Cara Mengatasi Suara Headset Bluetooth Delay dan Mendem Saat Main Game di Hp

Posted on

Sebagian orang lebih suka memakai headset bluetooth untuk bermain game di hp. Bermain jadi terasa lebih leluasa tanpa harus memikirkan posisi kabel, bisa main sambil duduk, baring, hingga guling-guling karena tidak ada lagi kabel di antara kita.

Tapi menggunakan headset bluetooth saat bermain game juga terkadang menimbulkan masalah baru, mulai dari suara headset yang mendem (kecil), delay, hingga putus-putus.

Jika kalian bermain game di PC maka bisa dipastikan masalah suara delay ini muncul karena fitur handsfree yang bentrok di Windows. Problem ini sudah ada solusinya, saya sudah pernah membagikannya lewat postingan ini:

Cara mengatasi suara headset bluetooth delay di Windows

Masalah suara headset yang kecil, delay, dan putus-putus ini ternyata tidak hanya muncul di Windows saja, tapi saat bermain menggunakan hp juga masalah ini bisa terjadi.

Jika kita bermain game seperti PUBG Mobile atau Free Fire dimana keakuratan suara step dan arah tembakan sangat menentukan permainan, maka masalah ini jadi sangat mengganggu sekali.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Pada kesempatan kali ini saya akan sharing beberapa solusi yang bisa kalian coba. Tapi tidak ada jaminan berhasil ya, namanya juga sharing.

Mengapa headset bluetooth suaranya delay saat bermain game di Hp?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan suara headset bluetooth jadi delay atau tidak realtime, di antaranya seperti:

  1. Jarak antara headset dan hp terlalu jauh
  2. Headset bluetooth hanya support bluetooth 2.0
  3. Headset bluetooth belum support profile A2DP dan aptX
  4. Hp kamu terlalu jadul
  5. RAM yang kecil sementara game yang dimainkan cukup berat
  6. Ada perangkat bluetooth / sinyal lain yang menginterfensi koneksi headset bluetooth ke hp
  7. Ada program background yang memberatkan sistem

Saat membeli headset bluetooth, pastikan sudah support minimal bluetooth versi 4.0. Pastikan juga bisa jalan di profile A2DP, lebih bagus lagi kalau sudah support profile aptX.

Smartphone saat ini rata-rata sudah support profile A2DP, yang sepertinya sudah jadi standar minimal. Jika smartphone kalian lebih baru lagi, terutama yang sudah menggunakan android 8.0 ke atas umumnya sudah support profile aptX.

Untuk bisa menggunakan profile aptX ini, kedua perangkat harus sama-sama sudah support, jadi baik headset bluetooth maupun hp-nya harus sudah support profile aptX. Jika salah satunya tidak support maka koneksi melalui profile ini tidak akan bisa berjalan.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, bermain PUBG Mobile menggunakan headset bluetooth dengan profile A2DP tidak menyebabkan suara menjadi delay yang parah. Delay tetap ada tapi tidak terlalu mengganggu.

Saya bermain menggunakan headset bluetooth Vivan BT520. Jika ternyata kalian menggunakan headset yang sudah support A2DP tapi mengalami masalah, berarti ada something yang harus fix dulu.

Cara mengatasi suara headset bluetooth delay dan mendem saat main game di hp

Untuk mengatasi suara headset bluetooth yang delay dan mendem (kecil) saat bermain game di hp, ada beberapa langkah yang bisa kita coba.

1. Pastikan jarak antara headset dan hp tidak terlalu jauh

Secara teori, headset bluetooth bisa digunakan hingga jarak 10 meter. Tapi semakin jauh jarak antara hp dan headset tentu semakin panjang pula jarak yang harus ditempuh sinyal dari hp ke headset. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Idealnya saat bermain game menggunakan headset bluetooth jarak antara headset dan hp tidak lebih dari 1 meter untuk mendapatkan kualitas suara yang maksimal. Tapi kita asumsikan ini bukan sumber masalah ya, karena tidak ada yang bisa main game di dapur tapi hp-nya di ruang tamu.

2. Kill program-program yang masih berjalan di background sebelum mulai bermain game

Kita bisa menggunakan aplikasi memory cleaner atau game booster untuk melakukan pekerjaan ini.

Membersihkan memory dari program-progam yang masih berjalan bisa memberikan space RAM yang lebih lega untuk dialokasikan ke game. Dampaknya akan terasa cukup signifikan untuk membuat performa hp jadi lebih smooth saat bermain. Hal ini juga bisa mempengaruhi proses transmisi suara dari Hp ke headset bluetooh jadi lebih lancar.

3. Pastikan profile bluetooth yang digunakan adalah A2DP atau aptX

Profile bluetooth yang bisa menghasilkan suara terbaik adalah A2DP dan aptX. Jadi pastikan koneksi headset bluetooth ke hp kalian berjalan melalui profile ini.

Untuk mengubah-ubah profile koneksi headset bluetooth ke hp kita bisa menggunakan bantuan aplikasi Bluetooth Audio Widget. Silakan download dan install aplikasinya dari Playstore atau lewat tombol di bawah ini:

Setelah diinstall, langsung jalankan aplikasinya. Masuk ke bagian manage, di sana akan terlihat profile koneksi yang disupport oleh bluetooth. Pilih A2DP atau aptX lalu tekan connect.

cara mengatasi suara headset bluetooth delay saat bermain pubg mobile

Coba mainkan PUBG Mobile atau game mobile lainnya, apakah suaranya masih delay? Jika masih berarti penyebabnya bukan pada profile bluetoothnya.

4. Coba bermain dengan koneksi mobile data (pakai kuota)

Ada kemungkinan terjadinya interfensi sinyal yang saling mengganggu saat hp terkoneksi dengan headset bluetooth dan Wi-Fi dalam waktu bersamaan. Saya tidak tahu pasti penyebabnya, tapi berdasarkan pengalaman saya saat bermain menggunakan koneksi Wi-Fi, suara headset bluetooth jadi delay dan mendem (kecil) bahkan putus-putus.

Mungkin tidak semua hp akan mengalami hal ini, terutama hp high-end dengan spesifikasi dewa. Tapi jika kalian mengalami masalah suara headset bluetooth yang jelek dan delay coba dulu tips ini. Mungkin saja penyebabnya karena adanya bentrok antara sinyal bluetooth dan Wi-Fi ke hp.

5. Reset headset bluetooth

Cara mengatasi suara headset bluetooth delay saat bermain game di hp yang berikutnya adalah mereset headset bluetooth-nya. Coba kalian reset dulu headset bluetooth-nya, lihat langkah-langkahnya di sini: Cara reset headset bluetooth

6. Upgrade

Kalau memang masalah ini muncul karena hp yang kurang oke (spek jadul), maka tidak ada trik yang lebih ampuh selain membeli yang baru. Jika hp-nya sudah oke, mungkin saja headset bluetooth-nya yang burik dan perlu di upgrade.

Ingat, saat membeli pastikan headset bluetooth yang di pilih sudah support aptX. Ini adalah profile terbaik untuk menghasilkan suara yang lebih bagus dan lebih real-time. Pastikan juga hp kalian sudah support aptX, kalau belum, upgrade!

3 comments

  1. hp poco trus pake tws sabbat e12 ultra udah aptx
    tapi masih delay aja buat maen game
    kalo buat nonton film aman
    semua tips udah di coba tp masih delay
    ada solusi lain?

    1. hp poco dan headset tws sabbat e12 ultra sudah sama-sama support bluetooth 5.0 ya, saya jg heran kok masih delay. emang mainnya game apa gan? coba lihat ada gak settingan sound in-game yang bisa diubah, bisa jadi latency dari gamenya yang belum match.

Comments are closed.