Aplikasi Al Quran Terjemahan Indonesia Untuk PC + Tutorial Install

Posted on

Kita bisa menginstall aplikasi Al-Quran digital di PC atau laptop agar bisa membacanya kapan saja kita inginkan. Ada beberapa aplikasi Al-Quran terbaik yang bisa kalian pilih, tapi saya rekomendasikan untuk memakai aplikasi Ayat, Al-Quran digital yang dikembangkan oleh King Saud University.

Kita bisa membacanya langsung secara online dengan mengaksesnya lewat browser atau menginstallnya di komputer agar nanti bisa dibuka secara offline.

Buka halaman berikut ini untuk mengakses Al-Quran digital online dari King Saud University:

http://quran.ksu.edu.sa/index.php?l=id

Tampilannya seperti ini:

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 1

Al-Quran digital online dari King Saud University menggunakan salinan dari Mushaf Al-Madina asli yang diubah ke bentuk digital dan dilengkapi dengan suara. Fitur-fitur yang ada juga sudah sangat lengkap dan mudah digunakan.

Selain menggunakan Mushaf Al Madina, kita juga bisa mengubah tampilan menjadi Mushaf Tajwid yang dilengkapi dengan petunjuk warna agar lebih mudah mengikuti hukum-hukum tajwid saat membacanya. Versi ini sangat bagus bagi kita yang sedang belajar atau sedang mendalami ilmu tajwid.

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 2 1
Mushaf Tajwid

Kita juga bisa mendengarkan Qori membacakan ayat Al Quran yang kita inginkan dengan menekan tombol play yang ada pada bar menu bagian atas. Ada banyak sekali pilihan Qori terkenal seperti Abdul Rahman Al-Sudais, Mishary Rasyid Al-Afasy, Saad Al-Gamdi, Al-Husari, dan masih banyak lagi yang bisa kita pilih sesuai kesukaan.

Cara menginstall aplikasi Al Quran terjemahan Indonesia di PC dan Laptop

Agar bisa membukanya secara offline, kita bisa menginstall aplikasi Ayat ke komputer. Aplikasi Al Quran KSU ini support untuk sistem operasi Windows XP, 7, 8, 10. Selain itu ada juga versi untuk Linux dan macOS. Pada tutorial ini saya menggunakan Windows 10.

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Download Aplikasi Al Quran sesuai dengan OS yang digunakan

Pertama download dulu aplikasinya di sini:

Download versi Ayat sesuai dengan OS yang ada di PC atau laptop kalian. Jika menggunakan Windows pilih Windows Version. Lihat gambar:

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 3

2. Ekstrak file aplikasi Al Quran yang sudah didownload

Ekstrak aplikasi yang sudah didownload seperti biasa. Pada saat melakukan ekstrak mungkin kalian akan menemukan pesan error seperti gambar di bawah ini. Abaikan saja error tersebut dan klik Close.

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 5

3. Ganti tanggal di komputer menjadi tahun 2014

Sebelum melakukan proses install, kita harus mengganti tanggal di komputer kita menjadi tahun 2014. Hal ini dilakukan untuk menghindari error (bug) pada saat menginstall aplikasi Ayat.

Cara mengganti tanggal di Windows 10: klik kanan pada tanggal > Adjust date/time. Pada pilihan Set the time automatically diganti jadi Off > lalu klik Change. Ubah menjadi tahun 2014.

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 6

4. Install aplikasi Ayat-v1.4.exe

Setelah tanggal pada komputer diubah jadi tahun 2014, install aplikasi Al Quran digital dengan cara klik dua kali pada file Ayat-v1.4.exe. Ikuti saja prosesnya hingga selesai. Setelah itu jalankan aplikasinya. Saat diminta untuk memilih Bahasa, pilih bahasa Indonesia.

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 7

5. Kembalikan tanggal pada komputer seperti semula

Proses install Al Quran digital di PC kita sudah selesai. Selanjutnya kita bisa mengembalikan pengaturan tanggal seperti semula. Sampai di sini aplikasi Al Quran sudah berhasil diinstall di komputer. Nanti setiap kali mau membuka aplikasi Al Quran kita tinggal menjalankannya lewat shortcut yang ada di desktop.

