2 Cara Mengunci Hp Samsung Yang Hilang dan Menghapus Datanya

Posted on

Selain bisa digunakan untuk melacak hp Samsung yang hilang, fitur Find My Mobile juga bisa digunakan untuk menguncinya dari jarak jauh serta menghapus data-data yang ada di memori internal.

Saat kita mengalami kehilangan hp Samsung dan hp tersebut tidak kita set kunci pola atau PIN maka orang yang menemukannya akan bisa membukanya dengan mudah.

Tentu saja kita tidak menginginkan hal ini terjadi, dan cara yang paling efektif untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menguncinya dari jarak jauh.

Pada kesempatan kali ini teknosentrik akan berikan tutorial cara mengunci dan menghapus data di hp Samsung yang hilang dari jarak jauh.

Menggunakan Samsung Find My Mobile

Cara pertama yang paling mudah untuk mengunci hp Samsung yang hilang dan menghapus data-data yang ada di memori internalnya adalah dengan memanfaatkan fitur Find My Phone.

Fitur ini merupakan fitur pelacakan resmi dari Samsung yang bisa kita gunakan saat kehilangan hp. Selain bisa untuk melacak lokasi, fitur ini bisa juga kita gunakan untuk mengunci hp yang hilang dan menghapus data.

Hal ini sangat berguna sekali untuk mencegah data-data penting yang ada di hp agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengunci hp Samsung dengan Find My Mobile syaratnya hp yang hilang itu harus sudah terhubung dengan akun Samsung (sudah login) dan dalam keadaan online.

Kita juga membutuhkan perangkat lain yang ada koneksi internetnya, bisa laptop, hp lain, atau tablet untuk melakukannya.

Cara mengunci hp Samsung yang hilang dan menghapus data di memori internal:

  • Buka browser > masuk ke halaman: https://findmymobile.samsung.com/
  • Login dengan akun Samsung yang terhubung dengan hp yang hilang.
  • Kita akan di bawa ke halaman utama yang berisi map dan status hp.
  • Lihat pada bagian tools sebelah kanan, di sana ada keterangan apakah hp dalam keadaan hidup (online) atau mati.
  • Untuk mengunci Samsung yang hilang tersebut tekan tombol Lock.
  • Untuk menghapus data di memori internalnya tekan tombol Erase data.
cara mengunci hp samsung hilang dan menghapus data dari jauh

Jika hp Samsung yang hilang itu ternyata mati karena baterainya habis atau dimatikan oleh orang yang menemukannya, maka pada saat dihidupkan dan kembali online hp akan tetap terkunci dan terhapus datanya. Syaratnya adalah hp harus online alias konek ke internet.

Kalau hp tidak online, mungkin karena orang yang menemukan hp tersebut paham dengan hal ini maka hp tidak akan bisa kita kunci dari jarak jauh maupun menghapus data-data di memori internalnya.

Selain bisa digunakan untuk mengunci dan menghapus data pada hp yang hilang, fitur Find My Mobile ini juga bisa kita manfaat untuk melacak hp Samsung yang hilang dalam keadaan mati. Caranya adalah dengan memanfaatkan Last location yang dikirimkan hp sesaat sebelum hp tersebut mati.

Menggunakan Google Find Your Phone

Selain untuk melacak hp hilang, aplikasi Google Find Your Phone juga bisa kita gunakan untuk mengunci dan memblokir hp Samsung yang hilang serta menghapus data-data yang ada di dalamnya dari jarak jauh.

Semua smartphone dengan OS android pasti terhubung dengan minimal satu akun Google untuk download aplikasi dari Playstore. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mengunci hp Samsung yang hilang dari jauh dengan menggunakan fitur Google Find Your Phone.

Syaratnya juga sama, hp yang hilang tersebut juga harus dalam keadaan online alias terhubung ke internet.

Kita membutuhkan laptop yang terhubung ke internet untuk melakukan trik ini.

Cara mengunci hp Samsung hilang dan menghapus data dari jarak jauh menggunakan Google Find Your Phone:

  • Buka browser lalu masuk ke halaman: https://myaccount.google.com/intro/find-your-phone
  • Login dengan akun Google / Gmail yang terhubung dengan hp.
  • Pilih hp Samsung yang hilang
  • Untuk mengunci atau memblokir hp pilih menu Lock your phone.
  • Untuk menghapus data-data yang ada di memori internal pilih Consider erasing your device.
cara memblokir mengunci hp samsung hilang dan menghapus data di memori

Setelah hp dikunci, orang yang menemukan hp tersebut tidak akan bisa membukanya kecuali dengan login menggunakan akun Gmail kita. Data-data yang dihapus dengan cara ini hanyalah data yang ada di memori internal, sedangkan data di memori internal tetap ada dan tidak bisa dihapus menggunakan cara ini.

Google Find Your Phone juga bisa digunakan di hp dengan mendownload aplikasinya di Playstore, namanya Google Find My Device. Untuk menggunakannya kita tinggal install aplikasinya lalu login dengan akun Google, sisanya sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.