Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari di WhatsApp (Fingerprint Lock)

Posted on

Fingerprint lock adalah fitur terbaru yang membuat kita bisa mengunci WhatsApp menggunakan sidik jari. Dengan mengaktifkan fitur ini kita bisa membuat orang lain tidak bisa membuka WhatsApp di hp kita tanpa izin.

Kehadiran fitur ini adalah hal yang sudah dinanti-nanti oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang sangat peduli dengan privasi percakapan yang ada di WhatsApp mereka.

Karena kita sama-sama tahu kalau selalu saja ada orang-orang yang suka usil dan kepo, bilangnya mau minjam hp buat foto eh tahu-tahu malah bacain chat WA kita. Nah sejak hadirnya fitur kunci sidik jari ini orang-orang kepo seperti itu akan mati langkah.

Pada kesempatan kali ini saya akan tunjukan bagaimana cara mengaktifkannya. Caranya sangat mudah, hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari

1. Update WhatsApp ke versi terbaru

Langkah pertama update dulu aplikasi WhatsApp lewat Playstore. Fitur kunci sidik jari ini hanya ada pada versi terbaru WhatsApp, kalau kamu belum update maka tidak akan muncul.

Jadi buka dulu Playstore masuk ke menu My Apps > pilih WhatsApp > Update. Tunggu hingga proses update selesai.

2. Buka WhatsApp

Setelah WhatsApp diupdate ke versi terbaru, buka aplikasinya.

3. Tekan tombol menu

cara mengunci whatsapp dengan sidik jari

Kemudian masuk ke menu dengan cara menekan tombol titik tiga di pojok kanan atas.

4. Pilih Settings

cara mengunci whatsapp dengan fingerprint lock

Selanjutnya pilih menu Settings.

5. Pilih Account

cara mengaktifkan fingerprint lock di whatsapp

Selanjutnya pilih Account.

6. Pilih Privacy

cara kunci whatsapp dengan sidik jari

Pada menu ini ada beberapa pilihan untuk mengatur settingan pada Account kita. Pengaturan fitur kunci sidik jari ada di menu Privacy, pilih menu tersebut.

7. Pilih Fingerprint lock

cara mengaktifkan kunci sidik jari whatsapp

Pada menu Privacy ini kita bisa mengatur banyak settingan mulai dari apakah kita ingin keterangan Last seen bisa dilihat orang lain, mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profil dan status kita, hingga memblokir kontak.

Tarik ke bawah hingga kalian menemukan opsi bernama Fingerprint lock kemudian tap satu kali. Secara default fitur ini tidak aktif, jadi kita harus aktifkan dulu baru bisa menggunakannya.

8. Aktifkan Unlock with fingerprint

mengunci whatsapp dengan sidik jari

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fingerprint lock dengan menekan tombol satu kali hingga berubah menjadi warna biru.

9. Scan sidik jari

Pada layar akan muncul permintaan scan sidik jari, tempelkan jari teluncuk kanan kalian ke scanner sidik jari yang ada di bagian belakang smartphone. Tahan hingga muncul keterangan berhasil. Setelah berhasil nanti kita akan masuk ke menu pengaturan Fingerprint lock.

10. Atur berapa lama WhatsApp terkunci secara otomatis

mengatur berapa lama whatsapp terkunci otomatis

Pada opsi Automatically lock kita bisa mengatur berapa lama WhatsApp akan terkunci secara otomatis setelah kita menutup aplikasinya.

Ada tiga pilihan yaitu Immediately artinya WhatsApp akan terkunci otomatis seketika setelah kita tutup, pilihan kedua yaitu setelah 1 menit, dan pilihan ketiga yaitu setelah 30 menit.

Silakan pilih sesuai keinginan, saat WhatsApp terkunci otomatis maka kita perlu melakukan scan sidik jari untuk membukanya. Kalau scan jari berulang-ulang tiap kali mau buka WhatsApp dirasa cukup mengganggu, maka bisa set waktunya menjadi 30 menit.

10. Matikan Show content on notification

matikan preview pesan whatsapp pada notifikasi

Pada pengaturan Fingerprint lock juga ada opsi untuk menampilkan isi pesan pada notifikasi, yaitu pada opsi Show content in notifications.

Fitur ini akan aktif secara default, tapi kalau kalian adalah orang yang tidak suka jika pesan WA kalian dibaca secara tidak sengaja oleh orang lain karena tampil di notifikasi, maka kalian bisa matikan fitur ini.

Trik WhatsApp lainnya yang mungkin kalian suka:

Cara baca pesan Grup WhatsApp tanpa diketahui pengirimnya

Cara agar tidak terlihat online saat chatting WhatsApp

Itulah langkah-langkah untuk mengaktifkan kunci sidik jari di aplikasi WhatsApp, dengan mengaktifkan fitur ini kita bisa memastikan tidak ada orang lain yang membaca pesan-pesan WhatsApp kita. Selamat mencoba!