Cara Mengembalikan File Yang Kena Replace (Tertimpa) Di Windows

Posted on

Saat melakukan copy-paste file ke folder yang sudah ada file dengan nama yang sama di sana, Windows akan memberikan pilihan apakah kita ingin me-replace file di folder tersebut. Jika kita memilih yes maka file di folder itu akan tertimpa dengan file yang baru.

Tapi kadang-kadang kita tidak sengaja melakukan replace pada file yang penting atau masih dipakai, tentu saja hal ini akan jadi masalah karena Windows tidak menyediakan fitur untuk undo replace file. Kita harus mencari cara lain untuk mengembalikan file yang ke replace tersebut.

Di postingan ini saya akan sharing bagaimana caranya mengembalikan file yang tertimpa di Windows dengan mudah. Kita akan melakukannya dengan bantuan aplikasi Recuva yang merupakan salah satu aplikasi recovery data terbaik di Windows. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara mengembalikan file yang tertimpa (replace) di Windows

1. Download aplikasi Recuva

Langkah pertama kita perlu mendownload dulu aplikasi Recuva terbaru. Kalian bisa menggunakan versi freeware yang gratis. Langsung saja download aplikasinya dari sini

2. Install Recuva di PC atau laptop

Setelah selesai didownload, install aplikasinya. Cara installnya sama seperti biasa.

3. Masuk ke direktori folder yang file di dalamnya tereplace

Selanjutnya buka file explorer, masuk ke direktori tempat folder berada. Ingat ya, kita tidak masuk ke dalam foldernya, tapi direktori tempat folder tersebut berada. Jadi misal file yang terreplace itu ada di D:/Folder maka kita cukup masuk ke direktori D: saja.

Pada tutorial ini saya mereplace 10 file yang ada di folder bernama FOLDER TESTING sebagai contoh.

Cara mengembalikan file yang ke replace 1

4. Klik kanan pada folder > Scan for deleted files

Untuk mengembalikan file yang tertimpa di dalam folder tersebut kita tinggal klik kanan pada foldernya, lalu pilih Scan for deleted files.

Cara mengembalikan file yang ke replace 2

5. Tunggu hingga proses selesai

Recuva akan melakukan scanning file-file yang sudah terhapus di folder tersebut, termasuk file yang terreplace secara tidak sengaja tadi.

Cara mengembalikan file yang ke replace 3

6. Pilih file yang akan dikembalikan > Recover

Setelah proses scanning selesai nanti akan muncul daftar file yang kena replace maupun file yang sudah terhapus. Kita tinggal memilih file mana saja yang ingin dikembalikan lalu klik Restore.

Contohnya seperti gambar di bawah ini, file yang tadi saya replace muncul di dalam daftar dan siap untuk direstore kembali.

Cara mengembalikan file yang ke replace 4

Cara mengembalikan file yang tertimpa (replace) di Windows tanpa aplikasi

Kita juga sebenarnya bisa mengembalikan file-file yang terreplace atau terhapus secara tidak sengaja tanpa menggunakan aplikasi recovery sama sekali. Syaratnya kita harus mengaktifkan Backup di Windows kita.

Windows sendiri sudah menyediakan fitur bernama “roll back to previous version” yang memungkinkan kita melakukan undo replace pada file-file yang tertimpa secara tidak sengaja. Tapi fitur ini harus diaktifkan sebelum file di replace, bukan sesudahnya, jika tidak maka kita tidak akan bisa mengembalikan file yang terreplace tersebut.

Saya akan tunjukkan caranya. Pertama kita masuk ke menu Settings > Update & Security > Backup.

Atau bisa dengan langsung mengetik kata “Backup” di search bar lalu pilih menu Backup Settings.

Cara mengembalikan file yang ke replace 7

Aktifkan fitur Backup dengan cara menambahkan drive sebagai lokasi penyimpanannya. Caranya klik Add device lalu pilih drive yang diiginkan. Saya sarankan untuk menggunakan drive baru yang dikhususkan untuk backup, jadi file-filenya tidak dicampur dengan file lain.

Cara mengembalikan file yang ke replace 5

Setelah fitur Backup ini aktif, maka semua file yang terhapus, tertimpa karena replace, atau korup karena virus akan tersimpan versi backupnya di drive tersebut. Kita bisa mengembalikannya sewaktu-waktu kita perlukan.

Cara mengembalikannya sangat mudah, kita cukup klik kanan pada file yang menimpa file lama lalu pilih Properties > Previous Versions > Pilih versi yang ingin direstore > Restore > OK.

Cara mengembalikan file yang ke replace 6

Jika ingin merestore file yang terhapus pada sebuah direktori/folder tertentu maka kita juga bisa melakukan cara yang sama. Klik kanan pada folder > Properties > Previous Versions > Pilih versi > Restore.

Tapi sekali lagi kalian harus ingat, cara ini hanya work jika fitur Backup diaktifkan sebelum file terreplace atau terhapus, bukan sesudahnya. Semoga membantu.

13 comments

  1. Alhamdulillah sangat membantu trimakasih banyak, di replace dari apk kurva nya langsung juga bisa kok, trimakasih ya..

      1. Saya sdh download apknya dan file yg tertimpa ada, tapi setelah direstore kok ada tulisannya file invalid/ file corrupt. Gmna cara mengatasi nya kak. Mohan bantuan nya..

  2. Saya sdh download file nya yg tertimpa ada pas direstore kok ada tulisan file corrupt dan file invalid gitu. Gmna caranya kak? Filenya penting sekali

  3. Saya sdh download apknya dan file yg tertimpa ada, tapi setelah direstore kok ada tulisannya file invalid/ file corrupt. Gmna cara mengatasi nya kak. Mohan bantuan nya..

  4. Saya sdh download apknya dan file yg tertimpa ada, tapi setelah direstore kok ada tulisannya file invalid/ file corrupt. Gmna cara mengatasi nya kak. Mohan bantuan nya..*

    1. Memang tidak semua file bisa direstore mbak, biasanya kalo udah kelamaan baru direstore dia bakalan korup.

  5. Kak, saya udh coba semuanya, dan file saya baru banget ter-replace, tapi kenapa pas udh discan sama recuva tetap tdk ada file yg utk direstore ya??

    1. direktori yang discan sudah betul kah mbak? … misal file yang tereplace ada di D:\folder maka yg discan adalah D: nya
      kalo dari windows explorer bisa juga dengan klik kanan pada folder D:\folder > pilih Scan for deleted files.

  6. Saya sudah download,, file nya kembali, tapi isinya filenya kosong, itu kenapa yaaa, dan gimana caranya agar kembali seutuhnya,

Comments are closed.