Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara Paling Ampuh

Posted on

Akhir-akhir ini sering sekali terdengar keluhan dari teman-teman mengenai akun WhatsApp yang terblokir sementara. Saat mengalami hal tersebut kita akan mendapatkan nofitikasi seperti ini:

“Anda diblokir sementara dari WhatsApp karena Anda mungkin telah melanggar ketentuan layanan kami. Anda akan dapat menggunakan WhatsApp kembali dalam.”

Akun kita tidak akan bisa digunakan untuk chatting dan telpon hingga waktu blokir berakhir. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Pada kesempatan ini teknosentrik akan berikan trik mudah mengatasi masalah ini.

Penyebab akun WhatsApp diblokir sementara

Saat menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi seperti aplikasi GBWhatsApp, WhatsApp Plus, atau Fouad WhatsApp akun kita berisiko kena blokir. Biasanya akun akan terblokir selama 24 jam atau 48 jam. Jika akun ini berkali-kali kena blokir maka nantinya bisa saja terkena ban permanen.

Saya sendiri sudah pernah mengalami pemblokiran ini beberapa waktu lalu. Semenjak itu saya memutuskan untuk memindahkan akun saya ke aplikasi WhatsApp resmi.

Memang aplikasi WhatsApp Mod seperti GBWhatsApp ini memiliki beberapa fitur unik yang tidak ada pada aplikasi resminya. Tapi dibalik itu juga ada risiko yang mengancam akun kita terkena blokir permanen.

WhatsApp sendiri sudah mengumumkan di situs mereka kalau penggunaan aplikasi WhatsApp tidak resmi ini adalah salah satu pelanggaran yang dapat membuat akun kita kena blokir.

akun kena blokir sementara karena menggunakan gbwhatsapp
Menggunakan GB WhatsApp dan WhatsApp Plus adalah pelanggaran yang bisa menyebabkan akun diblokir sementara

Bisa kalian lihat dari gambar di atas kalau kita memang tidak dibenarkan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi dan itu termasuk pelanggaran menurut peraturan WhatsApp.

Selain itu masih ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan akun WhatsApp kita diblokir sementara, seperti:

  • Mengirim pesan masif atau spam ke banyak akun
  • Login akun WA di device yang berbeda-beda, terutama yang berbeda IP address
  • Melakukan login terus menerus
  • Kontak kita sudah sering diblokir dan dilaporkan oleh orang
  • Membuat grup-grup dan menambahkan kontak yang tidak dikenal secara masal ke dalamnya
  • Menggunakan WA untuk keperluan ilegal
  • Menggunakan WA untuk hal negatif, spamming, dan mengganggu orang lain

Jika sudah terlanjur diblokir, bagaimana cara mengatasinya? Saya akan berikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengamankan akun kalian.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Untuk melepas akun WhatsApp yang diblokir kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tunggu hingga waktu pemblokiran berakhir

Saat akun masih diblokir, kita benar-benar tidak bisa melakukan apa pun selain menunggu hingga waktu pemblokiran selesai.

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendiamkan WhatsApp selama 24 atau 48 jam hingga dibuka kembali.

2. Backup semua chat yang ada di aplikasi WA tidak resmi

Setelah akun bisa diakses, buka aplikasi WhatsApp lama (GB WhatsApp, WhatsApp Plus, Fouad WhatsApp) atau aplikasi WhatsApp tempat akun kalian kena blokir. Dari sana lakukan backup semua chat ke Google Drive.

Caranya dengan tekan tombol titik tiga (⋮) > Settings > Chats > Chat backup > Google Account > login dengan akun Gmail > BACKUP

cara mengatasi akun diblokir sementara

3. Install aplikasi WhatsApp resmi

Setelah membuat backup semua chat yang ada di akun kita, maka langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi WhatsApp resmi dari Playstore. Tunggu hingga proses install selesai.

4. Login di aplikasi WhatsApp resmi menggunakan nomor lama

Setelah aplikasi WhatsApp resmi terinstall di Hp, jalankan dan login dengan nomor lama yang dipakai untuk akun WhatsApp kalian.

5. Restore chat yang tadi sudah dibackup

Pada proses login akan diminta untuk restore backup dari Google Drive, pilih opsi tersebut lalu login dengan akun Gmail yang tadi dipakai untuk backup chat.

Setelah terhubung dengan akun Google Drive langsung restore backup yang ada. Tunggu hingga proses selesai. Saat sudah selesai maka semua chat kita akan berpindah ke aplikasi resmi yang baru ini.

6. Hapus aplikasi WhatsApp yang tidak resmi

Sekarang kita sudah menggunakan WhatsApp di aplikasi resmi, jadi kita sudah tidak memerlukan aplikasi-aplikasi MOD yang tidak resmi. Sebaiknya dihapus saja agar tidak memberatkan Hp kita.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai blokir WhatsApp

Apakah bisa membuka blokir WhatsApp tanpa menunggu 24 jam atau sebelum waktunya berakhir?

Tidak bisa. Kita harus menunggu hingga waktu blokir berakhir.

Apakah bisa membuka WhatsApp diblokir sementara tanpa mengganti nomor?

Bisa. Di atas adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

Jika ingin memindahkannya ke Hp lain maka caranya seperti ini: Cara memindahkan WhatsApp yang diblokir ke Hp baru

Apakah akun WA kita bisa diblokir lagi jika masih menggunakan WhatsApp tidak resmi?

Bisa. Jika tidak segera memindahkannya ke aplikasi WhatsApp resmi maka akun kita bisa diblokir berkali-kali hingga akhirnya kena blokir permanen.

Apakah GBWhatsApp, WhatsApp Plus, Fouad WhatsApp dan aplikasi WhatsApp Mod lainnya aman digunakan?

Tidak ada jaminan karena aplikasi tersebut bukanlah aplikasi resmi.

Apakah menggunakan VPN bisa menyebabkan WhatsApp diblokir?

Tidak jika menggunakannya di device yang sama. Yang bisa menyebabkan WhatsApp diblokir sementara itu jika kita login di device berbeda-beda dengan IP yang berbeda-beda pula (VPN)

Apakah WhatsApp yang diblokir bisa diganti nomornya?

Bisa. Tapi harus menunggu hingga waktu blokir berakhir. Untuk caranya bisa lihat di sini: Cara mengganti nomor WhatsApp yang sudah tidak aktif

Itulah beberapa tips untuk mengatasi WhatsApp diblokir sementara yang bisa kita lakukan. Semoga membantu. Kalau masih ada kesulitan jangan sungkan untuk komentar di bawah.

5 comments

  1. Apakah setelah di blokir permanen, nomor tersebut suatu saat akan di buka blokirbya?*

    1. kayaknya nggak bisa kalau terbuka sendiri, kita harus kirim email ke WhatsApp support gan.

  2. saya WhatApps nya yang resmi tapi ke blokir terus udah nunggu sampe seminggu tetep kena blokir lagi padahal blm chat apa apa

Comments are closed.