Cara Mengatasi Bluetooth Hilang dan Tidak Berfungsi di Windows 10

Posted on

Ada kalanya bluetooth di Windows 10 tiba-tiba hilang atau berhenti secara mendadak, akibatnya kita tidak bisa mengirim dan menerima file. Device lain seperti headset bluetooth atau mouse juga jadi tidak bisa berfungsi.

Pada postingan ini saya akan berikan tips bagaimana cara mengatasi error bluetooth yang sering terjadi di Windows. Tapi sebelumnya kita akan coba ulas dulu apa saja penyebabnya agar lebih mudah untuk memahami bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab bluetooth hilang atau berhenti berfungsi di Windows 10

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bluetooth di Windows 10 jadi error. Biasanya kita akan mendapatkan notifikasi yang bisa jadi petunjuk untuk mengetahui sumber masalahnya, di antaranya seperti di bawah ini:

1. Bluetooth is not available

Jike pesan errornya seperti ini maka penyebabnya adalah Windows 10 tidak bisa membaca device bluetooth di laptop kita. Ini bisa saja terjadi karena sistem yang korup atau memang device bluetoothnya yang sudah rusak.

2. Bluetooth unable to connect

Jika bluetooth tidak bisa terhubung ke Windows 10 itu artinya driver yang ada di laptop kalian sudah usang, sehingga tidak cocok lagi dengan device bluetoothnya. Masalah ini juga sering muncul pada mereka yang baru saja upgrade dari Windows 8 ke Windows 10.

3. Bluetooth not detecting devices

Masalah ini terjadi karena Windows 10 tidak bisa mengenali device bluetooth, penyebabnya adalah service yang terhenti atau driver yang sudah usang. Bisa juga terjadi pasca updgrade ke Windows 10.

Penyebab icon bluetooth hilang di Windows 10 sehingga tidak bisa mengirim dan menerima file

Di Windows 10 kita akan melihat icon bluetooth di pojok kanan taskbar, tepatnya pada kolom icon tray.

icon bluetooth windows 10

Jika bluetooth berfungsi dengan baik biasanya icon ini akan tetap berada di sana. Tapi ada kalanya icon bluetooth di Windows 10 ini hilang sama sekali dan diikuti dengan fungsi bluetooth yang terhenti.

Hal ini terjadi karena service bluetooth di laptop kita berhenti, penyebabnya bisa karena sistem yang korup, bentrok dengan aplikasi lain, atau service dihentikan paksa oleh aplikasi seperti memory cleaner atau game booster (tapi ini kasus yang cukup jarang).

Jika icon ini sudah hilang maka kita tidak bisa mengirim dan menerima file di Windows 10 lewat bluetooth. Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan di bawah ini, saya akan uraikan satu-persatu apa saja solusi yang bisa kita coba.

Cara mengatasi bluetooth hilang dan tidak berfungsi di Windows 10

Mengatasi bluetooth yang hilang di Windows 10 itu gampang-gampang susah karena terkadang kita tidak mengetahui secara pasti apa yang menjadi sumber masalahnya. Kita harus mencoba beberapa alternatif solusi hingga menemukan yang work.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bluetooth hilang, error, dan tidak berfungsi di Windows 10:

1. Update driver

Cara pertama yang bisa dicoba adalah update driver bluetooth di Windows kalian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika driver yang usang bisa menyebabkan bluetooth jadi bermasalah.

Untuk update driver ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan software driver updater. Tapi saya sarankan untuk melakukannya secara manual saja karena lebih cepat.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk update driver bluetooth di Windows 10 secara manual:

Masuk ke device manager, caranya bisa dengan langsung mengetik “device manager” di Windows search bar. Setelah masuk ke device manager, expand pada bagian bluetooth, lalu klik kanan pada device bluetooth yang ada di Windows 10 kalian > pilih properties.

Setelah masuk ke jendela properties, masuk ke tab Details > pilih Hardware Ids > copy nilainya dan paste ke notepad. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

update driver bluetooth

Setelah mendapatkan hardware id dari bluetooth yang ada di laptop kita, selanjutnya kita harus mendownload secara manual drivernya.

Buka browser lalu masuk ke halaman http://driverpacks.net/

Paste hardware id yang tadi sudah disimpan di notepad lalu klik search. Download driver dengan versi terbaru, lalu install di laptop.

2. Cek secara manual apakah service bluetooth masih berjalan

Solusi alternatif kedua adalah dengan memastikan service bluetooth masih berjalan. Jika service bluetooth berhenti karena ada error atau konflik dengan aplikasi lain maka bluetooth akan berhenti berfungsi.

Cara mengatasinya adalah dengan menghidupkan kembali service bluetooth di Windows 10 kita. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Masuk ke services, caranya dengan mengetik langsung “services” di search bar lalu pilih menu Services. Bisa juga dengan menekan tombol windows + R lalu ketik services.msc

Setelah masuk ke services, kalian akan melihat banyak sekali service yang ada di Windows kita dan keterangan apakah ia sedang berjalan atau tidak. Cari service bernama Bluetooth Support Service > lihat pada bagian status apakah ada tulisan Running > jika tidak maka pilih Start yang ada di tab paling kanan. Jika statusnya Running maka kita tinggal menekan Restart.

restart bluetooth service

Setelah itu Restart laptopnya. Coba lagi jalankan program bluetooth apakah sudah bisa. Lihat juga apakah icon bluetooth di Windows sudah muncul atau belum.

3. Reinstall driver bluetooth

Cara mengatasi bluetooth hilang dan berhenti berfungsi di Windows 10 yang selanjutnya adalah dengan menghapus driver bluetooth lalu menginstallnya kembali.

