kedua agar kita tidak terlihat online di WhatsApp adalah dengan membaca pesan yang masuk dalam mode pesawat. Triknya adalah membuka WhatsApp dalam keadaan offline. Pesan yang sudah masuk di WhatsApp itu tetap bisa kita baca meskipun tidak ada koneksi internet, inilah yang akan kita manfaatkan.

Kalian bisa menggunakan cara ini jika fitur widget belum ada di hp kalian, karena sepertinya tidak semua hp support fitur tersebut, terutama yang masih menggunakan versi android lama. Kalau mode pesawat ini pastinya ada di semua merek hp android baik itu Samsung, Oppo, Asus, Vivo, Realme, Huawei, Mito, Xiaomi, Evercross, Vodafone, Nokia, Advan, Vivan, dll termasuk iPhone yang menggunakan iOS.

Caranya:

Saat pesan sudah masuk, jangan langsung dibuka, tapi aktifkan dulu mode pesawat.

membaca pesan whatsapp offline

Setelah itu baru kita buka pesan WhatsApp tersebut. Jika tidak ada koneksi internet maka status online kita tidak akan terlihat.

Setelah membaca pesan jangan langsung matikan mode pesawat, tapi paksa berhenti dulu aplikasi WhatsApp, caranya masuk ke Settings > Apps > WhatsApp > Paksa Berhenti (Force stop)

paksa berhenti aplikasi whatsapp

Tunggu hingga beberapa saat, setelah itu hidupkan lagi WhatsApp dengan cara membuka aplikasinya.

Dengan trik ini orang yang dimaksud tidak akan tahu kalau kita pernah online. Untuk menyempurnakan trik ini kalian juga sebaiknya mematikan Read receipts dan Last seen, agar benar-benar tidak ketahuan.

3. Cara agar tidak terlihat online WhatsApp di hp Xiaomi

Untuk pengguna hp Xiaomi, ada sebuah trik yang bisa dipakai selain mengaktifkan mode pesawat.

Kalau mematikan mode pesawat maka semua koneksi ke hp akan mati, termasuk internet dan sinyal SIM, jadi kita tidak bisa nelpon, sms, dan internetan sama sekali. Nah kalau di Xiaomi ada fitur yang bisa membatasi koneksi internet untuk aplikasi tertentu saja, fitur inilah yang akan kita manfaatkan.

Triknya adalah kita matikan koneksi internet pada aplikasi WhatsApp saat kita membuka pesan, dengan demikian status online kita tidak akan terlihat.

Caranya:

Buka aplikasi Keamanan (Security)

membuat whatsapp ofline di xiaomi

Pilih menu Penggunaan data

cara tidak terlihat online whatsapp di hp xiaomi

Pilih Batasi penggunaan data

membatasi penggunaan data whatsapp di xiaomi

Hapus centang pada aplikasi Whatsapp

cara setting whatsapp tidak terlihat online xiaomi

Setelah itu buka aplikasi WhatsApp, kalian bisa bebas membaca pesan yang diinginkan tanpa memunculkan status online.

Kalau sudah selesai, hidupkan kembali koneksi data WhatsApp seperti semula.

Itulah beberapa trik yang bisa digunakan, silakan pilih sendiri mana yang bisa dipakai di hp kalian. Saya sendiri lebih suka menggunakan trik yang pertama, tapi kalau hp kalian tidak support bisa pilih yang kedua atau yang ketiga.

Penutup

Berkomunikasi lewat chatting WhatsApp sudah jadi bagian dari kehidupan kita di era millenial ini. Saya sendiri menggunakan WhatsApp untuk berbagai keperluan mulai dari komunikasi dengan keluarga, teman, hingga urusan pekerjaan.

Fitur-fitur di WhatsApp yang lengkap dan ringan membuat penggunanya seperti tak bisa lepas dari aplikasi ini. WhatsApp juga memiliki opsi pengaturan privasi yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita, seperti fitur last seen dan read receipts. Silakan kalian atur sendiri sesukanya. Khusus untuk mengakali agar tidak terlihat online saat membaca chat, kalian bisa pakai trik di atas. Semoga membantu ya.