Cara Install dan Main LifeAfter di Tencent Gaming Buddy

Posted on

Tencent Gaming Buddy merupakan salah satu emulator terbaik untuk PC yang biasa digunakan untuk bermain PUBG Mobile. Tapi sebenarnya emulator ini juga bisa digunakan untuk bermain game lain, namun cara menginstallnya memang butuh sedikit trik.

Di postingan beberapa waktu lalu saya sudah pernah sharing bagaimana cara install game lain menggunakan file APK atau XAPK di emulator TGB, kalian bisa lihat di sini:

Cara install game lain di Tencent Gaming Buddy

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana caranya install game LifeAfter di Tencent Gaming Buddy. Saya akan tunjukkan caranya step by step dengan screenshot agar lebih mudah dipahami.

Game LifeAfter merupakan salah satu Game Survival yang lumayan asik untuk dimainkan, saya sempat beberapa kali memainkannya.

Jumlah pemain game ini semakin bertambah semenjak rilis server SEA dan sudah support full Bahasa Inggris (awalnya hanya Bahasa Mandarin) pada bulan April lalu.

Berbeda dengan PUBG Mobile yang menyediakan versi emulator lewat TGB, game LifeAfter sepertinya masih dikhususkan untuk pengguna smartphone saja. Tapi bukan berarti kita tidak bisa memainkannya di PC, saya sendiri memainkan game ini di PC dengan menggunakan MEmu.

Cara install LifeAfter di emulator MEmu

Tapi karena alasan tertentu mungkin teman-teman ingin menginstallnya di Tencent Gaming Buddy saja, mungkin karena tidak mau install terlalu banyak emulator berbeda di PC, jadi sekalian saja dijadikan satu dengan PUBG Mobile atau karena alasan lain.

Baiklah langsung saja, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara install LifeAfter di Tencent Gaming Buddy

1. Download file LifeAfter XAPK

Pertama kita harus download dulu installer game LifeAfter dari situs penyedia apk, situs yang biasa saya pakai adalah apkpure. Format yang disediakan untuk game-game berukuran besar adalah XAPK, karena LifeAfter ini ukurannya cukup besar maka format yang akan kita dapatkan adalah XAPK.

Download LifeAfter XAPK (1,9 GB)

File di atas sebaiknya di-download dengan menggunakan browser PC atau laptop di luar emulator karena ukurannya besar, takutnya kalau download menggunakan browser emulator akan sering gagal, sepengalaman saya begitu. Nanti file yang kecil-kecil saja yang akan kita download di dalam emulator.

2. Masuk ke homepage Tencent Gaming Buddy

Selanjutnya kita masuk ke halaman utama (homepage) emulator Tencent Gaming Buddy, caranya bisa dengan jalankan PUBG Mobile lewat icon di desktop kemudian pada saat loading tekan tombol back.

cara install lifeafter di tencent gaming buddy

3. Buka browser di TGB

Setelah masuk ke homepage emulator TGB langsung tekan tombol CTRL + F9 untuk memunculkan semua aplikasi yang sudah terinstall. Di sana akan terlihat browser bawaan. Buka browser tersebut, kita akan menggunakannya untuk download file app yang diperlukan untuk proses install LifeAfter.

cara install game lifeafter di emulator tencent gaming buddy

4. Download+Install ES File Explorer

Setelah membuka browser, langsung masuk ke situs apkpure.com.

Cari aplikasi bernama ES File Explorer. Download lalu install aplikasinya di Tencent Gaming Buddy. Cara installnya sangat mudah, ketika proses download selesai, tarik bar notifikasi lalu klik satu kali pada file ES File Explorer.

cara install lifeafter di emulator TGB

5. Download+Install APKPure App

Masih di browser, buka lagi situs apkpure.com lalu download aplikasi APK Pure App, setelah itu langsung install aplikasinya.

6. Pindahkan file LifeAfter XAPK ke shared folder TGB

Langkah selanjutnya adalah memindahkan file LifeAfter.xapk ke direktori shared folder TGB.

