3 Cara Upload Foto, Video, dan Story di Instagram Lewat PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

Posted on

Ada masanya di mana kita merasa malas memindahkan foto atau video dari laptop ke hp saat mau mempostingnya ke Instagram. Di saat inilah trik cara upload foto dan video di Instagram dari laptop bisa berguna. Caranya tidaklah sulit, bahkan kita bisa melakukannya tanpa aplikasi tambahan.

Yang kita perlukan adalah browser seperti google chrome, mozilla firefox, opera, atau safari serta akun Instagram yang aktif, dan yang paling penting file foto dan video yang mau diupload juga harus ada. Oke langsung saja,

Berikut ini adalah 3 cara upload foto, video, dan IG story dari laptop atau PC yang bisa kalian coba:

1. Upload foto, video, dan IG Story lewat google chrome

Cara yang pertama adalah menggunakan google chrome, saya asumsikan kalian sudah punya browser ini di laptop, kalau belum silakan download dan install dulu.

Selanjutnya buka google chrome, lalu masuk ke website instagram.com dan login dengan akun yang kalian punya.

Masuk ke halaman profil, nanti akan terlihat akun kita dengan tampilan instagram versi web. Di sana tidak ada fasilitas atau tombol upload seperti pada apps yang di smartphone. Untuk memunculkan tombol upload ini kita bisa melakukan sedikit trik.

Caranya dengan menekan tombol CTRL + Shift + i

Nanti akan muncul console panel di sebelah kanan. Di sana akan muncul banyak tab dan menu, serta source code website. Tapi jangan takut, kita sama sekali tidak akan menyentuh kode-kode itu.

Yang perlu diklik hanya tombol device toolbar untuk merubah tampilan menjadi tampilan mobile. Lihat gambar berikut:

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 1

Setelah tombol diklik, maka tampilan web instagram akan berubah menjadi tampilan mobile. Tapi sampai di sini kita masih belum bisa posting karena tombol upload seperti di aplikasi belum muncul.

Langkah selanjutnya adalah lihat ke bar bagian atas. Klik pada menu responsive, lalu ganti menjadi device atau smartphone yang diinginkan. Pada tutorial ini saya menggantinya menjadi iPhone X.

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 2

Setelah device berganti menjadi iPhone X, refresh browser dengan menekan tombol F5.

Boom! Kalian akan melihat tombol + untuk upload foto dan video sudah muncul. Sama persis tampilannya seperti di smartphone.

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 3

Untuk posting atau upload foto ke IG lewat laptop ini sama caranya seperti dari smartphone. Cukup klik tombol + lalu pilih file yang ingin di upload, isi caption, tag, dst.

Untuk upload IG Story pun sama caranya dengan di hp, kalian cukup klik tombol home. Lalu klik Your story di pojok kiri atas. Nanti akan langsung mengarah ke file explorer. Pilih file yang mau dijadikan IG story dan klik open.

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 4

2. Menggunakan browser Mozilla Firefox

Kita bisa juga menggunakan Mozilla Firefox untuk posting di IG dari pc. Caranya hampir sama dengan chrome, hanya saja tampilannya yang sedikit berbeda.

Pertama buka dulu Firefox, masuk ke web instagram.com lalu login dengan akun yang kita punya. Nanti akan muncul tampilan instagram versi web. Masuk ke halaman profile kita.

Munculkan panel console firefox dengan menekan tombol CTRL + Shift + i.

Nanti akan muncul jendela console pada bagian bawah browser. Fokus ke bagian pojok kanan. Di sana ada tombol device, klik tombol tersebut.

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 5

Setelah tombol device diklik, nanti tampilan web instagram akan berubah seperti di hp. Nah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengganti jenis devicenya agar tombol upload muncul.

Menu untuk mengganti device ada di pojok kiri atas. Klik menu tersebut dan ganti jadi device yang diinginkan. Saya menggantinya menjadi iPhoneX. Berikut screenshot full screen agar lebih mudah memahami tata letaknya:

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 6

Setelah device diganti menjadi iPhone X atau apa saja yang kalian inginkan. Tutup jendela console. Lalu refresh brwoser dengan menekan tombol F5. Nanti tombol upload foto, video, dan IG Story akan muncul persis seperti yang ada di aplikasi instagram smartphone.

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 7

Untuk upload foto dan video tinggal klik tombol +, untuk upload IG Story tinggal klik tombol Your story. Selesai.

3. Menggunakan emulator android

Cara posting Instagram lewat PC yang terakhir adalah dengan menggunakan emulator android. Jika kedua cara sebelumnya kita menggunakan browser untuk upload foto dan video di IG tanpa harus install aplikasi tambahan, pada cara ini kita harus install dulu emulator di PC atau laptop kita.

Kelebihan cara ini adalah lebih simpel, kita tidak perlu membuka panel console dan melakukan langkah-langkah di atas setiap kali mau upload. Cukup dengan membuka aplikasi Instagram di emulator lalu upload seperti biasa. Selain itu aplikasi Instagram yang digunakan juga aplikasi resmi dari Playstore, jadi fitur dan tampilannya sama persis dengan yang di smartphone.

Beberapa rekomendasi emulator terbaik yang bisa kalian coba:

Berikut ini cara upload foto, video, dan IG story menggunakan emulator android:

Install dulu emulator android, pada tutorial kali ini saya akan menggunakan MEmu Player.

Download MEmu Player versi terbaru

Setelah selesai install emulator, buka Playstore, login pakai akun google, lalu install aplikasi Instagram.

Jika Playstore belum terinstall di emulator yang kalian pakai maka install dulu secara manual menggunakan file Apk.

Download Playstore Apk

Setelah Instagram diinstall langsung saja buka, lalu login seperti biasa dengan akun Instagram milik kalian. Tampilan aplikasi Instagram di emulator akan terlihat sama persis dengan yang biasa kita pakai di smartphone, begitu pula dengan fitur-fitur dan cara postingnya.

cara upload foto dan video instagram dari pc atau laptop 11

Untuk upload foto, video, dan IG story lewat PC menggunakan emulator ini caranya sama seperti biasa. Yang perlu diperhatikan adalah kita harus menempatkan file yang akan diupload di shared folder antara emulator dan sistem komputer kita.

Pada MEmu shared foldernya berada di direktori:

C:\Users\Nama User\Pictures\MEmu Photo

Semua file yang akan diupload baik foto maupun video harus diletakkan di direktori itu dulu agar nanti bisa muncul di aplikasi IG emulator. Hal ini juga berlaku jika kalian menggunakan emulator yang lain.

4 comments

    1. Iya barusan sy coba udah gabisa untuk video. Pake emulator MEmu aja bro, masih lancar jaya.

Comments are closed.