Cara Menggunakan 2, 3, atau Banyak Akun WhatsApp di Satu PC & Laptop

Posted on

Menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop hanya memungkinkan kita membuka satu akun dalam satu waktu, jika ingin membuka akun lain kita harus logout terlebih dahulu. Bagaimana jika keperluan menuntut kita harus bisa membuka banyak akun WhatsApp secara bersamaan?

Bisakah kita menginstall dan menggunakan 2, 3, atau bahkan lebih banyak akun WhatsApp dalam satu PC atau laptop? Jawabannya tentu saja bisa.

Ada banyak pilihan cara untuk melakukannya, pada kesempatan kali ini saya akan rekomendasikan cara yang paling mudah untuk kalian coba. Berikut ini adalah 3 cara menggunakan banyak akun WA secara bersamaan dalam satu komputer.

Cara membuka 2 akun WhatsApp Web dengan browser

Untuk membuka banyak akun WA di PC tanpa aplikasi tambahan, kita bisa menggunakan browser seperti Chrome dan Mozilla Firefox. Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan beberapa profile berbeda untuk tiap akun yang akan dibuka.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Google Chrome > Setting > Manage other people > Add person

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat beberapa profile sesuai dengan jumlah akun WA yang akan dibuka. Caranya dengan masuk ke setting lalu pilih manage other people dan klik tombol Add person.

Cara membuka banyak akun WhatsApp dengan browser chrome 1

2. Tambahkan profile baru

Setelah klik tombol Add person. akan muncul jendela baru untuk menambahkan profile seperti gambar di bawah. Beri nama “Akun WhatsApp – 1” > pilih icon > centang pada Create a desktop shortcut for this user > lalu klik Add.

Cara membuka banyak akun WhatsApp dengan browser chrome 2

3. Tambahkan beberapa profile lagi sesuai kebutuhan

Jumlah profile Chrome ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan kalian, jika hanya butuh membuka 2 atau 3 akun WA maka buat saja 2 atau 3 profile. Beri nama berurutan agar lebih mudah mengaturnya.

4. Login akun WhatsApp pada tiap profile browser Chrome

Setelah selesai membuat pforile sesuai kebutuhan, nanti di desktop akan muncul shortcut tiap-tiap profile. Buka satu per satu dan login dengan menggunakan akun WhatsApp kalian. Cara loginnya sama seperti biasa dengan mengakses halaman https://web.whatsapp.com/

5. Jangan bersihkan cache agar tidak perlu login berulang-ulang tiap kali membuka WhatsApp Web

Saat selesai menggunakan WA di tiap-tiap profile chrome langsung saja tekan tombol close, jangan logout atau membersihkan cache. Hal ini agar kita bisa membuka WhatsApp Web tanpa scan barcode berulang-ulang.

Kelebihan menggunakan browser untuk membuka 2 akun WhatsApp atau lebih:

  • Tidak perlu install aplikasi tambahan, cukup menggunakan browser
  • Bisa membuka unlimited akun WhatsApp dalam 1 PC

Kekurangannya:

  • Harus ada hp yang aktif. Tiap akun yang dibuka di browser harus login juga di hp yang aktif dan terkoneksi ke internet. Jika hp mati maka WA tidak bisa dibuka di browser.
  • Bila cache di browser expired atau tidak sengaja dibersihkan maka harus login ulang.
  • Semakin banyak profile browser yang dibuka akan semakin banyak memakan resource (RAM)

Membuka banyak aplikasi WhatsApp dengan emulator android

Kita juga bisa membuka 2 akun WhatsApp atau lebih dalam 1 PC dengan menggunakan emulator android. Cara ini cocok dipakai jika hp yang kita punya tidak banyak, karena cara ini tidak membutuhkan hp yang selalu aktif tiap kali ingin membuka aplikasi WA via emulator.

Install dulu emulator android yang sesuai dengan spek komputer kalian, beberapa pilihan yang direkomendasikan:

5 Rekomendasi Emulator Android Terbaik Paling Ringan

3 Emulator Android Untuk RAM 1 GB

Setelah install emulator, langsung download aplikasi WhatsApp dan login dengan akun yang kita punya. Untuk login akun selanjutnya kita tinggal buat virtual machine yang baru. Emulator yang ada saat ini rata-rata sudah menyediakan fitur multi instance yang memungkinkan kita membuat beberapa virtual android dengan mudah.

Lihat tutorialnya di sini:

Cara Menggunakan WhatsApp di PC Tanpa Hp

Kelebihan menggunakan emulator:

  • Bisa login WhatsApp di PC tanpa hp
  • Bisa membuka unlimited akun sekaligus

Kekurangannya:

  • Berat. Tidak cocok dipakai jika kita punya spek komputer yang rendah
  • Kemungkinan ada bug pada emulator

Menggunakan aplikasi Franz

Ini adalah cara favorit saya untuk mengelola banyak akun WhatsApp dalam 1 PC. Kita bisa membuka semua akun WA yang kita punya secara bersamaan dalam 1 aplikasi yang sama. Jadi tidak perlu membuka banyak jendela karena kita tinggal berpindah tab untuk membuka WA yang lain.

Selain bisa untuk WhatsApp, Franz juga support untuk FB Mesengger, Telegram, Gmail, Outlook, Skype, Twitter, hingga Discord. Aplikasi ini cocok untuk kalian yang punya banyak akun mesengger untuk keperluan bisnis. Dijamin pekerjaan akan jadi lebih mudah.

Langsung saja baca tutorialnya di sini:

Cara Membuka Unlimited Akun WhatsApp Dalam 1 Aplikasi

Kelebihan cara ini:

  • Ringan
  • Semua akun WA bisa dibuka dalam 1 aplikasi
  • Aplikasi gratisan rasa premium
  • Management akun jadi lebih mudah
  • Bisa digunakan di Windows, macOS, dan Linux.

Kekurangannya:

  • Harus ada hp yang aktif. Sama seperti WhatsApp Web yang tidak bisa login jika hp dalam keadaan mati atau tidak ada koneksi internet.
  • Tidak bisa jalan di Windows XP. Minimal OS kita harus Windows 7 ke atas.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.