Cara Mengganti Nomor WhatsApp Yang Sudah Tidak Aktif

Posted on

WhatsApp tetap bisa digunakan meskipun nomor yang ada di dalamnya sudah tidak aktif lagi, tapi kalau sewaktu-waktu hp kita error yang membuat kita harus reset ulang maka semua chat WhatsApp akan hilang karena kita tidak bisa login dengan nomor tersebut.

Mengapa tidak bisa login dengan nomor yang sudah tidak aktif? Jelas saja tidak bisa, karena ketika login WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi via SMS ke nomor yang dipakai, kalau nomornya tidak aktif bagaimana mau menerima SMS? Ya tidak bisa.

Jadi untuk mencegah agar chat kita yang sudah ribuan termasuk di dalamnya chat mengenai pekerjaan, info-info penting, atau percakapan lain yang ingin tetap kita simpan tidak hilang, maka nomor yang sudah tidak aktif tersebut sebaiknya diganti dengan yang baru.

Untungnya di WhatsApp sudah disediakan fitur untuk mengganti nomor, dan caranya juga sangat mudah. Hanya perlu beberapa langkah saja. Pada kesempatan kali ini saya akan tunjukkan bagaimana caranya.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp

1. Pastikan nomor yang baru dalam keadaan aktif

Langkah pertama adalah mengaktifkan nomor pengganti yang baru. Saat ini nomor perdana harus diaktivasi dulu menggunakan NIK KTP dan KK, aktifkan dulu nomor tersebut. Kalian bisa gunakan slot SIM 2 atau kalau tidak ada bisa gunakan hp lain. Intinya nomor harus aktif dan bisa menerima SMS verifikasi.

2. Buka aplikasi WhatsApp lalu masuk ke Settings

cara mengganti nomor whatsapp dengan nomor yang baru

Langkah kedua adalah buka aplikasi WhatsApp lalu ketuk icon titik tiga di pojok kanan atas > pilih Settings.

3. Pilih Account

cara mengganti nomor whatsapp yang sudah tidak aktif 1

Setelah masuk ke menu Settings WA akan terlihat beberapa pilihan > ketuk pada pilihan Account.

4. Pilih Change number

ganti no wa dengan yang baru

Pada settingan Account kita bisa mengatur berbagai hal mulai dari Privacy, Security, hingga menghapus akun. Untuk mengganti nomor WhatsApp lama ketuk pada pilihan Change number.

5. Pilih Next

mengganti nomor wa yang sudah mati

Selanjutnya akan muncul keterangan “Mengganti nomor WhatsApp akan memindahkan semua informasi akun, grup, dan settingan. Sebelum mengganti nomor, pastikan nomor baru bisa menerima SMS atau telepon verifikasi. Jika Anda memiliki nomor baru dan hp baru, maka pertama-tama ganti dulu nomor di hp yang lama.”

Langsung saja ketuk NEXT.

6. Ganti nomor lama dengan yang baru

ganti nomor wa lama dengan yang baru

Masukkan nomor lama pada isian Old phone number. Masukkan nomor baru pada isian New phone number. Ketuk NEXT. Selanjutnya teruskan hingga proses selesai.

Jika kalian ingin memindahkan akun WhatsApp ke hp yang baru, jangan lupa untuk membuat backup chat, media, dan kontak terlebih dahulu. Tujuannya agar nanti di hp yang baru kita bisa kembalikan lagi semua chat yang ada.

Caranya bisa lihat di sini:

Cara backup chat, kontak, dan media WhatsApp

Setelah membuat backup dan mengganti nomor maka kita sudah bisa memindahkannya ke hp baru dengan aman.

Itulah cara mudah mengganti nomor WhatsApp yang sudah tidak aktif dengan nomor yang baru. Semoga membantu.