Cara ini memang terdengar sangat simpel, tapi justru kadang-kadang cara inilah yang work. Kalian juga mungkin bisa mencobanya.

Pertama kita buka dulu device manager, lalu expand pada bagian bluetooth dan pilih dan klik kanan bluetooth device > uninstall device.

reinstall driver bluetooth

Setelah driver di uninstall, restart laptopnya. Biasanya Windows akan otomatis menginstall kembali driver bluetooth kita, tapi jika ternyata driver masih belum terinstall kita bisa melakukannya secara manual. Jika tidak punya file drivernya kalian bisa mendownloadnya dengan mengikuti langkah nomor 1 di atas.

4. Matikan program yang dicurigai bentrok dengan bluetooth

Coba kalian ingat-ingat, kira-kira apa program terakhir yang kalian install sebelum icon bluetooth di Windows 10 hilang dan berhenti berfungsi? Jangan-jangan program tersebutlah yang menjadi sumber masalahnya.

Program seperti memory cleaner atau booster juga kadang-kadang bisa menjadi penyebab bluetooth di laptop kita jadi error dan tidak berfungsi. Konflik antar program ini juga bisa menyebabkan masalah suara headset bluetooth jadi kecil dan putus-putus di Windows 10.

Coba kalian matikan atau uninstall dulu program-program yang dicurigai menjadi sumber masalahnya. Setelah itu restart laptopnya dan coba jalankan lagi bluetoothnya apakah sudah bisa atau belum.

5. Jalankan bluetooth troubleshooter di Windows 10

Untuk mengetahui sumber masalah mengapa bluetooth di Windows 10 tidak berfungsi dan mengatasinya secara otomatis kita bisa menggunakan fitur troubleshooter.

Caranya ketik troubleshooter di Windows search bar, lalu pilih Troubleshoot Settings. Klik pada bagian Bluetooth > Run the troubleshooter.

troubleshoot bluetooth yang error di windows 10

Tunggu proses yang berjalan, Windows akan berusaha mendeteksi secara otomatis apakah ada masalah pada bluetooth kita. Nanti setelah hasilnya muncul, lihat apakah ada opsi untuk mengatasinya secara otomatis. Di sana juga akan terlihat apa yang menjadi sumber masalahnya.

6. Ganti settingan power options

Cara mengatasi bluetooth hilang dan tidak bisa mengirim file di Windows 10 yang selanjutnya adalah dengan mengubah settingan power options.

Jika kalian menggunakan settingan Power Saver maka coba dulu ubah menjadi Balanced. Settingan Power Saver ini bisa kita curigai menjadi penyebab bluetooth kita jadi error dan tidak berfungsi karena Windows secara otomatis bisa saja mematikan service-service yang idle dan dianggap tidak perlu.

ganti settingan power savings

Setelah mengubah settingan power option langsung restart laptop kalian dan coba lagi mengirim file lewat bluetooth. Jika masalahnya memang ada pada settingan power ini seharusnya bluetooth sudah bisa berfungsi lagi.

7. Pindahkan device ke port USB lain

Jika kalian menggunakan bluetooth dengan bantuan adapter bluetooth (USB dongle) dan tiba-tiba terjadi error, maka penyebabnya bisa saja karena port usb yang digunakan sudah rusak atau goyang.

Untuk mengatasi masalah ini kita tinggal memindahkan USB dongle ke port yang lain. Jika bluetooth bisa berfungsi lagi maka bisa kita simpulkan kalau masalahnya ada pada port USB kalian.

8. Beli bluetooth USB dongle yang baru

bluetooth adapter usb dongle

USB dongle sudah dipindah-pindah portnya tapi bluetooth masih belum berfungsi juga? Coba kalian ganti USB donlge-nya dengan yang baru. Bisa dengan membeli yang baru atau pinjam punya teman.

Kalau ternyata bisa berarti USB dongle kalian yang sudah rusak, berarti sudah waktunya untuk diganti. Tenang, harganya masih murah kok, terakhir saya beli bulan Maret 2019 masih Rp50.000

9. Install ulang Windows

Ini adalah pilihan terakhir dan bukan favorit saya, tapi kalau semua cara di atas masih belum juga bisa mengatasi masalah bluetooth di laptop, maka dengan sangat terpaksa saya akan menyarankan kalian untuk install ulang Windows-nya.

Biasanya dengan melakukan fresh install semua masalah error seperti ini akan hilang. Apalagi jika penyebab masalah bluetooth itu ada pada sistemnya yang korup, maka install ulang memang bisa jadi solusi yang ampuh.

Jangan lupa untuk melakukan backup data-data penting yang tersimpan di drive C seperti folder download, pictures, document, dan videos agar tidak hilang.

Itulah beberapa tips mengatasi masalah bluetooth yang sering terjadi di Windows 10. Jika kalian masih ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah, mungkin saya atau pembaca lain bisa membantunya.

Solved: bluetooth windows 10 hilang, bluetooth di laptop hilang, bluetooth windows 8 hilang, tidak bisa mengirim file lewat bluetooth, bluetooth error, tidak bisa menerima file lewat bluetooth.

6 comments

  1. BTH\MS_RFCOMM
    bang itu kode dari step no 1 di laptop saya, tapi waktu saya search di devid.info kenapa cuma ada pilihan windowsxp x64 dan windows2003x64 saja bang? sedangkan laptop saya menggunakan windows 10, apa sama saja? tolong dibantu ya gan

  2. problem saya bisa detect di perangkat speaker aktif sharp tapi ketika play musik atau film ga keluar suaranya, tetep di laptop suaranya. tp ketika dikonek ke headphone fine2 aja.

    kalo speakernya bermasalah, kenapa bisa konek ke hp android dan ga bisa ke laptop?
    makasih

Comments are closed.