Cara Memindahkan File Media WhatsApp ke Memori Eksternal

Posted on

Memindahkan WhatsApp ke memori eksternal atau SD card memang jadi trik yang cukup membantu. Seperti yang teman-teman tahu, ukuran file media yang ter-download dari WhatsApp ke memori internal hp semakin hari akan semakin besar.

Akibatnya kapasitas kosong memori untuk aplikasi yang lain jadi sangat terbatas. Bahkan bisa membuat memori penuh dan tidak bisa menginstall aplikasi yang lain.

Karena itu, satu-satunya cara untuk mengosongkan space memori internal dari file-file media WhatsApp ini adalah dengan memindahkannya ke SD card.

Yang jadi masalah adalah hingga saat ini WhatsApp sendiri belum support untuk menyimpan file medianya di SD Card, hal ini sudah dijelaskan di situs resmi mereka:

Untuk saat ini, memindahkan WhatsApp ke kartu memori (kartu SD) tidak mungkin dilakukan. Kami sedang berusaha untuk meningkatkan ukuran dan penggunaan memori aplikasi kami. Untuk sementara waktu, jika Anda perlu mengosongkan ruang untuk WhatsApp, kami merekomendasikan Anda untuk memindahkan aplikasi dan file media lainnya ke kartu SD.

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 5

Tapi tenang saja, dalam setiap keterbatasan akan selalu muncul trik untuk mengakalinya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik cara memindahkan WhatsApp ke kartu memori eksternal (SD Card) dengan mudah.

1. Menggunakan aplikasi FolderMount (ROOT)

Cara pertama bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi folder mounting bernama FolderMount. Aplikasi ini bisa membuat folder yang ada di memori internal ter-mounting di memori eksternal.

Dengan aplikasi ini memungkinkan WhatsApp tetap membaca folder penyimpanan ada di memori internal padahal sebenarnya data akan tersimpan di memori eksternal.

Untuk menggunakan aplikasi ini smartphone kita harus dalam keadaan rooted. Langsung saja, berikut ini cara memindahkan WhatsApp ke memori eksternal dengan menggunakan aplikasi FolderMount:

Downoad dan install aplikasi FolderMount dari Playstore

Setelah diinstall, buka aplikasinya. Pada menu List of pairs pilih icon + yang ada di pojok kanan.

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 2

Nanti akan muncul menu Folder pair settings seperti di bawa ini:

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 3

  1. Bagian Name isi dengan nama folder yang diiginkan. Pada tutorial ini saya menamakannya dengan nama WhatsApp Eksternal.
  2. Tap pada bagian Source lalu pilih folder media WhatsApp di memori internal. Lokasi default WA di memori internal biasanya ada di /storage/emulated/0/WhatsApp/Media.
  3. Tap pada bagian Destination lalu pilih lokasi di memori eksternal/ SD card tempat kita akan menyimpan file WhatsApp nantinya.
  4. Bagian Exclude from media scan bisa diaktifkan atau dibiarkan saja tidak aktif. Fitur ini jika diaktifkan berfungsi untuk mencegah munclulnya duplikat thumbnail di galeri jika file WA lama yang ada di memori internal tidak dihapus.
  5. Tap pada tanda centang di pojok kanan atas. Selesai. Selanjutnya WhatsApp akan secara otomatis menyimpan file-file baik gambar, foto, video, audio, dan file-file lain di memori eksternal kita.

2. Mengubah lokasi install WhatsApp ke memori eksternal menggunakan APK Editor

Cara merubah penyimpanan Whatsapp ke memori eksternal bisa juga dilakukan dengan mengganti lokasi install aplikasinya ke sd card. Trik ini bisa teman-teman lakukan dengan bantuan APK Editor.

APK Editor memungkinkan kita untuk memodifikasi aplikasi android dengan mudah. Bahkan orang awam yang tidak mengerti bahasa pemrograman pun bisa melakukannya. Yang dimodifikasi adalah file Apk-nya, jadi nanti WA harus diinstall ulang menggunakan Apk yang sudah dimodifikasi.

Agar bisa menyimpan media Whatsapp di memory card kita hanya perlu memodifikasi lokasi install default-nya dari memori internal ke eksternal. Berikut ini langkah-langkahnya:

Download file Apk WhatsApp yang nanti akan dimodifikasi.

Download WhatsApp Apk

Install APK Editor terbaru. Aplikasi APK Editor bisa didownload dari link berikut:

Download APK Editor

Setelah selesai diinstall, jalankan aplikasinya. Nanti akan muncul menu utama. Langsung saja pilih menu Select an Apk File.

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 6

Pilih file Apk WA yang tadi sudah didownload.

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 7

Setelah memilih file Apk WA yang akan diedit, jendela pop-up akan muncul. Langsung saja pilih Common Edit.

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 8

Lewat fitur common edit ini ada beberapa hal yang bisa dimodifikasi mulai dari launcher icon, nama paket, hingga lokasi instalasi default-nya. Bagian lain kita biarkan saja apa adanya, yang perlu diubah hanya pada bagian Install Location.

Tap pada bagian Install Location lalu pilih Prefer External.

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 9

Pilih save, lalu tutup APK Editor. Coba install aplikasi WhatsApp yang sudah dimodifikasi tadi. Jika berhasil maka WA akan terinstall di memori eksternal/SD card. File-file media WA seperti gambar, foto, video, dan dokumen juga secara otomatis akan terdownload ke memori eksternal.

3. Cara menyimpan media WhatsApp di memory card tanpa root (cara manual)

Jika merasa kurang nyaman harus rooting hp, kita tetap bisa memindahkan file media WhatsApp secara manual ke SD card. Cara ini lumayan membantu untuk mengosongkan space di memori internal yang penuh karena terlalu banyak menyimpan foto-foto atau video dari WA.

Jika hp tidak dalam keadaan rooted kita hanya memiliki akses yang terbatas, jadi memindahkan lokasi penyimpanan WA agar setiap file media secara otomatis tersimpan ke memori eksternal tidak bisa dilakukan. Berharap saja nanti ada update resmi dari WhatsApp yang memungkinkan opsi menyimpan file media di kartu memori eksternal.

Baiklah, untuk memindahkan media WhatsApp ke kartu memori tanpa root bisa dilakukan dengan cara berikut:

Install aplikasi file explorer, bisa juga menggunakan aplikasi bawaan. Buka aplikasi file explorer, buat folder dengan nama WhatsApp di SD Card. Masuk ke memori internal, cut folder media yang ada di direktori WhatsApp > Media. Paste di SD card. Selesai.

Cara memindahkan whatsapp ke memori eksternal 10

Sebagai alternatif, kita juga bisa memindahkan file-file media WA yang sudah terlalu membengkak ke laptop atau pc. Caranya sama seperti memindahkan file biasa. Colok hp, cut folder media WhatsApp dan paste-kan di laptop. Cara ini lumayan membantu untuk membuat file cadangan kalau ada apa-apa dengan hp kita nantinya.

1 comment

Comments are closed.