Cara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Jelek, Delay, dan Putus-Putus Di Windows 10

Posted on

Saat menggunakan headset bluetooth di Windows 10 kalian mungkin akan terkejut dengan hasil suaranya yang sangat jelek. Mungkin awalnya kalian akan mengira headset yang dipakai itu apakah rusak atau kabelnya putus, padahal baru saja di beli. Hal ini juga saya alami beberapa waktu yang lalu.

Ternyata Windows 10 memang punya masalah dengan hal ini, sambungan audio via bluetoothnya ada bug. Jadi meskipun headset bluetooth yang kita beli itu headset mahal dengan kualitas suara HD tetap saja jika disambungkan ke Windows 10 hasilnya akan jelek.

Mengapa suara headset bluetooth di Windows tidak bagus dan delay?

Headset bluetooth memang bisa menghasilkan suara yang bagus jika menggunakan AptX sebagai audio codec-nya, tapi audio ini harus jalan dan support di kedua device, baik headset maupun komputernya.

Saat ini hampir semua perangkat smartphone sudah supprot audio codec AptX ini dan kita memiliki akses untuk mengontrolnya, atau minimal melihat informasi jika audio codec ini yang dipakai.

Masalahnya, di Windows 10 kita tidak memiliki akses untuk mengontrol audio codec mana yang dipakai oleh headset bluetooth sehingga saat headset menghasilkan suara yang buruk kita akan menemukan jalan buntu.

Windows 10 memang sudah support AptX, tapi saat kita menggunakan headset bluetooth yang ada microphone-nya maka secara otomatis Windows akan mengganti audio profile menjadi A2DP, dan ketika kita mengaktifkan microphone maka Windows akan mengganti profile-nya menjadi HFP (hands free profile) yang mana suara yang dihasilkan sangat-sangat jelek.

Mengapa saat headset bluetooth menggunakan profile HSP (mic dan speaker aktif) suaranya jadi telat dan jelek?

Jadi begini, saat mic dan speaker pada headset bluetooth aktif, data yang ditransfer secara wireless via bluetooth menjadi lebih besar, sementara kita tahu jika bandwith bluetooth itu sangat terbatas. Maka hasilnya kualitas suara yang dihasilkan akan lebih rendah.

Kalian bisa membuktikannya dengan cara memutar musik, nonton film, dan buka Youtube secara bersamaan, pasti hasil suaranya akan putus-putus.

Penyebab suara headset bluetooth di Windows 10 sangat jelek, pecah, kecil, putus-putus, dan delay

Saat pertama kali menyambungkan headset bluetooth ke Windows 10 maka secara otomatis sistem Windows akan menggunakan profile HSP meskipun kita tidak menggunakan mic-nya untuk input suara. Windows menganggap kedua perangkat pada headset bluetooth kita (speaker dan mic) itu aktif.

Kalian pasti sangat tidak suka dengan suaranya, karena profile HSP ini menghasilkan suara yang sangat buruk sekali bahkan pada headset bluetooth yang mahal sekalipun. Suara jadi telat dan putus-putus, jika kita mendengarkan musik suaranya menjadi pecah dan sangat tidak enak didengar.

Saya sudah coba menggunakan headset bluetooth Vivan BT520 yang saya beli beberapa waktu lalu untuk bermain PUBG Mobile, dan saya sangat frustasi dengan suara yang dihasilkan.

Bahkan awalnya saya mengira headset yang baru saya beli ini rusak atau produk cacat, sempat terpikir mau balik lagi ke toko untuk menukarnya dengan yang lain sampai akhirnya saya mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengatasi suara headset bluetooth yang jelek, delay, dan putus-putus di Windows 10

Kita masuk ke bagian teknis bagaimana cara mengatasi suara headset bluetooth yang jelek, putus-putus, dan delay di Windows 10.

Setelah membaca penjelasan di atas, kalian pasti sudah “ngeh” kalau akar masalahnya ada pada audio profile HSP yang diset secara otomatis oleh Windows 10 pada headset bluetooth kita. Untuk mengatasinya kita perlu mengubahnya secara manual.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke control panel > Devices & Printers

Pertama kita buka dulu control panel lalu masuk ke menu Devices & Printers, temukan icon headset bluetooth kalian di sana.

cara mengatasi suara headset bluetooth jelek di windows 10 1

2. Masuk ke properties device

Setelah headset bluetooth device ketemu, klik kanan pada icon lalu pilih properties.

cara mengatasi suara headset bluetooth jelek di windows 10 2

3. Matikan fungsi mic (hands free telephony)

Pada jendela properties, masuk ke tab services. Hapus tanda centang pada Hands-free Telephony dan Remotely Controllable Device > klik OK.

cara mengatasi suara headset bluetooth jelek di windows 10 3

4. Tunggu sebentar hingga service mati dan Windows secara otomatis mengganti audio profile menjadi A2DP

Setelah mengklik OK kita hanya perlu menunggu sebentar, nanti Windows akan secara otomatis mengubah profile audio untuk headset bluetooth kita menjadi A2DP. Selanjutnya silakan coba lagi putar musik, suara headset bluetooth kalian akan jadi lebih bagus dari sebelumnya.

Cuma itu saja cara agar suara headset bluetooth tidak telat dan jelek. Langkah di atas mungkin perlu kalian ulangi setiap pairing ulang headset bluetooth ke komputer. Karena setiap kali di-unpair, settingan headset bluetooh akan reset secara otomatis.

Hingga saat ini memang Bluetooth dan Windows masih punya banyak “PR” untuk mengatasi masalah ini, dan meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan. Karena jujur saja, kualitas suara yang dihasilkan headset bluetooth saat digunakan di Windows itu masih kalah jauh dari suara headset kabel.

5 comments

  1. Terimakasih kak, sangat bermanfaat sekali. Saya jadi gak nyesel beli headset mahal mahal tapi kalo di pake dilaptop jadinya kek headset rusak. Semoga rejeki anda lancar dan barokah aamiin

      1. tapi suaranya kok masik kemresek ya kak ? tapi agak mendingan sih dari pada dulu

Comments are closed.