Cara Mengganti Tema di Windows 10

Posted on

Kadang ada masanya kita merasa bosan dengan tema Windows 10 yang itu-itu saja. Nah untuk mengatasi kebosanan ini kita bisa menggantinya dengan tema lain untuk menghadirkan suasana baru.

Untungnya mengganti tema di Windows 10 caranya sangat mudah. Ada banyak sekali tema-tema cantik yang bisa kita dapatkan dengan gratis.

Kita bisa mendapatkan tema secara gratis langsung dari Microsoft Store tanpa harus mendownload file lain. Cara ini lebih gampang dan minim risiko menimbulkan error.

Cara mengganti tema di Windows 10

1. Masuk ke menu Personalise

Pertama kita masuk dulu ke menu personalise, cara paling cepat adalah dengan klik kanan pada area kosong di desktop lalu pilih Personalise.

Cara mengganti tema windows 10 1

2. Klik pada menu Themes

Selanjutnya klik Themes untuk masuk ke pengaturan tema di Windows 10.

Cara mengganti tema windows 10 2

3. Klik Get more themes in Microsoft Store

Untuk menginstall tema baru dari Microsoft Store kita langsung klik pilihan ini:

Cara mengganti tema windows 10 3

4. Pilih tema yang diinginkan lalu klik Get untuk install

Kita akan dibawa ke jendela Microsoft Store, di sana ada banyak sekali pilihan tema gratis yang bisa kita install. Pilih tema yang kalian inginkan lalu klik Get untuk menginstallnya ke Windows 10.

Cara mengganti tema windows 10 4

5. Kembali ke menu Themes lalu ganti aktifkan tema yang baru saja diinstall

Setelah tema berhasil didownload dari Microsoft Store, maka selanjutnya kita tinggal mengaktifkannya dari menu Themes. Selesai

Cara mengganti tema custom di Windows 10

Jika kalian tidak menemukan tema yang sesuai dengan selera di Microsoft Store, maka kita bisa menggunakan tema custom yang banyak tersedia secara gratis di internet. Kita bisa menggunakan tema custom untuk mengubah tampilan Windows 10 secara keseluruhan dengan lebih leluasa.

Dengan tema custom kita bisa mengubah tampilan Windows 10 seperti layaknya macOS, Ubuntu, Android, atau mengembalikannya seperti tampilan Windows 7.

Tapi sebelum menginstall tema custom, pastikan dulu laptop kalian melebihi spesifikasi minimum untuk Windows 10, karena kalau pas-pasan bisa saja menyebabkan sistem malah jadi lemot.

Untuk menginstall tema custom ke Windows 10 kita membutuhkan aplikasi bernama UxStyle. Aplikasi berfungsi sebagai patcher agar tema Non-Microsoft Store bisa kita install di Windows 10.

Install dulu UxStyle

Setelah UxStyle diinstall, restart komputer.

Lalu download tema custom yang diinginkan, kalian bisa mencari tema-tema Windows 10 keren di situs seperti deviantart. Di sana ada banyak sekali koleksi tema-tema Windows 10 yang bisa didapatkan secara gratis.

Setelah tema yang diinginkan selesai didownload, ekstrak filenya. Jika tema tersebut menyediakan versi berbeda-beda sesuai dengan versi Windows-nya, pastikan kita menggunakan versi yang sesuai dengan Windows 10 di komputer kita.

Cek versi Windows dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik winver, klik OK.

Cara mengganti tema windows 10 6

Setelah menemukan file tema yang sesuai dengan versi Windows, copy file yang sudah diekstrak tadi ke direktori:

C:\Windows\Resources\Themes

Pastikan file yang berekstensi .theme diletakkan di root folder seperti ini:

Cara mengganti tema windows 10 5

Untuk mengaktifkan tema custom caranya sama dengan mengganti tema seperti biasa. Masuk ke menu Personalize > Theme. Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar kita akan melihat tema custom yang sudah kita download tadi. Langsung klik untuk mengaktifkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.