Cara Mengubah Warna Latar Balakang Pas Foto (Merah, Biru, Kuning)

Posted on

Sebenarnya untuk mengganti background foto menjadi merah, biru, kuning, hijau, hitam, atau warna lainnya bukanlah hal yang sulit. Di Windows 10 kita bisa menggunakan aplikasi PhotoScape X yang bisa diunduh secara gratis dari Microsoft Store. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi editor foto favorit saya saat ini, karena menggunakannya sangat mudah, tampilannya sederhana, namun fitur-fiturnya cukup lengkap.

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana caranya mengganti latar belakang pas foto di Windows 10 menggunakan aplikasi PhotoScape X. Buat kalian yang belum punya aplikasinya silakan download dulu dari Microsoft Store atau bisa juga lewat sini:

http://x.photoscape.org/

Mengapa saya gunakan aplikasi ini, alasannya karena menggunakannya mudah, dan skill editing foto saya juga sangat terbatas jadi lebih suka yang simpel-simpel saja. Edit background foto dengan aplikasi ini dijamin sangat mudah, apalagi kalau background fotonya solid, sebentar saja kelar.

Setelah install aplikasinya di PC atau laptop, ikuti tutorial berikut ini.

Cara ganti background foto menggunakan PhotoScape X di Windows 10

1. Buka aplikasi PhotoScape X

Pertama buka dulu aplikasi PhotoScape X. Saat pertama kali dibuka tampilannya akan seperti ini.

tampilan aplikasi photoscape x

Pada halaman home ini berisi tutorial singkat mengenai semua fitur yang ada di PhotoScape, semacam panduan dimana kita bisa menemukan fitur tersebut di editor.

2. Masuk ke menu Cut Out

cara mengganti background foto di windows 10

Selanjutnya perhatikan pada menu bar bagian atas, klik pada menu Cut Out. Ini adalah fitur yang berguna untuk menghilangkan background foto dengan cara klik-klik saja.

3. Masukkan foto yang akan diedit

Untuk memasukkan gambar caranya bisa dengan drag-drop foto langsung ke area kosong di editor Cut Out atau melalui panel Explorer sebelah kiri. Masukkan foto yang ingin kalian edit ke sana.

4. Hilangkan background

Selanjutnya kita akan menghilangkan atau menghapus dulu background foto yang ingin diganti warnanya. Cara paling mudah adalah menggunakan tool Magic Eraser. Settingan lainnya lihat gambar di bawah ini:

cara edit background foto menjadi merah biru kuning

Pada opsi Tolerance naikkan jadi 100, atau nanti kalian bisa eksperimen dulu mana yang hasilnya lebih bersih. Pada foto ini saya mendapatkan hasil yang paling bersih pada angka 100.

Centang pada opsi Contiguous, Anti-alias (agar ujung-ujungnya lebih halus), dan Trim Transparent Pixels (supaya background jadi transparan).

Langkah selanjutnya adalah menghilangkan warna background. Caranya dengan klik pada area yang memiliki warna serupa, kalau kalian mengedit pas foto pasti akan lebih mudah lagi karena warna latar belakangnya sudah solid dan satu warna.

menghilangkan dan mengganti warna latar belakang foto di windows 10

Pada tutorial ini saya mengedit foto pas foto Tante Susan dengan warna latar belakang hitam solid, sehingga dengan satu kali klik menggunakan Magic Eraser tool backgroundnya langsung terhapus semua.

Kalau masih belum rata, perbesar tampilan foto dengan cara scroll mouse ke atas, lalu arahkan ke area yang belum bersih kemudian klik lagi menggunakan Magic Eraser tool. Ulangi langkah ini hingga semua background terhapus dengan rata.

5. Simpan foto dengan format PNG

Setelah background foto dihapus bersih, selanjutnya simpan foto dengan format PNG agar nanti kita bisa dengan mudah mengganti warna latar balakangnya sesuai dengan keinginan. Caranya klik pada tombol Save di menu bar pojok kanan bawah > tentukan lokasi penyimpanan > Save.

6. Masuk ke menu Editor

menu editor photoscape x

Kembali ke aplikasi PhotoScape X, klik pada menu Editor. Di sinilah kita akan mengedit warna latar belakang foto tadi menjadi merah, biru, kuning, hijau, atau warna apa saja sesukanya.

7. Buat kanvas baru dengan warna background sesuai kebutuhan

cara mengganti background foto jadi merah biru kuning hijau di windows 10

Pada jendela editor klik pada tombol New untuk membuat kanvas baru, kemudian tentukan ukuran lebar dan panjangnya (dalam satuan pixel), pilih juga warna background sesuai dengan warna yang diinginkan, pada contoh ini saya pilih warna merah. Setelah itu klik OK.

8. Masukkan foto PNG

Selanjutnya masukkan foto yang PNG yang tadi sudah kita hilangkan latar belakangnya, caranya klik dulu tombol Insert di menu bar pojok kanan atas > pilih Image > pilih foto PNG.

cara edit background foto di windows 10

Setelah gambar masuk ke editor, ubah sesuaikan ukurannya dengan kanvas dengan cara tarik ujung-ujungnya. Sampai di sini sebenarnya sudah selesai, tapi kalau kalian masih melihat ada bagian ujung-ujung foto yang masih belum bersih maka bisa dibersihkan lagi agar lebih bagus.

9. Haluskan foto

Untuk menghaluskan foto agar terlihat serasi dengan background dan tidak ada bagian yang kotor saya biasanya menggunakan tool Draw atau Blur. Caranya klik pada menu Tools > kemudian pilih Draw / Blur.

menghaluskan foto agar serasi dengan warna background

Jika menggunakan Draw maka pilih warna yang sama persis dengan warna latar belakang foto, misalnya merah (#fc3d03) maka warna brush yang dipilih juga harus sama persis. Selanjutnya kita tinggal membersihkan bagian ujung-ujung foto hingga halus.

menghaluskan foto dengan tool draw

Jika menggunakan Blur maka yang wajib di pilih adalah mode Blur kemudian pada opsi Strength dikecilkan, angka yang paling pas biasanya 5-10, tapi kalian bisa sesuaikan sendiri tergantung dari kondisi foto yang diedit. Opsi yang lain silakan disesuaikan.

cara mengganti warna latar belakang foto dengan sempurna

Selanjutnya kalian tinggal haluskan ujung-ujung foto dengan tool Blur hingga tidak terlihat lebih natural dan bersih. Gunakan scroll mouse untuk mengecilkan dan membesarkan foto untuk mempermudah proses editing.

10. Simpan foto yang sudah jadi

pas foto background merah kuning hijau biru

Setelah foto dirasa sudah bagus, klik tombol Save > Save As untuk menyimpan foto. Selesai.

Di atas adalah beberapa contoh foto Susan yang saya edit warna latar belakangnya menjadi merah, kuning, hijau, dan biru. Lumayan bagus bukan? Saya mengerjakannya hanya dalam waktu beberapa menit saja, sangat mudah.

PhotoScape X ini cocok untuk mengedit cepat pas foto yang warna backgroundnya solid, misal hanya ingin mengubah latar belakang dari biru ke merah atau sebaliknya, maka aplikasi ini cocok sekali untuk digunakan dibanding aplikasi lain yang pengoperasiannya lebih rumit. Semoga membantu.