Cara Translate Bahasa Inggris – Indonesia Secara Otomatis

Posted on

Saat sedang browsing web berbahasa Inggris kadang kita menemukan kosakata yang tidak diketahui artinya, untuk menerjemahkannya biasanya kita lakukan secara manual menggunakan aplikasi kamus. Jadi kosakata tersebut kita copy dulu kemudian paste di kamus dan muncullah terjemahannya. Kedengarannya memang tidak ada masalah dengan hal ini, tapi jika kita harus melakukannya berulangkali karena kosakata sulit yang ditemui terlampau banyak, kadang-kadang akan terasa ribet juga.

Ada cara yang lebih mudah untuk menerjemahkan kata Bahasa Inggris secara otomatis tanpa harus bolak-balik buka aplikasi kamus yaitu menggunakan ekstensi translator di browser. Ekstensi ini akan bekerja secara instan dalam menerjemahkan setiap kata atau kalimat yang kita blok. Jadi misalnya saat membaca sebuah halaman web lalu menemukan kata-kata yang kita tidak tahu artinya, kita tinggal blok kata tersebut dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia akan langsung muncul pada jendela popup.

Lihat contohnya pada gambar di bawah ini:

menerjemahkan bahasa inggris otomatis di pc

Tidak hanya bisa menerjemahkan satu kata saja, kita juga bisa menerjemahkan kalimat atau bahkan paragraf sekalipun. Caranya sama yaitu dengan blok kalimat yang ingin diterjemahkan dan jendela popup akan muncul secara otomatis. Lihat contoh pada gambar di bawah ini:

menerjemahkan kalimat inggris secara otomatis

Bagaimana, menarik sekali bukan? Dengan trik sederhana ini kita bisa menerjemahkan kosakata bahasa Inggris dengan lebih cepat tanpa harus membuka aplikasi kamus, membuat kegiatan membaca jadi lebih nyaman dan fokus. Kalau Anda tertarik untuk menggunakannya, saya akan tunjukkan caranya.

Cara menerjemahkan Bahasa Inggris secara otomatis:

  1. Buka browser Google Chrome
  2. Install plugin Google Translate dari sini: Download Google Translate for Chrome
  3. Setelah plugin terpasang klik Menu pada browser Google Chrome Anda (icon titik tiga di pojok kanan atas)
  4. Pilih More Tools
  5. Pilih Extensions
  6. Temukan ekstensi bernama Google Translate
  7. Klik Details
  8. Klik Extension options
    cara translate bahasa inggris otomatis di google chrome
  9. Ganti My Primary Language menjadi Bahasa Indonesia (Indonesian)
  10. Pada opsi Pop-up translations centang Immediatelly display popup
  11. Klik Save
    cara translate bahasa inggris indonesia otomatis di pc

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba buka halaman web berbahasa Inggris. Setelah itu blok sebuah kata dengan cara klik dua kali, nanti jendela popup terjemahan akan langsung muncul secara otomatis.

Bila popup terjemahan dalam Bahasa Indonesia belum muncul, coba klik pada icon ekstensi Google Translate yang ada pojok kanan atas kemudian klik Reload. Setelah itu coba lagi blok kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan, seharusnya sekarang terjemahannya sudah bisa muncul.

Trik ini bisa Anda pakai baik pada Windows, MacOS, maupun Linux. Syaratnya kita punya browser Google Chrome yang sudah terinstall.

Bagaimana jika ingin translate secara otomatis pada aplikasi lain selain browser? Nah untuk melakukan hal ini kita menggunakan bantuan aplikasi kamus bernama QTranslate. Aplikasi kamu ini punya mode Instant translation yang bisa menerjemahkan kata dan kalimat pada hampir semua aplikasi teks editor secara otomatis.

Saya sudah pernah membahasnya pada postingan sebelumnya, jika tertarik untuk mencobanya Anda bisa melihat caranya di sini: Aplikasi kamus QTranslate

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *