Cara Mengatasi Low Virtual Memory di Emulator Tencent Gaming Buddy

Posted on

Low virtual memory adalah salah satu masalah yang paling sering dialami saat memainkan PUBG Mobile dengan emulator Tencent Gaming Buddy. Salah satu tandanya adalah muncul notifikasi pop up saat game sedang berjalan dengan pesan “Your system is running out of virtual memory, which may render the game unplayable. Close some applications or allocate more virtual memory”.

Cara mengatasi low virtual memory tencent gaming buddy 1

Pesan ini biasanya akan muncul sesaat setelah game terasa lag dan patah-patah, yang pada akhirnya memaksa kita untuk mengubah lagi settingan emulator agar masalah low virtual memory ini bisa diatasi.

Penyebab low virtual memory di emulator Tencent Gaming Buddy

Hal ini disebabkan karena settingan virtual memory kita yang terlalu kecil, atau ada aplikasi lain yang sedang berjalan bersamaan dengan game sehingga alokasi virtual memory untuk game jadi berkurang.

Sebelumnya saya sudah pernah membagikan tips settingan Tencent Gaming Buddy agar tidak lag. Di sana saya menyarankan agar alokasi virtual memory (paging file) ini diubah ukurannya menjadi lebih besar, minimal setengah dari RAM.

Cara mengatasi PUBG Mobile lag karena virtual memory low

Kehabisan jatah virtual memory memang tidak membuat PUBG Mobile freeze seperti bug saat ada update versi terakhir beberapa waktu lalu, namun virtual memory low bisa membuat game jadi patah-patah dan tidak nyaman.

Jika masalah ini sudah terlanjur terjadi, maka cara mengatasinya sangat sederhana yakni dengan menaikkan ukuran virtual memory (paging file) di komputer kita.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi virtual memory low:

1. Buka windows explorer > klik kanan pada icon komputer > properties

Langkah pertama kita masuk dulu ke system properties. Cara paling gampang adalah lewat explorer lalu klik kanan pada icon komputer dan pilih properties.

Cara mengatasi low virtual memory di tencent gaming buddy 1

2. Masuk ke menu Advanced system settings

Setelah masuk ke system properties, pilih menu Advanced system settings.

Cara mengatasi low virtual memory tencent gaming buddy 3

3. Klik tab Advanced lalu pilih Performance > Settings

Masuk ke tab Advanced, pada opsi Performance klik Settings.

Cara mengatasi low virtual memory tencent gaming buddy 4

4. Klik lagi tab Advanced > Virtual memory > Change

Klik tab Advanced, lalu pada opsi Virtual memory klik Change.

Cara mengatasi low virtual memory tencent gaming buddy 5

5. Ubah ukuran virtual memory

Ubah ukuran virtual memory. Kita bisa memasukkan nilai separuh dari ukuran RAM. Sebagai contoh saya punya RAM 8 GB, jadi saya ubah nilai virtual memory menjadi 4 GB. Namun jika ukuran virtual memory diubah jadi sama dengan RAM juga tidak masalah.

Cara mengatasi low virtual memory tencent gaming buddy 6 1

Setelah ukuran virtual memory ditambah, restart komputer lalu coba jalankan emulator Tencent Gaming Buddy. Mainkan PUBG Mobile seperti biasa, pasti akan terasa bedanya. Dengan memperbesar ukuran virtual memory maka game seharusnya jadi lebih ringan dan tidak lag – teknosentrik.

1 comment

Comments are closed.