Cara Melacak Hp Samsung Hilang Dalam Keadaan Mati

Posted on

Melacak hp Samsung yang hilang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Samsung Find My Mobile. Kita bisa melihat lokasinya secara realtime selama hp tersebut masih dalam keadaan aktif dan sudah login dengan akun Samsung.

Tapi bagaimana kalau hp tersebut ditemukan oleh orang lain lalu dimatikan? Masih bisakah kita melacak hp Samsung yang mati?

Di postingan kali ini saya akan coba sharing cara yang bisa digunakan untuk melacak hp Samsung hilang dalam keadaan mati.

Menggunakan Samsung Find My Mobile

Pertama kita bisa menggunakan aplikasi pelacakan resmi dari Samsung bernama Samsung Find My Mobile.

Untuk menggunakan cara ini hp yang hilang tersebut harus sudah login dengan akun Samsung dan fitur Send last location sudah diaktifkan.

Sebagai info tambahan berikut ini cara mengaktifkan fitur send last location di hp Samsung:

Masuk ke Settings > Biometrics and security > Find My Mobile > hidupkan Send last location.

Setelah fitur ini diaktifkan maka hp Samsung kita mengirimkan lokasi terakhirnya ke server Samsung saat baterainya low, jadi ketika hp tersebut mati lokasinya sudah terekam.

Melacak hp Samsung mati dengan Find My Mobile

Kita akan membutuhkan laptop yang terhubung ke internet dan aplikasi browser. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser lalu masuk ke halaman: https://findmymobile.samsung.com/
  • Login dengan menggunakan akun Samsung yang terhubung ke hp.
  • Centang semua opsi pada jendela user agreement > lalu klik Agree.
  • Kita akan masuk ke halaman utama aplikasi Samsung Find My Mobile.
  • Di peta akan terlihat lokasi terakhir hp kita sebelum mati.

Setelah masuk ke halaman Samsung Find My Mobile kita akan langsung melihat lokasi terakhir hp sebelum mati lengkap dengan keterangan waktunya. Ini mungkin bisa jadi petunjuk kita harus kemana melacak hp tersebut.

cara melacak hp samsung mati

Kita juga bisa menekan tombol Lock untuk mengunci hp Samsung dari jauh meskipun dalam keadaan mati, nanti ketika dihidupkan hp akan tetap otomatis terkunci asalkan hp terhubung ke internet.

Jika harapan untuk menemukan hp tersebut sangat kecil, maka untuk memastikan data-data di dalamnya aman kita juga bisa menghapusnya dari jarak jauh. Caranya dengan menekan tombol Erase data, langkah ini akan membuat data-data di memori internal di hp Samsung yang hilang tersebut terhapus bersih.

Menggunakan Google Maps

Cara kedua untuk melacak hp Samsung hilang dalam keadaan mati yang kedua adalah dengan menggunakan Google Maps.

Google Maps memiliki fitur bernama location history yang mencatat perpindahan lokasi hp kita dari waktu ke waktu.

Dengan memanfaatkan fitur ini kita bisa mengetahui ke mana saja hp yang hilang itu berpindah lokasi. Kita juga bisa melihat lokasi terakhirnya sebelum mati karena baterai drop atau dimatikan oleh orang yang menemukannya.

Syaratnya kita harus sudah mengaktifkan fitur Location History di akun Google yang login di hp tersebut sebelum ia hilang. Jadi fitur ini harus sudah aktif, kalau belum diaktifkan maka cara ini tidak bisa dipakai.

Berikut ini cara menghidupkan Location History di hp Samsung:

Masuk ke Settings > Google > Location > Google Location History > On

Setelah fitur ini dihidupkan, Google akan mencatat riwayat perpindahan lokasi hp Samsung kita dari waktu ke waktu.

Hal ini bisa bermanfaat untuk melacak hp yang mati, jadi kita bisa mendapatkan petunjuk di mana lokasi terakhir hp tersebut sebelum mati sekaligus melihat perpindahan lokasinya ke mana saja setelah ia hilang dari tangan kita.

Untuk melihat Location History ini kita membutuhkan laptop atau hp lain, saya lebih suka menggunakan browser di laptop.

Cara melacak hp Samsung mati dengan Google Maps

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser lalu masuk ke halaman: https://www.google.co.id/maps/
  • Login dengan akun email (Gmail) yang terhubung ke hp Samsung.
  • Klik pada bagian menu
  • Pilih Your timeline
cara melacak hp yang mati dengan location history google maps

Di sana akan terlihat kemana saja hp Samsung kita berpindah tempat, lihat keterangan waktunya, waktu terakhir hp terlihat di peta adalah posisi terakhirnya sebelum mati. Nah dari riwayat perpindahan ini mungkin kita bisa mendapatkan petunjuk kemana harus mencarinya.

Sepertinya cuma dua cara di atas yang paling mudah (yang saya tahu) untuk melacak hp Samsung hilang dalam keadaan mati, jangan percaya kalau ada yang bilang bisa melacaknya dengan nomor hp atau menggunakan nomor IMEI, kalau hp-nya mati cara ini tidak akan bisa, jangan mau dibohongi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.