Cara Melacak Hp Xiaomi Hilang Dalam Keadaan Mati

Posted on

Bisakah kita melacak hp Xiaomi hilang yang mati? Pertanyaan ini sangat menarik sekali untuk dibahas, karena masih banyak yang beranggapan kalau hp yang mati itu tidak bisa dilacak sama sekali.

Apa benar seperti itu? Di postingan ini kita akan bahas apakah bisa kita melacak hp mati, kalau bisa bagaimana caranya, dan apakah hasilnya bisa membantu mencari hp tersebut sampai ketemu?

Kehilangan hp itu menyebalkan

Semua orang pasti akan panik saat kehilangan hp. Semua foto, akun-akun sosmed, akun bank, dan hal penting lain ikut hilang bersamanya.

Meskipun akun-akun kita yang nyangkut di hp tersebut bisa kita amankan, tapi bagaimana dengan foto, video, dan data-data yang ada di dalamnya? Apakah kita akan merelakannya hilang begitu saja? Pokoknya kehilangan hp itu memang menggalaukan sekali.

Melacak hp Xiaomi yang mati

Hp Xiaomi yang mati tidak bisa mentransmisikan sinyal, sehingga statusnya jadi sama saja dengan benda mati lainnya seperti batu, asbak, botol aqua, atau ember cat.

Apakah kita bisa melacak ember cat? Tentu saja tidak.

Kecuali jika kita sudah menempelkan alat gps tracker seperti di film-film, jika seperti ini maka pelacakan tetap bisa dilakukan secara real time kemana pun ember cat itu di bawa.

Hal ini juga berlaku pada hp Xiaomi yang mati. Saat dimatikan, semua sinyal dari hp juga akan mati sehingga kita tidak bisa melacaknya secara real time. Tapi berbeda dengan ember cat, kita masih bisa melacak posisi terakhir hp dengan memanfaatkan location history-nya.

Sampai di sini kalian mungkin sudah dapat petunjuknya.

Benar sekali, satu-satunya cara yang masih mungkin kita lakukan untuk melacak hp Xiaomi yang mati adalah dengan melihat riwayat lokasinya sebelum ia mati. Cara inilah yang akan kita manfaatkan.

Memang tidak menjamin bisa membantu kita melacaknya sampai ketemu, tapi setidaknya bisa menjadi petunjuk kita untuk melakukan pencarian.

Berikut ini caranya:

1. Menggunakan Mi Cloud

Mi Cloud adalah fitur cloud resmi dari Xiaomi mirip seperti iCloud pada iPhone. Jika hp Xiaomi yang hilang tersebut sudah terhubung (sudah login) dengan akun Mi Cloud maka kita bisa melacak posisi terakhirnya sebelum mati.

Ingat ya, syaratnya kita harus sudah login dengan akun Mi Cloud, jika belum login maka cara ini tidak bisa dilakukan.

Baca juga: Cara melacak iPhone dengan IMEI

Untuk melakukan pelacakan kita bisa menggunakan laptop atau PC yang terhubung ke internet.

Caranya:

  1. Buka browser lalu masuk ke halaman ini: https://i.mi.com/
  2. Login dengan menggunakan akun Mi Cloud yang terhubung dengan hp yang hilang
  3. Klik pada menu Find Device
  4. Tunggu hingga lokasi terakhir hp sebelum mati terlihat
  5. Lokasi terakhir Xiaomi akan terlihat di peta
cara melacak hp xiaomi yang mati

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, lokasi hp Xiaomi akan muncul di peta lengkap dengan keterangan waktunya. Itu adalah lokasi terakhirnya sebelum mati. Dari situ kita akan mendapatkan petunjuk seberapa jauh kira-kira hp tersebut bisa pindah lokasi berdasarkan waktu terakhirnya.

Selain untuk melacak lokasi, Mi Cloud juga punya beberapa fitur yang cukup berguna untuk mengamankan hp Xiaomi yang hilang.

mengamankan hp xiaomi hilang yang mati
  1. Locating device: untuk melacak posisi hp.
  2. Sound: untuk menderingkan hp, hanya berfungsi kalau hp dalam keadaan hidup.
  3. Lost mode: untuk mengaktifkan mode hilang, mode ini akan membuat hp terkunci dan hanya bisa dibuka dengan cara login pakai akun Mi Cloud.
  4. Erase data: untuk menghapus data-data yang ada di memori internal.

2. Menggunakan Google Map Location History

Cara melacak hp Xiaomi mati yang selanjutnya adalah menggunakan fitur Location History dari Google Maps. Untuk melakukan pelacakan dengan cara ini kita butuh akun Gmail yang sudah login, dan fitur Location History-nya sudah diaktifkan.

Jadi fitur Location History ini harus sudah diaktifkan sebelum hp-nya hilang, kalau belum maka kita tidak bisa menggunakan cara ini. Jika kalian ingat kalau fitur ini sudah dihidupkan maka bisa kita lanjut.

Sebagai info, berikut ini cara mengaktifkan Location History di hp Xiaomi:

Setting > Account > Google account > Data & personalization > Location history > Hidupkan.

Kalau fitur ini sudah aktif sebelum hp-nya hilang, maka kita bisa melacaknya meskipun dalam keadaan mati dengan melihat lokasi terakhir dan riwayat perpindahannya.

Cara melihat Location History di Google Maps:

Bisa menggunakan laptop atau hp lain.

Buka Google Maps via aplikasi atau via browser > login dengan akun Gmail yang terhubung dengan hp Xiaomi yang hilang > klik Menu > klik Your timeline.

cara melacak hp yang mati dengan location history google maps

Di sana akan terlihat kemana saja hp kita berpindah tempat, lihat keterangan waktunya, waktu terakhir hp terlihat di peta adalah posisi terakhirnya sebelum mati. Nah dari riwayat perpindahan ini mungkin kita bisa mendapatkan petunjuk kemana harus mencarinya.

Sepertinya cuma dua cara di atas yang paling mudah (yang saya tahu) untuk melacak hp Xiaomi hilang dalam keadaan mati, jangan percaya kalau ada yang bilang bisa melacaknya dengan nomor hp atau menggunakan nomor IMEI, kalau hp-nya mati cara ini tidak akan bisa, jangan mau dibohongi.

Oh ya, cara yang saya sharing pada postingan ini tidak menjamin kalau bisa membantu melacak hp Xiaomi kalian sampai ketemu. Ya setidaknya kita sudah usaha. Kolom komentar di bawah boleh untuk curhat, silakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.