Mengatasi error saat menginstall aplikasi Ayat

Error saat menginstall aplikasi Ayat biasanya terjadi karena kita belum mengubah tanggal menjadi tahun 2014. Jika terjadi error saat menginstall, coba pastikan dulu tanggal di komputer sudah diubah menjadi tahun 2014.

Selain itu aplikasi juga akan gagal diinstall jika di PC atau laptop kita tidak ada aplikasi Adobe Air. Perlu diketahui jika aplikasi Ayat ini membutuhkan dukungan Adobe Air Runtime agar bisa berjalan, jadi pastikan aplikasi ini sudah terinstall di komputer. Jika belum bisa download dulu di sini:

Bagi pengguna Windows XP, Windows 7, dan Windows 8 yang mengalami error saat install aplikasi Ayat bisa diatasi dengan menurunkan versi Adobe Air. Coba install Adobe Air Runtime versi 13 untuk Windows XP dan 7.

Untuk Windows 8 bisa menggunakan Adobe Air Runtime versi 17.

Setelah menyesuaikan versi Adobe Air Runtime, coba lagi install aplikasi Ayat.

Cara menambah mushaf tafsir

Untuk menambah mushaf tafsir bahasa Indonesia di aplikasi Ayat kita harus mendownloadnya terlebih dahulu. Pastikan komputer terhubung ke internet, setelah itu buka aplikasi Ayat.

Klik tombol download pada tool bar sebelah kiri, kemudian pilih Download tafsir dan terjemahannya > Indonesia – Al Jalalayn. Setelah itu klik tombol Mulai untuk memulai download.

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 8

Cara menambah suara Qori

Kita juga bisa menambah suara Qori sesuai dengan kesukaan. Caranya sama, kita harus mendownloadnya terlebih dahulu. Pastikan kuota internet cukup karena download audio Al Quran di aplikasi Ayat ini akan memakan kuota yang cukup banyak. Lebih bagus lagi jika menggunakan Wi-fi unlimited.

Cara download suara Qori di aplikasi Ayat: klik tombol Download > mendownload bacaan > pilih Qori > klik Mulai

aplikasi al quran digital terbaik untuk pc dan laptop 9

Hasil download berupa file mp3 akan tersimpan di direktori:

C:\Users\Username\AppData\Roaming\sa.edu.ksa.ayat\Local Store\audio

Kita juga bisa memutarnya dengan pemutar mp3 atau dicopy ke hp. File mp3 masih berupa ayat per ayat, cukup berguna jika ingin menghafal satu ayat yang panjang.

19 comments

    1. Coba cek file audio hasil downloadnya mas, biasanya ada di:

      C:\Users\Username\AppData\Roaming\sa.edu.ksa.ayat\Local Store\audio

      Apakah file-filenya benar-benar sudah terdownload? Di pc saya bisa soalnya.

  1. sudah di cek.. ada audionya.. kalau saya putar manual dengan pemutar MP3 tidak keluar suaranya..

    1. kapasitas file audionya 0 Kb nggak mas? jangan-jangan filenya korup. saya barusan coba download bisa kok mas.

  2. Terima kasih tipsnya,
    mohon batuannya untuk mengaktivkan audionya bagaimana? saya sudah downloads audionya. filenya ada. bisa diputar pada grove atau aplikasi mp3 yang lain, tetapi pada program ayat tidak keluar suaranya. atas perhatiannya terima kasih

    1. Kalau sudah install dan download seperti tutorial ini harusnya bisa mas.

      Coba play audio saat komputer terhubung ke internet mas, bisa nggak?

      Kalau play audio dalam keadaan offline maka harus sesuai antara pilihan Qori dan audio yang sudah di-download. Kalau play audio dari Qori yang belum di-download maka tidak bisa – ini harus online play-nya.

  3. Jazakallah akhi.. cuma untuk full screen di window 10 bagaimana ya? Kalo di android bisa maksimal tapi windows kok kanan kiri masih ada space kosong..

Comments are closed.