Minimize dulu emulator TGB, lalu buka file explorer di Windows > cut dan paste file LifeAfter.xapk yang tadi sudah didownload ke:

D:\Temp\TxGameDownload\MobileGamePCShared

7. Pindahkan file LifeAfter XAPK ke folder Download TGB

Buka lagi emulator Tencent Gaming Buddy, lalu buka aplikasi ES File Explorer > cari menu bernama Root Explorer > hidupkan.

Masih di Es File Explorer, masuk ke direktori:

Local > / > data > share1

Lalu cut file LifeAfter.xapk dan paste ke:

Local > / > sdcard > Download

Setelah itu tutup aplikasi ES File Explorer.

8. Buka aplikasi APKPure lalu install LifeAfter

Langkah terakhir adalah membuka aplikasi APKPure > masuk ke tab APK / XAPK MANAGEMENT di sana akan ada ada list game LifeAfter yang siap diinstall. Langsung saja tekan tombol install.

cara install lifeafter di tencent gaming buddy PC

Teruskan proses install seperti biasa hingga selesai. Setelah selesai, game LifeAfter siap dimainkan. Kalian bisa membuat akun baru atau login dengan akun yang sudah ada.

Itulah cara install game LifeAfter di emulator Tencent Gaming Buddy untuk PC. Langkah-langkahnya memang agak panjang, tapi kalau kalian melakukannya dengan benar insyaallah akan berhasil. Selamat mencoba!

Bonus:

8 comments

  1. Ini terakhir bulan agustus ya…
    saya mau kasih tau, saya juga kan dlu pake tgb atau khususnya gameloop buat maen lifeafter…. nah setelah saya ganti device sekitar septermber, lifeafter sudah tidak bisa di mainkan lagi… begitu juga ketika install apkpure. PC langsung hang dan seketika bluescreen ketika buka apkpure. Selain itu jika bermain lifeafter langsung crash ketika pertama kali muncul logo netease.

    Please jika memang pihak admin tau cara perbaikinnya, saya harap bisa langsugn dibuat artikelnya juga.

  2. aku jgk punya masalh seperti bro ghozi, apabila mau install lifeafter melalui apk pure aps, langsung blue screen. jadi saya coba lagi menggunakan link yg kmu bagi iaitu menggunakan memu player, tapi jgk tidak berhasil kerna seakan2 file itu ada virus dan di kuarantin. ada cara lain gak?

    1. Kayaknya yang bermasalah dan bikin blue screen itu aplikasi APK Pure. Coba kalau main di MEmu tapi install LifeAfter langsung dari Playstore, bisa nggak?

      Saya belum sempat mau cobain 🙁
      tolong nanti kalo bisa kasih tahu di sini ya sis 😀

  3. memu nya gak bisa download, d block sama antivirus aku.. jadi aku gak bisa coba.. hehe.. dan lagi satu mau tnya ne.. knp aku gak bisa main CODM ya.. statement tertulis, ‘game is not ready on your area’. padahal sblm ini aku bisa main. cumanya aku terpaksa unistall gameloop ini kerna ada mslh utk log in lifeafter. sudah aku install lg, ternyata lifeafter gak bisa download, dan CODM gak bisa play.. hahaha, jadi pusing aku

    1. Galak bener antivirusnya Sofea haha. MEmu aman kok, asal download yang official dari sini: https://www.memuplay.com/
      Solusinya coba di-whitelist / unblock dulu situs dan aplikasi MEmunya dari antivirus, biasanya antivirus ada fitur untuk itu kok.

      CODM sudah bisa di Indonesia, saya juga main pake Gameloop: https://teknosentrik.com/settingan-cod-mobile-emulator-tencent-gameloop/

      Itu error ‘game is not ready on your area’ kayaknya karena pembatasan region, kamu pake IP luar (VPN) kah? Kalo pake IP indonesia bisa, saya udah cobain.

  4. bro mau nnya soal kontrol pubg mobile yg skrng baru d update .ko ga bisa gerak dan nembak pun ga bisa bnyak player emulator yg ga bisa main karna kontrol nya yg ga jelas semnjak update 8.november 2019 skrng ,satya minta penjelasan dari tencent gamming buddy

Leave a Reply

Your email address will not be published.